Beda Generasi Beda Cara Mengelola Finansial-nya!

beda generasi beda cara investasi
Waktu baca: 3 menit

100 tahun terakhir, setidaknya ada lima generasi saat ini, yaitu Baby Boomers, X, Y (Milenial), Z dan Alpha. Mungkin beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan nama-nama generasi tersebut karena memang nama-nama tersebut akhir-akhir ini sering disebutkan oleh berbagai media, terutama generasi milenial.

Generasi tersebut dibedakan berdasarkan tahun kelahirannya. Adanya pembedaan generasi tersebut pun membuat kita sadar, bahwa ada banyak perbedaan dari generasi satu ke generasi lainnya. Salah satunya adalah soal pandangan hidup dan bagaimana mereka mengelola finansial.

Pandangan hidup generasi zaman sekarang, atau generasi milenial, terpengaruh oleh perkembangan teknologi sehingga pandangan mereka soal hidup cenderung terbuka. Hal ini tentu berbeda dengan pandangan generasi sebelum generasi milenial yang tidak terlalu dicampuri oleh urusan teknologi.

Sementara untuk urusan mengelola finansial, tiap generasi memiliki caranya tersendiri. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

Mengelola Finansial Ala Baby Boomers

Baby boomers adalah mereka yang lahir di masa perang dunia ke-2. Generasi yang satu ini cenderung hidup mandiri dan pekerja keras. Generasi ini pun sangat peduli pada keturunan mereka nantinya. Mereka tak ingin keluarga atau keturunan mereka mengalami kesusahan hidup seperti saat zaman perang dulu. Tidak heran jika baby boomers menghabiskan penghasilan mereka untuk investasi. Tidak heran jika generasi yang satu ini terkenal dengan kebiasaan menabungnya. Cara mengelola finansial ini memang cukup efektif untuk mempersiapkan dana di masa depan.

generasi baby boomers
Baby Boomers Era The Beatles via nme.com

Baca juga: Ingin Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda? Lakukan 7 Hal Ini!

Mengelola Finansial Ala Generasi X

X merupakan keturunan generasi baby boomers. Generasi ini masih kental akan sifat pekerja kerasnya untuk membahagiakan keturunan mereka. Generasi ini merupakan generasi yang lahir di tahun 1961-1980. Karakter generasi baby boomers yang masih melekat di generasi ini disebabkan karena di masa generasi ini masih belum berkembangnya teknologi sehingga pemikiran generasi X belum terlalu terpengaruhi oleh budaya luar. Begitupun dalam mengelola keuangan, generasi ini masih mengelola keuangan untuk kepentingan keturunan mereka. Generasi ini pun mulai akrab dengan investasi, di mana investasi ini sangat efektif untuk tabungan di masa mendatang.

generation x
Seumuran sama para pemain serial Friends via neizledik.com

Mengelola Finansial Ala Generasi Y

Y adalah generasi milenial, yaitu generasi yang lahir saat teknologi mulai berkembang. Perkembangan teknologi yang pesat di generasi ini membuat generasi milenial cukup bergantung pada teknologi. Dikarenakan terlahir di zaman teknologi membuat generasi ini cenderung komsumtif dan sering mengutamakan keinginan daripada kebutuhan.

Paling terkenal dengan sifat mereka yang ingin serba instan. Sebuah keberhasilan membutuhkan proses panjang untuk mencapainya. Hanya saja, generasi yang satu ini sangat terbuka pada inovasi-inovasi baru, seperti misalnya jenis investasi yang terus berkembang. Hal ini berpengaruh langsung pada bagaimana cara mereka mengelola keuangan. Kebanyakan dari mereka akhirnya memutuskan untuk berinvestasi guna menyimpan tabungan untuk masa yang akan datang. Terlebih di zaman sekarang ini investasi tidak usah berupa barang.

generasi milenial investasi p2p lending
Generasi Y atau lebih dikenal dengan generasi milenial via kiwireport.com

Kelola Finansial Ala Generasi Z

Z Generation adalah mereka yang lahir dari tahun 1995-2010. Generasi yang satu ini sudah tidak asing dengan teknologi karena sedari kecil mereka sudah disuguhkan dengan teknologi yang terus berkembang pesat. Hal ini membuat mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan smartphone, laptop ataupun televisi dibandingkan keluar rumah. Bahkan generasi ini pun terkenal paling aktif di media sosial dan banyak dari mereka mencari perhatian di media sosial.

Baca juga: Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di 2019

Tapi untuk beberapa generasi Z, perkembangan teknologi ini justru membuat mereka lebih berpikir maju, sehingga tidak jarang beberapa generasi Z dapat menghasilkan uang di usia muda. Hal ini pun membuat sebagian dari generasi Z lebih menghargai uang dan memiliki sistem mengelola finansial yang lebih baik. Namun beberapa lainnya masih mengandalkan orang tua dalam urusan uang, sehingga dalam mengelola keuangan masih belum bisa berjalan dengan baik.

generasi z
Generasi Z yang anaknya pasti aesthetic punya via wearesparx.com

Generasi Alpha

Generasi ini merupakan generasi yang lahir pada tahun 2011 sampai sekarang. Generasi ini lahir saat teknologi sudah berkembang pesat sehingga kehidupan mereka sedari kecil sudah di kelilingi oleh teknologi. Hal ini membuat generasi Alpha terkenal akan sifatnya yang konsumtif dan membuat mereka cukup sulit dalam mengelola finansial.

You may also like...

Leave a Reply