4 Program Dana Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Sejahtera

Program Dana Pensiun via retiredamericans.org
Waktu baca: 2 menit

Kita tidak selamanya mampu bekerja keras hingga usia tua. Seiring bertambahnya waktu, kondisi fisik dan kesehatan tubuh akan semakin berkurang. Bagi pegawai negeri, karyawan BUMN, maupun pegawai institusi pemerintah lainnya, hal ini mungkin tidak menjadi masalah karena mereka mendapatkan program dana pensiun untuk menyambung hidup.

Lain halnya dengan pengusaha ataupun karyawan swasta yang harus bergantung pada diri sendiri untuk menyiapkan dana pensiun. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa mulai mempersiapkan program dana pensiun sejak dini dengan cara-cara ini.

Buat tabungan khusus

Tabungan tidak hanya digunakan untuk dana darurat atau dana cadangan. Tabungan juga bisa kamu jadikan sebagai sumber dana persiapan masa pensiun. Tapi yang terpenting, tabungan pensiun harus kamu buat secara khusus, tidak boleh digabung dengan tabungan kebutuhan jangka pendek. Kamu bisa menyisihkan dana pensiun minimal 10-20% dari penghasilan bulanan.

Semakin sering kamu menabung, maka akan makin besar pula simpanan yang kamu punya. Dengan adanya tabungan yang cukup, kamu bisa mengamankan masa depan dengan lebih baik.

Investasi

Cara lain untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini adalah investasi. Beberapa alternatif investasi bisa kamu pilih, misalnya investasi di bidang properti, deposito, obligasi, dan lainnya. Sesuaikan juga dengan kondisi keuangan, jangan sampai berinvestasi dengan gegabah sehingga jusru menimbulkan masalah keuangan.

4 Program Dana Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Sejahtera via pexels.com

4 Program Dana Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Sejahtera via pexels.com

Bila gaji kamu sekarang tidak lebih dari Rp4 juta sebulan, maka sebaiknya tunda dulu keinginan untuk berinvestasi di bidang properti karena butuh modal yang besar dan perhitungan yang matang. Dana pensiun bisa kamu miliki dengan investasi yang modalnya tidak terlalu banyak, misalnya peer-to-peer lending seperti KlikCair yang seluruh prosesnya dilakukan secara online. Sangat mudah dan praktis!

Daftar DPLK

Kamu bisa mendaftar program DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan), yaitu program keuangan untuk masyarakat yang ingin punya dana pensiun. Prinsip DPLK hampir sama dengan tabungan berjangka, di mana sejumlah dana yang kamu simpan tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo.

Terdapat beberapa pilihan untuk pencairan dana, jumlahnya bisa dibagi rata-rata tiap bulan, disamakan dengan gaji bulanan atau bisa diambil semuanya. Kalau kamu ingin memanfaatkan program DPLK di usia 50 tahun, maka kamu bisa mulai mempersiapkan dana pensiun sejak usia 25 tahun. Alternatif ini cukup bagus untuk mempersiapkan program dana pensiun sejak dini. Tidak ada orang yang ingin terus menerus kerja seumur hidup, kan?

Siapkan dana cadangan

Mempersiapkan sendiri anggaran pensiun di masa mendatang? Kamu bisa memulainya sejak saat ini. Siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Dahulukan dana untuk kepentingan masa depan daripada hanya membeli barang yang tidak perlu atau konsumtif.

Selain menabung dengan cara konvensional seperti membuka rekening di bank, kamu juga  bisa menambah tabungan dengan berbagai cara seperti menabung emas (logam mulia), menabung saham, dan lainnya. Gunakan gaji bulanan untuk hal-hal yang produktif saja.

Karena dana pensiun sangat penting, maka tak ada salahnya kamu mempersiapkannya dari sekaran. .Meskipun masa pensiun biasanya berkisar di usia 60 tahun, sebaiknya kamu menyiapkan dana pensiun dari sekarang. Kamu juga bisa berinvestasi di KlikCair yang menawarkan beragam benefit untuk menyongsong masa tua yang bahagia dan sejahtera.

Tak menutup kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau kecelakaan yang bisa membuat kamu berhenti mendapatkan penghasilan. Jadi, persiapkan program dana pensiun kamu dari sekarang!

You may also like...

Leave a Reply