Ingin Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda? Lakukan 7 Hal Ini!

Kebebasan Finansial bersama KlikCair via capablewealth.com
Waktu baca: 4 menit

Ingin tetap mendapatkan uang tanpa harus bekerja setiap hari? Hal itu dapat tercapai bila kamu telah memiliki kebebasan finansial sehingga tidak perlu lagi bekerja siang dan malam untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Kebebasan finansial atau yang bisa disebut financial freedom adalah istilah yang sering kita dengar dan banyak didambakan oleh banyak orang. Bermimpi mencapai kebebasan finansial di usia muda? Yuk, lakukan tujuh hal ini!

Saving

Keadaan di mana kita memilki saving dalam jumlah yang cukup banyak dan aman sehingga hasilnya dapat mencukupi kebutuhan dan gaya hidup yang kamu inginkan, itulah yang dinamakan financial freedom. Kondisi itu menunjukkan bahwa uanglah yang bekerja untuk kita. Persiapkan uang yang cukup dengan menyisihkan minimal 10-20% dari gaji bulanan dan sebaiknya dahulukan tabungan untuk kepentingan masa depan. Saving adalah salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

Mulai Financial Freedom via mightyinvestor.com

Mulai Financial Freedom via mightyinvestor.com

Tak hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional seperti membuka rekening di bank, tapi kamu juga bisa menabung dengan berbagai cara seperti menabung emas (logam mulia), menabung saham, dan lainnya. Gunakan uang untuk hal-hal yang produktif saja. Dengan adanya tabungan yang cukup, maka kamu akan lebih mudah mewujudkan rencana bisnis yang bisa kamu lakukan dan juga rencana investasi di kemudian hari.

Punya income tambahan

Kalau gaji bulanan kamu saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, inilah saatnya kamu mencari penghasilan tambahan. Temukan source lain yang bisa menambah pendapatan kamu per bulannya. Ada banyak pilihan pekerjaan lain yang bisa kamu gunakan untuk kendaraan yang mengantarkan kamu menuju kebebasan finansial. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan, memulai usaha atau bisnis yang tidak mengganggu jam kerja kamu sehari-hari di kantor.

Bertambahnya pekerjaan memang akan membuat kamu lebih lelah dari sebelumnya, tapi tak perlu khawatir. Hasilnya tentu akan sepadan dengan apa yang sudah kamu lakukan. Akan lebih baik bila kamu menggunakan strategi yang jitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Misalnya seperti mengelola online shop atau bergabung menjadi freelancer di situs penyedia jasa freelancer untuk mendapatkan sumber dana tambahan.

Bebas utang

Untuk dapat mencapai kebebasan finansial, pastikan kamu terbebas dari jeratan utang sejak usia muda. Ingat, kebebasan finansial juga merupakan rasa tenang dalam menjalani kehidupan keuangan. Kalau kamu dilanda rasa tidak tenang karena banyak beban utang, hal itu belum bisa disebut financial freedom. Jadi, atur arus kas se-balanced mungkin agar terbebas dari utang. Utang dapat mengganggu kondisi finansial kamu di kemudian hari.

Mungkin beberapa di antara kamu yang mendengar bahwa utang bisa menjadi positif, misalnya meminjam sejumlah dana di bank untuk menambah modal bisnis yang kamu kelola. Beberapa pakar ekonomi memang masih merekomendasikan jenis utang seperti itu. Namun, selalu ingat bahwa kamu akan segera melunasinya agar tidak menjadi beban yang memberatkan kondisi keuangan. Bereskan utang kamu secepatnya untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda!

Kelola keuangan

Apakah selama ini kamu tidak mengetahui secara pasti ke mana larinya gaji setiap bulan? Berapa besar rata-rata pengeluaran kamu setiap bulan? Mulai saat ini kamu harus berubah karena langkah pertama untuk mencapai kebebasan dinansial adalah punya anggaran keuangan yang tercatat dengan lengkap. Kamu harus memiliki anggaran belanja yang tercatat secara rinci. Catat keuangan secara detail setiap hari, mulai pemasukan dan pengeluaran-pengeluaran yang terjadi. Bahkan uang receh sekali pun tidak boleh luput dari pencatatan di pembukuan.

Mungkin awalnya terlihat berat, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa bila kamu belajar dan sudah sering melakukannya. Tak hanya dicatat secara manual, di era digital saat ini sudah banyak aplikasi atau platform yang bisa kamu gunakan untuk mencatat rincian pengeluaran bulanan kamu. Pembukuan yang rinci juga akan membuat kamu makin sadar ke mana larinya gaji dan kondisi keuangan kamu secara umum, apakah defisit atau justru surplus. Kamu pun bisa mengambil keputusan untuk mengelola keuangan dengan alternatif lainnya.

Temukan mentor

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom adalah memiliki mentor yang tepat. Temukanlah mentor finansial yang sukses dan sudah membuktikan bahwa dia mampu meraih kebebasan finansial. Ajukan pertanyaan–pertanyaan yang membuat kamu semakin paham tentang cara meraihnya. Belajarlah dari mentor dengan serius, amati dan lakukan semua hal yang telah mereka kerjakan untuk mencapai financial freedom.

Belajarlah dari mentor via jodymichael.com

Belajarlah dari mentor via jodymichael.com

Jadikan pengalaman-pengalaman mereka sebagai guru. Saat ini, ada begitu banyak orang yang telah sukses meraih financial freedom dan tidak pelit untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Selain itu, gunakanlah pula perkembangan teknologi untuk menambah wawasan keuangan, meningkatkan skill, dan kapasitas diri. Eksplorasi pengetahuan finansial lainnya melalui buku–buku dan internet sehingga kamu makin terpacu menuju kebebasan finansial.

Berinvestasi

Financial freedom juga merupakan keadaan di mana sesorang mempunyai investasi yang cukup banyak dan relatif aman. Hasil dari investasi tersebut cukup banyak dan dapat memenuhi kebutuhan hidup meskipun tidak bekerja setiap hari. Investasi merupakan cara ampuh untuk mengantarkan kamu menuju kebebasan finansial di usia muda. Berinvestasilah dengan benar di tempat yang tepat.

Sekarang ada banyak jenis investasi yang dapat kamu gunakan. Salah satunya adalah peer-to-peer lending (P2P lending), yang masih menjadi bagian dari financial technology (fintech). P2P lending biasanya hadir dalam bentuk platform online yang menjadi tempat bertemunya peminjam dengan pihak yang membutuhkan pinjaman. Bahkan melalui investasi P2P lending pula, kamu bisa berkesempatan membantu UMKM untuk memberdayakan bisnisnya—seperti yang dilakukan oleh KlikCair.

Gaya hidup sederhana

Setiap orang sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk meraih kebebasan finansial. Namun, yang membedakan adalah kemauan keras, juga pilihan dan gaya hidupnya. Gaya hidup dapat memengaruhi seseorang untuk mencapai kebebasan finansial. Orang-orang yang memiliki gaya hidup sederhana biasanya akan mencapai financial freedom lebih cepat bila dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup mewah dan berlebihan.

Memilih gaya hidup hemat dan sederhana akan mendatangkan banyak manfaat. Uang yang kamu hasilkan tidak akan menguap begitu saja untuk memenuhi gaya hidup glamor dan kebutuhan-kebutuhan tersier yang tidak penting. Gunakan saja uang kamu secukupnya, tidak perlu berlebihan. Orang-orang yang memilih gaya hidup sederhana tentu mengalami proses dan perjuangan yang tidak mudah sehingga mereka pantas menikmati kebebasan finansial.

 

Kebebasan finansial akan membuat kamu menikmati hidup seperti yang kamu inginkan tanpa perlu bekerja seumur hidup karena uang sudah “bekerja sendiri” untuk kamu. Ini memang bukan hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin kamu akan bisa mencapainya sejak usia muda. Butuh disiplin diri dan tekad yang kuat untuk meraihnya. Selamat mencoba, semoga sukses!

You may also like...

1 Response

  1. July 31, 2018

    […] menentukan budget yang pasti sebelum membeli mobil baru untuk pertama kalinya. Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu, jangan terlalu ngoyo tapi jangan terlalu pelit juga. Pastikanlah mobil yang kamu inginkan ada […]

Leave a Reply