Ingin Bebas Finansial di Tahun 2019? Lakukan 8 Kebiasaan Ini

ingin bebas finansial 2019
Waktu baca: 4 menit

Setelah bekerja selama setahun penuh, tentu kamu menginginkan tercapainya kondisi bebas finansial untuk hidup yang lebih tenang dan nyaman. Kondisi ini memungkinkan kamu memiliki persediaan finansial dalam jumlah banyak dan relatif aman. Dengan begitu, setiap kebutuhan hidup dapat terpenuhi sesuai apa yang kamu inginkan. Namun demikian, bebas finansial bukanlah kondisi yang mudah dicapai.

Berikut delapan kebiasaan yang memudahkan kamu mencapai kondisi keuangan yang lebih baik di tahun 2019 mendatang.

Tetapkan tujuan finansial

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencapai kondisi bebas finansial di tahun 2019 adalah dengan terlebih dulu menetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai. Tujuan finansial ini nantinya akan berperan penting sebagai motivator dan alat ukur keberhasilan seseorang dalam manajemen finansial pribadi masing-masing. Tentu saja, dengan tujuan finansial yang jelas ,kamu bisa lebih mudah menulis anggaran kebutuhan serta biaya-biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tanpa disadari dengan menetapkan tujuan finansial ini kamu juga bisa merencanakan jenjang karir secara lebih optimal. Cobalah untuk menetapkan batas waktu untuk mencapai tujuan karir tertentu sehingga kamu lebih termotivasi selama bekerja dan dapat memastikan bahwa hal tersebut berjalan sesuai jalur.

Buat catatan keuangan dengan baik

Setiap bulannya tentu kamu akan menerima gaji dengan nominal tertentu. Untuk memudahkan proses manajemen finansial, sebaiknya buat catatan keuangan agar kamu lebih mudah mengetahui setiap pengeluaran yang ada. Dalam catatan keuangan ini, kamu bisa membuat anggaran belanja dan pos-pos keuangan untuk masing-masing kebutuhan. Tulis dengan detail rincian keluar dan masuknya uang agar kamu lebih mudah melakukan evaluasi atas kebutuhan yang paling banyak menyita keuangan.

Catatan keuangan sendiri bisa kamu tuliskan dalam sebuah buku catatan khusus atau menuliskannya dalam aplikasi keuangan yang saat ini banyak dijumpai di internet. Pastikan terus mendisiplinkan diri dalam membuat catatan keuangan sebelum tercapainya kebebasan finansial di tahun 2019.

Baca juga: Wow, Berikut 6 Peluang Bisnis yang Menggiurkan di Tahun 2019!

Segerakan menabung

Selanjutnya, hindari kebiasaan menabung di akhir bulan dengan pemasukan tersisa. Hal ini justru akan menyulitkan kamu dalam mencapai nominal tabungan yang besar meski sudah menabung dengan rutin. Untuk itu, segerakan menabung setelah menerima gaji. Besaran tabungan tentu dapat disesuaikan dengan kondisi finansialmu di periode tersebut. Menabung di awal bulan setelah menerima gaji juga akan memudahkan kamu dalam menabung dengan nominal yang sama dan rutin setiap bulannya.

bebas finansial di tahun 2019
Bebas finansial di tahun 2019 bukan lagi angan-angan via pexels.com

Jika memungkinkan, buatlah dua rekening bank berbeda. Satu untuk menerima pemasukan bulanan dan satu lagi rekening khusus untuk tabungan yang tidak disertai dengan kartu debet, agar kamu tidak berniat mengambil uang dalam tabungan tersebut.

Persiapkan dana darurat

Tidak ada manusia yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya di kemudian hari. Untuk mencapai kondisi bebas finansial tentunya kamu juga harus menyadari pentingnya mempersiapkan dana darurat. Melalui dana darurat ini, secara tidak langsung kamu akan terhindar dari risiko hutang saat membutuhkan sejumlah uang. Besaran dana darurat antara satu individu tidaklah sama dengan individu lainnya.

Biasanya, untuk kamu yang masih lajang, dana darurat yang perlu dipersiapkan setidaknya sebesar enam kali pengeluaran bulanan. Jumlah ini tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan orang-orang yang sudah berkeluarga. Jumlah dana darurat yang harus disiapkan bahkan mencapai dua belas kali pengeluaran bulanan. Dana darurat ini penting untuk dipersiapkan agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti jika jatuh sakit atau terkena PHK, kamu masih bisa mencukupi kebutuhan hidup.

Miliki proteksi asuransi

Meski telah mengalokasikan sebagian gaji menjadi dana darurat, kamu juga perlu memikirkan perihal proteksi diri sendiri. Tak heran jika sebagian besar pengamat ekonomi akan menyarankan kamu untuk segera memiliki proteksi asuransi sesuai dengan kebutuhan. Baik asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan, keduanya dapat melindungi diri dari kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi kapan saja.

Pastikan kamu membaca dengan detail persyaratan dan segala peraturan yang ditetapkan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Bandingkan manfaat asuransi yang bisa diperoleh dari masing-masing perusahaan agar dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk pengunjung halaman situs ini. Pertimbangkan pula besaran premi bulanan yang harus dibayarkan agar tidak memberatkan kebutuhan hidup lainnya.

Meminimalisir hutang

Gaya hidup konsumtif generasi milenial belakangan membuat penggunaan kartu kredit kian menjamur. Padahal cara pembiayaan dengan kartu kredit tentu akan membuat kamu memiliki utang yang harus dibayarkan. Alih-alih mencapai kondisi bebas finansial, kamu justru akan terbelit urusan utang jika terus menerus menggunakan kartu kredit atau cicilan dalam bentuk apapun dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Namun demikian, jika terpaksa harus berutang, setidaknya gunakan dana tersebut untuk kegiatan yang lebih produktif. Misalnya, sebagai modal mendirikan suatu bisnis atau terjun menelusuri jalan di bidang investasi. Untuk pemula seperti kamu, investasi reksa dana dan emas menjadi pilihan terbaik yang menjanjikan keuntungan besar dengan risiko yang cukup minim. Pelajari ragam jenis investasi bagi pemula agar kamu bisa meraih keuntungan secara maksimal.

Dapatkan penghasilan tambahan

Berada di usia muda cenderung memiliki banyak cita-cita yang ingin diwujudkan. Untuk itu, selama kamu masih memiliki waktu luang dan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kenapa tidak? Misalnya dengan menjadi driver taksi online atau guru privat untuk anak tetangga-tetangga di rumah. Perlu diperhatikan bahwa pekerjaan sampingan yang kamu lakukan setidaknya dilakukan di luar jam kerja sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

penghasilan tambahan agar bebas finansial
Cari penghasilan tambahan juga oke lho via pexels.com

Pandai-pandailah mengatur waktu agar seluruh pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Hindari untuk mengabaikan satu pekerjaan hanya karena kamu sangat menginginkan penghasilan tambahan tersebut. Bersikaplah dengan bijak agar tidak menyinggung perasaan senior-senior. Melalui pekerjaan tambahan inilah kamu juga bisa mengantongi penghasilan tambahan yang banyak.

Hidup dengan sederhana

Segala upaya pencapaian kehidupan bebas finansial sudah dilakukan dan belum terwujud hasilnya saat ini? Mungkin ada yang salah dengan gaya hidup yang selama ini kamu lakukan. Pastikan kamu tidak mengalami kemerosotan kehidupan hanya karena salah memilih gaya hidup. Jangan sampai pengeluaran bulanan lebih besar daripada jumlah pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Hiduplah dengan sederhana. Ikuti seluruh anggaran biaya yang dibutuhkan setiap bulannya. Hindari untuk membeli barang-barang konsumtif yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Untuk itu, susun segala kebutuhan berdasarkan skala prioritas agar kamu bisa hidup dengan lebih hemat. Kurangi kebiasaan nongkrong dan berbelanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Itulah tadi beberapa kebiasaan positif yang memudahkan kamu mencapai kehidupan bebas finansial di tahun 2019. Bagaimana dengan upaya yang telah kamu lakukan sejauh ini? Apakah sudah menghasilkan kehidupan bebas finansial? Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu dalam mewujudkan manajemen finansial yang cukup baik untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply