Kolorantok, Bisnis Celana Santai Iseng yang Menghasilkan

Kolorantok
Kolorantok, Bisnis Celana Santai Iseng yang Menghasilkan. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Kolorantok merupakan bisnis yang bergerak di bidang fashion celana santai yang dibangun oleh Fitri Nia Sari pada Juli 2021 lalu. Awalnya, Fitri membangun bisnis ini atas dasar keisengan belaka.

“Iya, awalnya cuma iseng buat jualan celana santai. Idenya muncul saat pandemi karena banyak orang di rumah aja. Nah, dari situ akhirnya kami membuat brand Kolorantok,” kata Fitri.

Setelah membangun brand tersebut, Fitri mengaku hanya mengandalkan penjualan melalui Facebook Ads dan Instagram Ads saja.

“Memang sejak awal dibuat, kami hanya mengandalkan iklan (Facebook ads dan Instagram ads). Bahkan, kami tidak masuk ke e-commerce saat awal-awal membuat bisnis ini,” kata Fitri.

“Dari iklan yang dijalankan, saat minggu pertama, tidak ada hasilnya. Hingga pada minggu kedua, barulah muncul pembeli. Dan sampai saat ini pembeli makin lama makin bertambah,” ujarnya menjelaskan.

Dengan hanya mengandalkan iklan tadi, penjualan Kolorantok saat ini sudah mencapai 1500 pcs per hari.

Baca juga: Panduan Belajar Iklan di Facebook Ads untuk Pemula

Kelebihan Celana Santai Kolorantok

Meningkatnya penjualan tentu tidak hanya dari faktor iklan yang dijalankan Fitri. Namun, ada juga faktor keunggulan atau kelebihan dari produk yang dijual.

Keunggulan Kolorantok dari brand lain ialah ada beragam ukuran celana mulai dari ukuran kecil hingga big size.

Tentu hal itu akan dengan mudah menjangkau semua kalangan. Belum lagi dengan nama brand yang cukup unik yaitu Kolorantok yang diambil dari bahasa Jawa. Arti dari kolorantok ialah koloran saja atau memakai kolor saja.

Dari nama yang cukup menarik perhatian itulah akan membangkitkan rasa penasaran dari para pelanggannya.

Meski terbilang cukup sukses, nyatanya Kolorantok juga menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan yang cukup besar ialah adanya pesaing yang banting harga.

“Kami terkadang ketemu dengan kompetitor yang membanting harga jualnya cukup jauh dengan produk kami. Makanya, kadang suka ada yang membanding-bandingkan. Padahal harga yang kami terapkan ini sudah dihitung sesuai dengan pengeluaran yang kami lakukan mulai dari proses produksi hingga proses promosi melalui iklan,” ujarnya.

Selain itu, Fitri mengaku sering menemukan pencuri-pencuri foto dari produk Kolorantok ini. Bahkan, ada pula yang menirukan website utama Kolorantok. Untungnya, Fitri mengambil solusi yang cukup tepat yakni mendaftarkan produknya ke HAKI dan terus mengupdate website miliknya agar si peniru kesulitan.

“Saat ini Kolorantok sedang dalam proses pendaftaran ke HAKI. Dengan begitu, tidak akan ada yang berani mencuri foto kami lagi,” kata Fitri lagi.

Lalu, untuk produk selain celana santai saat ini Fitri mengaku sedang mempersiapkannya.

“Untuk ke depannya kami sedang menyiapkan untuk menambah produk-produk lain selain celana santai. Tunggu saja,” ujarnya.

Usaha dulu, jangan takut gagal. Karena kegagalan tadi bisa jadi tempat untuk belajar.

Informasi lebih lanjut

Website: https://linktr.ee/kolorantok.id
Media Sosial: Kolorantok.id
E-Commerce: Shopee, Tokopedia, Lazada

Mungkin Anda juga menyukai