Apa Itu P2P Lending dan Keuntungannya Bagi Peminjam?

Apa Itu P2P Lending
Apa Itu P2P Lending dan Keuntungannya Bagi Peminjam? Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Di dunia usaha, P2P lending menjadi salah satu elemen penting yang bisa menolong pengusaha mendapatkan modal. P2P lending juga menjadi lahan cuan bagi orang yang ingin meminjamkan uangnya. Lalu, apakah kamu sudah tahu apa itu P2P lending?

P2P lending atau dikenal juga dengan sebutan peer-to-peer lending merupakan sistem pinjam meminjam uang. Disini, pelakunya ada tiga pihak. Yaitu, orang yang meminjamkan dana, peminjam serta perantara yang mengelola dana pinjaman tersebut.

Dalam P2P lending, ada yang namanya invoice financing. Ini menjadi perangkat penting bagi peminjam yang ingin mengajukan pinjaman uang pada pihak ketiga. Sampai sini sudah paham? Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Memahami P2P Lending 

Sebelum membahas lebih lanjut keterkaitan antara P2P lending dan invoice financing, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu P2P lending. Di atas sudah disebutkan bahwa P2P lending adalah sistem pinjam meminjam uang.

Namun, sistem atau metode peminjaman dana yang berlaku di P2P lending berbeda dengan pinjaman di bank. Ketika kamu meminjam uang di bank, maka hanya ada dua pihak yang terlibat. Yaitu, kamu sebagai peminjam dan bank selaku pemberi pinjaman.

Sementara itu, dalam P2P lending pemberi pinjaman bukanlah perusahaan yang menawarkan atau mengelola dana pinjaman. Uang pinjaman diberikan oleh pemberi pinjaman yang bisa merupakan perorangan atau perusahaan tertentu.

Baca juga: Buyer Financing Adalah: Syarat dan Dokumen yang Diperlukan

Memahami Keterkaitan P2P Lending dengan Invoice Financing

Invoice financing merupakan suatu perangkat untuk mencairkan pinjaman pada pihak ketiga. Nah, yang dimaksud pihak ketiga adalah perusahaan lain yang tidak terikat kerja sama dengan bisnis milikmu.

Pada umumnya, pengajuan invoice financing diperlukan oleh pebisnis yang rutin menjual produk dalam jumlah yang sangat banyak. Misalnya, perusahaan BUMN atau PT yang produknya sudah memiliki banyak konsumen setia.

Bagi peminjam yang ingin mengajukan invoice financing tak perlu khawatir karena platform P2P lending biasanya sudah menyediakan form khusus. Jadi, peminjam hanya perlu mendaftar dan memenuhi seluruh persyaratannya. 

Baca juga: Perbedaan Invoice Financing Vs Invoice Factoring

Apa Saja Keuntungan Invoice Financing?

Skema P2P lending dengan invoice financing menawarkan beberapa keuntungan bagi peminjam. Jika kamu mulai tertarik mengajukan pinjaman dengan skema ini, ketahuilah beberapa keuntungan berikut:

1. Mendapat Pinjaman untuk Mengatasi Beban Jangka Pendek

Bagi pengusaha, mengajukan pinjaman dapat menjadi penyelamat untuk mengatasi beban tagihan rutin. Misalnya, membayar pajak dan menggaji karyawan. Nah, beban ini terkadang menjadi berat ketika produk yang dihasilkan belum mencapai target.

Untuk mengatasi beban tersebut, pengusaha bisa mengajukan pinjaman di P2P lending melalui invoice financing. Dana pinjaman yang diperoleh nantinya bisa membiayai beban perusahaan sambil menunggu target penjualan produk tercapai.

2. Sebagai Mitigasi Risiko

Invoice financing pada umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan yang melayani konsumen dalam jumlah besar. Meski sudah memiliki konsumen setia dalam skala besar, kemungkinan terburuk tetap ada.

Nah, salah satu upaya untuk mitigasi risiko yaitu dengan mengajukan invoice financing. Jadi, perusahaan atau bisnis milikmu tetap mendapatkan dana meski sedang profit dari penjualan belum mencapai target.

3. Membantu Operasional Perusahaan

Mendapatkan dana pinjaman dalam situasi yang tak menentu merupakan suatu keuntungan bagi perusahaan. Sebab, perusahaan tetap berkewajiban menggaji karyawan dan membiayai operasional yang dibutuhkan.

Di saat jumlah penjualan atau profit sulit mencapai target, perusahaan bisa menggunakan dana pinjaman untuk membiayai operasional. Nantinya, tagihan bisa dilunasi setelah target penjualan terpenuhi.Demikian penjelasan mengenai apa itu P2P lending. Tertarik dengan skema pinjaman seperti ini? Kalau masih ragu, kamu bisa mempertimbangkan lagi tiga keuntungan seperti yang dijelaskan di atas atau bisa juga menghubungi KlikCair, salah satu P2P lending yang menyediakan pinjaman invoice financing.

Hubungi KlikCair melalui email info@klikcair.com atau kunjungi website nya dengan klik link ini unutk informasi lebih lanjut.

Mungkin Anda juga menyukai