Pelatihan dan Pendampingan UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pelatihan dan Pendampingan UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat.
Pelatihan dan Pendampingan UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Pelatihan dan pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM. Sebab, dengan pelatihan dan pendampingan ini, para pelaku UMKM dibekali pendidikan dan wawasan agar dapat mengembangkan dan memajukan usaha mereka sehingga bisa naik kelas.

Hal itu juga yang saat ini sedang dijalankan oleh Indonesian School of Entrepreneurship (ISE) yang bekerja sama dengan Koperasi Maju, Bank Maju, dan KlikCair.

Program pelatihan dan pendampingan UMKM yang digelar ialah Gerakan Ekosistem Wirausahamaju 2021. Program ini merupakan program pengembangan UMKM naik kelas melalui pembentukan ekosistem kewirausahaan yang meliputi 5 pilar ekosistem, yakni:

  1. Pelatihan, Pendampingan, dan Inkubasi
  2. Pasar dan Pemasaran
  3. Pendanaan
  4. Legalitas
  5. Rantai Nilai

Program ini dilaksanakan selama 2 bulan. Nantinya, para peserta akan dilatih dan didampingi langkah demi langkah secara terstruktur dan diberikan buku panduan yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memajukan usahanya.

Baca juga: 2 Jenis Strategi Pengembangan Usaha, Mau Pilih yang Mana?

Adapun persyaratan bagi peserta yang ingin mengikuti program ini ialah sebagai berikut:

  • UMKM yang sudah berjalan minimal 4 bulan pada saat pertama kali mengikuti sesi pelatihan.
  • Pelaku UMKM yang berkomitmen dalam mengembangkan usahanya dengan mengikuti seluruh proses pelatihan dan inkubasi 100%.
Testimoni peserta Gerakan Ekosistem Wirausahamaju.

Manfaat Pelatihan dan Pendampingan UMKM dari Gerakan Ekosistem Wirausahamaju

Adapun manfaat-manfaat yang akan diperoleh oleh peserta yang mengikuti program Gerakan Ekosistem Wirausahamaju ialah sebagai berikut:

  • Mendapatkan sertifikat kelulusan yang bisa digunakan untuk meningkatkan credit scoring pada lembaga keuangan yang bekerja sama.
  • Berhak mengikuti pameran online yang diadakan oleh panitia dan bekerjasama dengan banyak pihak
  • Mendapatkan pendampingan dalam proses pengurusan perijinan usaha dan produk. Pendampingan berupa informasi dan konsultasi proses pengurusan perijinan, terutama untuk wilayah DKI Jakarta.
  • Mendapatkan peluang pendanaan dari Koperasi Maju, KlikCair, Bank Maju atau Lembaga keuangan lain yang bekerjasama. Syarat pendanaan sesuai dengan ketentuan Lembaga keuangan itu sendiri. Proses penilaian kelayakan pendanaan dilakukan sejak dari proses pelatihan.
  • Menjadi bagian dari ekosistem wirausahamaju di www.wirausahamaju.id, dimana di dalamnya terdapat banyak kesempatan pengembangan diri dan pengembangan usaha, misalnya:
    • Sharing dari ahli dan praktisi secara berkala dan selamanya.
    • Informasi kesempatan pengembangan usaha (dari pemerintah dan mitra)
  • Mendapatkan buku “Action yang dapat digunakan ketika menyusun perencanaan usaha yang terstruktur.
  • Usaha dimasukkan ke dalam katalog online sebagai pusat informasi produk dan jasa untuk kepentingan kerjasama dan penjualan.

Kamu tertarik mengikuti program pelatihan dan pendampingan UMKM ini? Yuk daftarkan dirimu untuk bisa menjadi pelaku bisnis yang berkembang dan naik kelas melalui link di bawah ini.


Bagikan: