Ini dia Kriteria Disebut Sebagai UMKM Naik Kelas 

Kriteria UMKM naik kelas
Ini dia Kriteria Disebut Sebagai UMKM Naik Kelas. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Jika kamu salah satu pelaku bisnis UMKM, kamu harus tahu bagaimana cara agar UMKM naik kelas. Namun, apakah kamu tahu bagaimana caranya?

Beberapa orang bisa menjawab bagaimana agar UMKM bisa mengalami kenaikan kelas. Jawabannya sederhana, yaitu menaikkan pendapatan. Apakah itu jawaban yang benar? Tentu saja benar. Akan tetapi, ini tidak hanya ditandai dengan naiknya profit. Di sisi lain, ada beberapa kriteria lain yang harus dipenuhi.

Memang benar tujuan utamanya adalah untuk membuat UMKM agar naik level dengan  menambah profit yang didapatkan. Namun, bagaimana caranya? Ini yang lebih dikedepankan ketika berbicara tentang UMKM naik kelas.

Baca juga: 4 Strategi UMKM di Masa Pandemi yang Patut untuk Diterapkan

Bagaimana Agar UMKM Bisa Naik Kelas?

UMKM bisa naik kelas ketika pendapatannya naik. Namun, bagaimana caranya? Setidaknya ada 5 parameter yang sering digunakan sebagai kriteria bahwa sebuah UMKM bisa dikatakan sudah mengalami kenaikan.

  1. Memanfaatkan Teknologi

Satu hal yang jadi kriteria utama agar bisa dikatakan UMKM yang mengalami kenaikan adalah penggunaan teknologi. Ini terkait dengan teknologi modern yang bisa membantu proses produksi jauh lebih baik dan jauh lebih cepat.

Selain itu, teknologi yang dimaksud juga terkait dengan finance. Misalnya saja UMKM sudah tidak lagi melakukan pencatatan secara manual melainkan dengan menggunakan software. Apalagi jika teknologi tersebut juga sudah terintegrasi dengan payroll. Ini termasuk teknologi yang harus digunakan oleh UMKM yang naik level.

  1. Menggunakan Sistem Pemasaran Online

Sekarang ini, pemasaran online sudah tidak bisa dielakkan. Hampir semua usaha menggunakan media online sebagai media pemasaran. Nah, UMKM yang mengalami kenaikan juga harus menggunakan sistem pemasaran online.

UMKM harus memanfaatkan apa saja yang tepat untuk dilakukan dalam hal marketing online. Mulai dari memanfaatkan media sosial, marketplace, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu. Kebanyakan UMKM naik kelas itu juga menggunakan iklan online, mulai dari FB Ads, TikTok Ads, IG Ads, dan lain-lain. Dengan cara ini, mereka mampu menjangkau lebih banyak konsumen atau customer. Hingga akhirnya profitnya meningkat.

  1. SDM Berkualitas

Tidak cukup bagi pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi yang paling modern. Karena tanpa SDM yang berkualitas, penggunaan teknologi juga tidak akan maksimal.

Untuk itu, agar bisa dikatakan UMKM yang mengalami kenaikan, kamu perlu meningkatkan kualitas SDM. Misalnya saja kamu bisa mengirim karyawan untuk mengikuti workshop sesuai dengan kompetisi atau posisinya. Ini cara yang sangat baik untuk menaikkan kualitas SDM.

  1. Fokus Kepada Pelayanan

UMKM yang naik kelas itu pasti memiliki profit yang meningkat. Dan ini bukan tanpa alasan. Sudah pasti profit meningkat lantaran fokus untuk memberikan pelayanan yang selalu lebih baik kepada konsumen.

  1. Adaptif 

Tidak ada yang statis. Semuanya berubah. Makanya, UMKM yang bisa naik kelas adalah UMKM yang adaptif, yaitu UMKM yang mampu menjawab perubahan zaman.

Nah, itulah 5 kriteria UMKM naik kelas. Apakah UMKM yang kamu jalankan sudah layak dikatakan UMKM yang bisa mengalami kenaikan? Kriteria tersebut harus kamu miliki agar usaha kamu siap untuk naik kelas. 

Program Pemerintah Membantu UMKM Naik Kelas 

UMKM tidak sendirian dalam upaya agar bisa naik kelas. Ada pemerintah yang juga hadir untuk memberikan bantuan. Setidaknya ada 5 program strategis untuk membantu menaikkan level UMKM. 

Yang pertama, membantu memperluas akses pemasaran. Pemerintah tidak hanya ingin produk UMKM itu dipasarkan di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Yang kedua, meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM. Pemerintah memberikan pelatihan dan juga menyediakan teknologi agar produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM jauh lebih berkualitas.

Yang ketiga, membantu dalam hal pembiayaan. Pemerintah mengerti banyak UMKM yang susah berkembang karena kekurangan dalam hal pendanaan. Dalam hal ini, pemerintah bekerja sama dengan pihak perbankan agar bank bisa memberikan pendanaan kepada semua UMKM tanpa terkecuali.

Yang keempat, peningkatan kualitas manajemen UMKM. Ini dilakukan dengan cara pemerintah memberikan pembinaan dan juga pelatihan. Yang kelima, pemberian kemudahan warga negara untuk membuka usaha UMKM. Saat ini, perizinan semakin dipermudah. Sudah ada sistem online yang ditawarkan agar siapa saja bisa melakukan registrasi ketika ingin membuka usaha mikro.

Itulah upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam membantu UMKM agar naik kelas. Untuk kamu yang selama ini susah sekali untuk bisa naik kelas bisa memanfaatkan tawaran bantuan dari pemerintah.

Sekarang ini, sudah banyak UMKM yang produknya bisa diterima di pasar luar negeri. Kebanyakan ini disebabkan adanya bantuan dari pemerintah. Yang pasti, UMKM harus mengalami kenaikan. Naikkan kualitas. Perbaikan sistem keuangan. Lakukan pemasaran secara digital agar pangsa pasar lebih luas. Itulah yang akan membuat UMKM naik kelas.

Artikel Lainnya