Mindset itu Apa? Cari Tahu di Sini Sekarang Juga

Mencari tahu pengertian mindset itu apa
Mindset itu Apa? Cari Tahu di Sini Sekarang Juga. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Mindset itu apa? Ya pertanyaan tersebut pastinya sering diajukan oleh sebagian besar orang. Kendati istilah tersebut sudah tidak asing di telinga masyarakat. Tetapi tidak sedikit orang-orang yang belum mengetahui pengertiannya dengan jelas. Bahkan sebagian besar menggunakan istilah tersebut tanpa memahami maknanya lebih lanjut. 

Jika dilihat sebenarnya mindset adalah cara berpikir hingga pola pikir di mana akan mempunyai pengaruh cukup besar terhadap pengambilan keputusan. Sederhananya adalah sekumpulan kepercayaan di mana berpengaruh terhadap sikap seseorang ataupun cara berpikir. 

Di samping itu juga akan mempengaruhi perilaku pandangan, masa depan hingga sikap seseorang. Tidak sampai di situ saja, kehadirannya ternyata juga berkaitan erat dengan cara manusia menjalani kehidupan. Nah, untuk belajar mindset lebih jauh, yuk simak penjelasan pentingnya berikut ini.

Apa Itu Mindset?

Untuk memahami pengertian dari mindset tersebut ternyata bisa dipelajari dari beberapa pengertian yang dimiliki oleh sejumlah ahli. Tentu saja, pandangan setiap ahli sendiri memang berbeda-beda. Tetapi secara umum masih mempunyai makna yang sama. 

  • Gunawan 

Mindset merupakan sekumpulan kepercayaan di mana akan berpengaruh terhadap sikap seseorang, sekumpulan kepercayaan ataupun cara berpikir di mana akan menentukan perilaku serta pandangan, sikap hingga masa depan seseorang. 

  • Dr. Ibrahim Elfiky 

Mindset merupakan kumpulan pikiran di mana dapat terjadi selama berkali-kali di berbagai waktu maupun tempat. Tidak hanya itu saja, keberadaannya juga diperkuat dengan keyakinan serta proyeksi sehingga dapat menimbulkan kenyataan yang bisa dipastikan di setiap tempat sekaligus waktu sama. 

  • Adi W Gunawan 

Adapun pengertian mindset yang dimiliki oleh Adi W Gunawan di mana juga hampir sama seperti sebelumnya. Di mana mindset adalah sekumpulan beliefs (kepercayaan) atau bagaimanakah cara berpikir seseorang yang mampu mempengaruhi perilaku serta sikap seseorang. Hingga pada akhirnya akan menentukan level keberhasilan dalam hidupanya tersebut. 

Jika disimpulkan berdasarkan dengan pengertian para ahli di atas, maka mindset adalah pandangan atau view mental individu dimana mempengaruhi pendekatan orang tersebut saat sedang menghadapi suatu kejadian, peristiwa dan fenomena tertentu. 

Baca juga: Ketahui Kiat Menjadi Sukses, Mulai Dengan Melakukan Kebiasaan Orang Sukses

Jenis-jenis Mindset 

Sudah memahami arti mindset di atas? nah ternyata mindset ini juga dibagi menjadi ke dalam beberapa jenis. Hal ini disampaikan oleh Carol Dweck (2006) yang membaginya menjadi beberapa jenis di antaranya adalah 

  • Fixed Mindset 

Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan mindset tetap berdasarkan kepercayaan bahwa kualitas kamu sudah ditetapkan sebelumnya. Biasanya Seseorang akan mempunyai intelegensi, kepribadiaan hingga karakter moral tertentu. 

Ada beberapa ciri yang mampu menunjukkan fixed mindset tersebut seperti mempunyai keyakinan terhadap intelegensi, sifat, bakat sebagai fungsi, menghindari hal-hal yang bertentangan, mudah menyerah, mempunyai anggapan bahwa usaha tidak memberikan manfaat, merasa terancam apabila ada orang lain lebih sukses.. 

  • Growth Mindset 

Lain halnya dengan fixed mindset, growth mindset ini akan mempunyai keyakinan dasar bahwa kecerdasan itu dapat berkembang seiring dengan berjalannya waktu, ketekunan hingga usaha. Kemampuan dasar yang dimiliki merupakan titik awal dari potensi seseorang. 

Karena itulah sebagian besar akan berpegang pada gagasan bahwa setiap orang bisa menjadi lebih pintar dan cerdas jika mempunyai niat buat mencobanya. Beberapa ciri-ciri seseorang dengan mindset ini adalah mempunyai keyakinan bahwa intelegensi, sifat dan bakat bukan menjadi bagian fungsi, keturunan, mampu menerima dengan baik setiap tantangan dan serius menjalaninya, memandang ke depan walaupun mengalami kegagalan, mempunyai pandangan positif, bersedia belajar dari kritis hingga menemukan pelajaran dan inspirasi dari kesuksesan orang lain. 

Jika berdasarkan dengan jenis di atas, maka growth mindset memang mempunyai nilai positif lebih bagus dibandingkan dengan fixed mindset. Sebab seseorang yang mempunyai mindset growth tentu bisa berkembang jauh lebih mudah sekaligus bisa menerima adanya perubahan. 

Artikel Lainnya