Mindset itu Apa? Cari Tahu di Sini Sekarang Juga

Mencari tahu pengertian mindset itu apa
Mindset itu Apa? Cari Tahu di Sini Sekarang Juga. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Apakah Mindset Bisa Diubah?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran dari mindset ini mempunyai peran cukup penting. apa pentingnya mindset bagi seseorang ternyata mampu mempengaruhi bagaimanakah sikapnya dalam menghadapi kehidupan. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah keberadaannya tersebut bisa diubah? 

Menurut Dweck, mindset ternyata dapat diubah seiring dengan berjalannya waktu. Ia sendiri berpendapat bahwa setiap orang mampu mengubah seperti apakah pola pikir mereka agar bisa berkembang dengan baik dan menjadi growth mindset tersebut. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan agar membuat mindset tersebut bisa berkembang dengan baik di antaranya adalah 

  • Cobalah Lebih Fokus Terhadap Proses 

Hal paling utama yang harus diperhatikan dengan baik apabila ingin mengubah mindset adalah dengan fokus terhadap proses terlebih dahulu. Cobalah melihat nilai di dalam perjalanan ataupun proses. Ketika seseorang hanya terpaku pada hasil akhir, maka kamu akan kehilangan semua hal yang sudah dipelajari di sepanjang proses tersebut. 

  • Mulailah Menggunakan Kata Belum Dibandingkan Tidak 

Perlu diketahui bahwa kesuksesan yang diraih oleh seseorang memang berbeda-beda dan tidak akan sama. Karena itulah, jika anda merasa belum mendapatkan kesuksesan maka sebaiknya mengatakan belum dibandingkan dengan tidak. Walaupun terdengar cukup sepele, tetapi percayalah kata ini justru akan memberikan dampak positif cukup bagus. 

  • Cobalah Agar Berpikir Lebih Positif 

Seringkali penyebab seseorang kesulitan dalam berkembang adalah karena mereka selalu dibayangi oleh pikiran negatif sepanjang hari. Padahal ini adalah salah satu contoh dimana anda hanya akan berhenti di tempat. Karena itulah cobalah lebih berpikir positif. 

  • Ambillah Tantangan Buat Hal Baru 

Ingin mendapatkan pengalaman baru selama hidup? Tidak ada salahnya agar sesekali mengambil tantangan tersebut. Perlu diketahui bahwa membuat kesalahan bukanlah akhir dari semuanya. Jangan pernah menghindar dari tantangan, tetapi cobalah agar menghadapinya terlebih dahulu.

  • Hal-hal Yang Mempengaruhi Mindset 

Seperti sudah diketahui, bahwa kehadiran dari mindset inipun ternyata mempunyai pengaruh cukup besar terhadap kehidupan seseorang. Dan ternyata mindset juga dipengaruhi oleh beberapa hal sehingga mampu menghasilkan kepercayaan, perilaku hingga cara berpikir. 

  • Keluarga 

Faktor paling utama dimana berpengaruh terhadap mindset adalah lingkungan keluarga. Sebab melalui lingkungan keluarga inilah maka akan berpengaruh terhadap banyak hal mulai dari kebiasaan makan Bersama, mematikan lampu sesudah digunakan, membaca buku hingga kebiasaan penting lainnya. 

  • Pergaulan 

Di samping keluarga, faktor lainnya adalah pergaulan dengan sosial seseorang. Orang yang berteman dengan para pengusaha, jelas mempunyai kecenderungan pola pikir seperti seorang pengusaha. Lain halnya apabila berteman dengan politikus maka gaya berpikirnya pun demikian. 

  • Pendidikan 

Pendidikan inipun juga mempunyai peran cukup penting dalam membentuk karakter seseorang bahkan lebih unggul. Sebagai contohnya sebagian besar dari mereka tidak akan membiarkan waktunya tanpa bacaan ataupun mengikuti seminar-seminar. Ini juga akan membuat pengalaman lebih bagus. Kehadiran dari mindset inilah ternyata akan memberikan manfaat bagi seseorang seperti terhindar dari depresi dalam jangka waktu lama, tingkat stress lebih rendah, mempunyai pikiran positif hingga bisa meraih kesuksesan lebih bagus. Sudah  paham mindset itu apa bukan? 

Mungkin Anda juga menyukai