Menghitung Untung Rugi Menggunakan Jasa Broker Properti Profesional 

Mengenal jasa broker properti
Menghitung Untung Rugi Menggunakan Jasa Broker Properti Profesional. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Sekarang ini, masih banyak orang yang memilih membeli properti tanpa melalui perantara atau broker properti. Alasannya sederhana. Mereka merasa menggunakan jasa broker justru membuat mereka harus merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, selain menyiapkan uang untuk membeli properti, mereka juga harus memberikan komisi untuk si broker.

Meskipun demikian, mengapa semakin banyak jasa perantara jual beli properti? Yang pasti, banyaknya broker menjadi bukti bahwa semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa ini daripada membeli properti sendiri.

Lalu, sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa broker properti? Ini jawaban yang perlu dicari agar kamu lebih bijak untuk memilih, apakah harus menggunakan jasa broker atau beli properti sendiri saja.

Untung Rugi Bekerja Sama dengan Broker Properti

Setiap pilihan masih ada sisi positif dan negatifnya. Begitu juga ketika kamu menggunakan jasa broker properti. Hanya saja, kamu perlu menimbang apakah lebih banyak positif atau negatifnya.

Sebelumnya, kamu harus memahami dulu apa itu broker. Secara sederhana, broker adalah seseorang yang menjadi wakil kamu sebagai orang yang ingin membeli properti. Jika kamu penjual, broker adalah wakilmu sebagai penjual. Dalam hal ini, kamu ditempatkan sebagai calon pembeli properti. Jika kamu menggunakan jasa broker, maka ia lah orang yang mewakilimu untuk bertemu dengan penjual.

Dari definisi tersebut, ada pekerjaan yang ia lakukan. Broker tidak hanya bertemu dengan penjual tapi juga memilih serta melakukan negosiasi. Bagi kamu yang tidak tahu harga properti serta kurang dalam hal negosiasi, bekerja sama dengan seorang broker properti sangatlah menguntungkan. Kamu tidak akan khawatir membeli properti dengan harga yang terlalu mahal atau lebih tinggi daripada harga pasar.

Sebagai seorang broker properti profesional, ia pasti tahu kualitas properti serta harga yang pantas untuk properti tersebut. Ia juga pasti memiliki update harga properti terbaru di wilayah tertentu mengingat harga properti itu berubah sangat dinamis. Jadi, itulah beberapa kelebihan menggunakan jasa perantara properti.

Lalu, apa sisi lemah atau negatifnya? Komisi. Mau tidak mau, karena perantara sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk mencarikan properti serta bernegosiasi, ia butuh komisi. Ini adalah uang yang harus kamu bayarkan setelah ia berhasil mencarikan properti sesuai dengan yang diinginkan. Itu artinya kamu harus mengeluarkan biaya tambahan selain biaya yang harus dibayarkan untuk membeli properti.

Kelemahan berikutnya adalah ketika kamu salah dalam memilih broker. Bukannya membantu, oknum broker yang kurang jujur justru akan memanfaatkan ketidaktahuan kamu mengenai properti. Biasa saja ia justru memilihkan properti yang kurang bagus dengan harga yang terlalu mahal. Inilah mengapa penting sekali bagi siapa saja untuk memilih broker properti profesional.

Baca juga: APHT Adalah: Fungsi, Dasar Hukum, Syarat, Biaya, dan Masa Berlaku

Berapa Komisi Seorang Broker Properti Profesional?

Beberapa orang lebih memilih menggunakan jasa perantara daripada mencari properti sendiri. Apalagi jika properti bernilai milyaran. Akan lebih baik jika mereka menggunakan jasa broker profesional agar tidak salah dalam negosiasi.

Jika itu juga menurut kamu, lalu berapa komisi yang harus diberikan? Ini pertanyaan berikutnya penting untuk kamu tahu jawabannya. 

Sebenarnya, tidak ada aturan berapa komisi yang harus kamu berikan. Besarnya komisi tergantung kesepakatan. Jadi, harus ada kesepakatan di depan berapa komisi yang akan kamu berikan. Ini bisa berupa persentase dari total harga properti atau berupa nominal secara langsung. 

Namun, untuk kamu yang menggunakan jasa broker profesional, ada aturan mengenai komisi. Persentase untuk perantara properti itu berkisar 2% hingga 5%. Semakin tinggi nilai properti, biasanya komisinya semakin rendah. 

Menurut kamu, lebih enak mana antara menggunakan jasa broker biasa atau broker profesional?

Tips Memilih Jasa Broker Properti yang Tepat 

Sampai di sini, mungkin kamu sekarang lebih condong untuk menggunakan jasa broker properti daripada membeli properti sendiri. Mungkin kamu merasa tidak memiliki pengetahuan mengenai harga properti. Kamu takut salah pilih lalu mulai mencari agen properti.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan agar tidak salah memilih agen properti:

  1. Memilih Broker di Bawah Naungan Perusahaan

Kamu harus tahu ada broker profesional yang biasanya berada di bawah naungan perusahaan. Inilah broker yang sebaiknya kamu pilih. Mengapa? Karena ia sudah memiliki sertifikat. Itu artinya kualifikasinya sudah tidak perlu lagi untuk dipertanyakan.

Dengan memilih agen properti profesional seperti ini, kamu hanya perlu mengikuti aturan yang ada. Misalnya saja komisi sudah ditetapkan oleh aturan, yaitu antara 2 hingga 5 persen. Berbeda jika kamu menggunakan komisi perseorangan atau independent yang mungkin memasang komisi selangit, lebih dari 5%. 

  1. Memiliki Track Record yang Baik

Bukan hanya sisi profesionalitasnya saja yang kamu harus lihat, melainkan juga track record. Sudah berapa lama ia menjadi broker? Berapa jumlah properti yang sudah direkomendasikan ke klien dan mereka senang? Jika perlu, kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah pernah menggunakan jasa sang agen. 

Seorang agen properti profesional yang memiliki track record baik biasanya tidak hanya mampu melakukan negosiasi yang baik. Selain itu, ia juga mampu untuk memilih properti apa yang tepat sesuai dengan keinginan pembeli.

  1. Memahami Harga Pasar

Rasanya aneh jika ada agen properti yang tidak tahu harga pasar sebuah properti. Apakah ada yang seperti itu? Tentu saja ada. Banyak sekali orang yang tiba-tiba mengaku sebagai agen. Lebih tepatnya sih makelar properti dadakan. Ia hanya mencari laba dari properti orang lain yang ingin dijual kepada pembeli. Ia tidak menguasai pasar. Ia pun tidak terlalu memikirkan apakah pembeli senang dan puas atau tidak.

Untuk itulah mengapa kamu sebaiknya memilih broker properti profesional. Yaitu agen properti yang sudah bersertifikat. 

  1. Memiliki Keahlian dalam Hal Bangunan

Ini poin plus jika kamu memilih agen yang mengerti bangunan. Mengapa? Karena ia bisa memilih mana properti yang bagus atau tidak. Ini bukan masalah yang mudah. Terkadang, sebuah bangunan terlihat sangat bagus dan estetik. Namun, siapa sangka jika rangka atau bahan semen yang digunakan tidak terlalu kuat. Maka dari itu, pilihlah agen properti yang mengerti tentang bangunan.

  1. Pendengar yang Baik

Apakah agen properti yang bagus itu hanya mampu membuat kesepakatan harga yang murah? Tidak juga. Ia harus menjadi pendengar yang baik. Ia bisa mendengar lalu mengerti bangunan seperti apa yang kamu inginkan.

Ini bisa dilihat dari beberapa opsi bangunan yang ditawarkan setelah kamu menjelaskan kriteria yang diinginkan. Ingat! Yang membutuhkan properti itu kamu, bukan broker.

Sekarang, kamu bisa lebih tenang ketika ingin membeli sebuah properti. Yang pasti, agar kamu tidak salah pilih, sebaiknya gunakan jasa broker properti profesional.

Mungkin Anda juga menyukai