Dapat BLT Subsidi Gaji dan Pra Kerja, Emang Bisa?

cara mendaftarkan kartu pra kerja
Dapat BLT subsidi dan pra kerja, emang bisa? Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Pandemi yang melanda negeri ini cukup mengguncang perekonomian masyarakat. Banyak pekerja yang dirumahkan dan tidak sedikit pengusaha yang gulung tikar. Untuk itu, guna mencegah lumpuhnya perekonomian, pemerintah bekerja keras membantu masyarakat. Beberapa cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan bantuan berupa bantuan sembako dan non sembako. Adapun bantuan yang bisa diterima oleh pekerja ialah BLT subsidi gaji dan pra kerja. Nah, maka dari itu jangan lupa kamu harus tahu cara mendapatkan BLT subsidi gaji dan mendaftarkan diri memiliki kartu pra kerja.

Perbedaan BLT Subsidi Gaji dan Pra Kerja

Kartu pra kerja. Photo by Sindonews

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan berupa BLT subsidi gaji dan pra kerja. Lantas apa bedanya? 

Kedua bantuan ini merupakan program pemerintah untuk membantu para pekerja dan pengusaha mikro yang terdampak adanya virus covid-19. Kedua bantuan ini berbeda meskipun pekerja sama – sama bisa mendapatkan. Berikut penjelasannya.

BLT subsidi gaji merupakan bantuan insentif dari pemerintah bagi para pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah 5 juta. Peserta yang memperoleh atau masuk dalam daftar BLT Subsidi Gaji akan mendapatkan bantuan tambahan gaji senilai 1.2 juta rupiah.

Sedangkan pra kerja merupakan program pemerintah untuk membantu calon pekerja, pekerja dan pengusaha untuk meningkatkan keterampilan mereka agar siap masuk dalam dunia kerja atau wirausaha. Dan insentif yang diberikan senilai 3.550.000 rupiah. Insentif tersebut dibagi menjadi 3 kategori. Satu juta rupiah untuk dana pelatihan, 2.4 juta sebagai insentif bulanan dan 150 ribu merupakan tambahan insentif karena mengisi survey. 

Mendapat BLT Subsidi Gaji dan Pra Kerja

Penulis jadi salah satu pilihan pekerjaan orang introvert
Mendapat BLT subsidi gaji dan pra kerja. Photo by Pexels

Yang sering menjadi pertanyaan selanjutnya adalah mengenai boleh tidaknya seorang pekerja mendapatkan dua bantuan sekaligus yaitu BLT Subsidi gaji dan pra kerja. Jawabannya adalah tidak. Seluruh program bantuan pemerintah diharapkan akan adil, merata dan tepat sasaran. Sehingga, setiap orang yang sudah mendapatkan salah satu bantuan tidak bisa mendapatkan bantuan jenis lainnya. 

Mereka yang sudah mendapatkan bantuan BLT jenis lain misalnya, tidak bisa mendapatkan pra kerja. Untuk itu, jika kamu hendak dan layak mendapatkan salah satu bantuan pemerintah, pra kerja misalnya, maka pastikan kamu tidak atau belum pernah mendapatkan bantuan lainnya. 

Cara Mendapatkan Bantuan Pra Kerja

Cara mendapat pra kerja. Photo by Pixabay

Jika kamu merupakan salah satu pencari kerja dan belum pernah mendapat bantuan, maka kamu bisa mencoba mendaftar pada program pra kerja. Cara daftar kartu pra kerja juga sangat mudah. Pertama, kamu harus masuk ke www.prakerja.go.id

Setelah berhasil masuk ke website, cara mendaftarkan kartu pra kerja selanjutnya adalah dengan masuk ke bagian daftar peserta. Akan ada pilihan menu daftar. Maka klik menu tersebut. Setelah memilih menu kamu akan masuk ke dalam formulir pendaftaran. 

Cara mendaftarkan kartu pra kerja berikutnya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran lalu mengirimkannya. Setelah terkirim, maka kamu akan diminta untuk melakukan seleksi atau tes kemampuan. Kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dulu sebelum melakukan tes. 

Jika tes sudah kamu kerjakan maka kamu hanya tinggal menunggu hasil seleksi apakah kamu lolos atua tidak. Jika kamu lolos maka kamu akan mendapatkan sms berupa pemberitahuan bahwa saldo pelatihan sudah masuk ke dalam dashboardmu. Lakukan login untuk masuk ke dashboard dan cek saldo lalu mulai pilih pelatihan.Pada dasarnya, cara mendaftarkan kartu pra kerja cukup mudh. Asal kamu memenuhi persyaratan dan layak mendapatkan bantuan, maka kamu akan lolos. Namun, kembali kepada ketentuan sebelumnya, bahwa pra kerja diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan. Serta pastikan bahwa kamu bukan penerima bantuan lainnya. Agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Mungkin Anda juga menyukai