Cara Perpanjang Paspor Via Online dengan Mudah

Waktu baca: 3 menit

Paspor menjadi dokumen yang penting untuk dimiliki saat kamu memutuskan melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat ini, ada dua jenis paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI), yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor). Adapun masa berlaku paspor WNI maksimal 5 tahun.

Informasi mengenai perpanjang paspor saat ini bisa dikatakan minim. Masyarakat masih bingung untuk melakukan perpanjangan paspor. Padahal, dalam melakukan perpanjang paspor bisa secara online. Tak beda jauh dengan langkah membuat paspor baru, perpanjang paspor juga tidak sulit untuk dilakukan.

Baca juga: Langkah Membuat Paspor Secara Online yang Perlu Diketahui

Selain bisa secara online, saat ingin perpanjang paspor, kamu bisa melakukannya di kantor imigrasi manapun meski tidak berdomisili yang sama dengan kantor imigrasi tersebut. Maka dari itu, perpanjang paspor saat ini bisa dikatakan sangat mudah.

Nah, agar kamu tahu cara perpanjang paspor dengan mudah secara online, di bawah ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

Cara perpanjang paspor

Cara perpanjang paspor online.
Cara perpanjang paspor online. Photo by @ditjen_imigrasi

Sebagai informasi, saat ini paspor hanya bisa diganti (dulu disebut dengan perpanjang). Walaupun memiliki masa berlaku maksimal 5 tahun, paspor baru bisa diganti jika sudah masuk masa kurang dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Namun hal itu bisa dilakukan dengan lebih cepat jika ingin berganti dari paspor biasa ke e-paspor.

Berikut di bawah ini akan dijelaskan cara perpanjang paspor.

Siapkan biaya

Biaya yang disiapkan saat ingin perpanjang paspor beraneka ragam. Berikut daftar biayanya:

  • Rp 350.000 untuk biaya paspor biasa 48 halaman
  • Rp 650.000 untuk biaya e-paspor 48 halaman
  • Rp 1.000.000 untuk biaya beban paspor hilang (per buku)
  • Rp 500.000 untuk biaya beban paspor rusak (per buku)

Siapkan berkas yang dibutuhkan

Ada beberapa berkas yang harus disiapkan untuk melakukan penggantian paspor. Berikut daftarnya:

  • Akta kelahiran asli dan fotokopi (dapat diganti dengan ijazah SD/SMP/SMA)
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi
  • Paspor lama asli dan fotokopi (bagian halaman paling depan dan belakang)
  • Semua fotokopi harus menggunakan kertas ukuran A4
  • Ijazah kuliah tidak dapat digunakan karena tidak ada nama orang tua

Buat antrean online

Untuk membuat antrean online, kamu bisa melalui situs https://antrian.imigrasi.go.id/ atau menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store. Buatlah akun baru dan login dengan akun Google yang kamu miliki. Setelah itu, isi data yang diperlukan dengan lengkap sesuai dengan identitas yang tertera di KTP. Lalu, pilih kantor imigrasi terdekat untuk pengurusan paspormu. Isi jumlah pemohon, tanggal, dan waktu kedatangan. Untuk waktu kedatangannya, ada pagi (08:00-12:00) dan siang (13:00-16:30).

Setelah semua proses selesai, nanti kamu akan mendapatkan kode booking serta informasi nomor antrean digital yang berisi informasi NIK, nama, tempat, tanggal dan waktu kamu untuk datang ke kantor imigrasi.

Datangi kantor imigrasi

Setelah mendapatkan nomor antrean dan berkas sudah siap, kamu tinggal mengunjungi kantor imgrasi yang sudah kamu pilih untuk memproses perpanjang paspormu. Agar prosesnya bisa berjalan lancar, ikuti tips di bawah ini:

  • Gunakan pakaian yang rapi dan celana panjang. Usahakan baju yang dipakai bukan warna putih karena background untuk foto warnanya putih.
  • Datanglah setidaknya 10 menit sebelum waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
  • Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap agar bisa diproses dengan baik.
  • Terkadang ada kantor imigrasi yang tidak menyediakan pulpen. Maka dari itu lebih baik kamu membawa pulpen dari rumah.
  • Jawab pertanyaan dengan jujur dan akurat saat wawancara dengan petugas. Biasanya, yang ditanyakan ialah keperluan dan tujuan kamu ke luar negeri.

Bayar biaya paspor

Setelah selesai diwawancara dan difoto, kamu akan langsung diarahkan untuk melakukan pembayaran biaya perpanjang paspor. Biasanya, pembayaran bisa langsung dilakukan di hari yang sama dan lokasi yang sama pula. Setelah selesai membayar, usahakan bukti pembayaran disimpan dengan baik.

Mengambil paspor

Biasanya, paspor akan selesai dalam 3 hari kerja. Untuk mengambilnya usahakan datang pagi hari atau setelah jam makan siang. Jangan lupa membawa KTP dan bukti pembayaran.

Untuk pengambilan, sebenarnya bisa diwakilkan. Asalkan yang mewakilimu itu membawa surat kuasa dan KTP milikmu. Untuk pengambilan paspor anak, penerima kuasa harus memperlihatkan KTP asli kedua orang tua.

Nah itulah cara perpanjang paspor secara online yang perlu kamu ketahui. Dengan memahami prosedur yang ada sudah pasti proses perpanjangan lebih mudah. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply