Ketahui Kiat Menjadi Sukses, Mulai Dengan Melakukan Kebiasaan Orang Sukses

ilustrasi orang sukses
Ketahui Kiat Menjadi Sukses, Mulai Dengan Melakukan Kebiasaan Orang Sukses. Photo by @krakenimages
Waktu baca: 4 menit

Berbicara tentang menjadi sukses, tentu banyak orang di dunia ini ermimpi menjadi orang sukses baik secara mental, karir, dan semua faktor-faktor kehidupan yang dianggap sebagai standar “ideal” kesuksesan di dalam hidup. Banyak hal tentunya yang harus dilakukan jika kamu ingin menjadi sukses, karena pastinya orang sukses tidak lahir begitu saja. Tentu banyak perjuangan dan juga rintangan yang harus kita lakukan dan juga taklukan. 

Apa itu definisi sukses?

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang kebiasaan orang sukses, atau bagaimana cara menjadi sukses. Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu sukses. Kamu mungkin memiliki definisi tersendiri terkait sukses? Entah itu mereka yang memiliki ambisi dan juga telaten? Atau mungkin mereka yang hanya berkutat dengan bisnis dan target keuntungan yang tinggi?

Menurut salah seorang ahli, yaitu Deepak Chopra dalam buku The Seven Spiritual Laws of Succes mengartikan bahwa sukses merupakan ekspansi yang akan berkelanjutan kebahagiaan dan juga realisasi sesuatu yang progresif untuk tujuan berharga. Kemudian menurut Elon Musk sendiri yang merupakan CEO dari mobil listrik terkenal menyebut bahwa sukses adalah sebuah hal yang selama kamu melakukannya kamu akan merasa senang.

Jika kita telaah sebetulnya sukses memiliki artian yang berbeda bagi banyak orang, karena sukses jika dibagi dalam banyak bidang, seperti sukses dalam bidang ekonomi, keluarga, pendidikan, pelayanan masyarakat dan lain sebagainya. Namun yang dapat digaris bawahi bahwa sukses merupakan sesuatu hal di mana kamu dapat menjadi seseorang yang bermanfaat, dapat melakukan hal-hal yang baik sesuai norma dan kaidah yang berlaku di masyarakat.

Manfaat sukses dalam hidup

Berbicara manfaat kesuksesan, tentunya menjadi sukses memberikan sebagian besar dampak positif dalam kehidupan seseorang. Misalnya saja trends dikalangan generasi muda saat ini bagaimana sukses sebelum menginjak usia 30 tahun. Yang menurut banyak orang memberikan banyak kelebihan atau manfaat untuk hidup seseorang. Diantaranya seperti:

  1. Memiliki potensi terjaminnya masa tua

Pasti tidak sedikit dari kamu yang telah mendengar prinsip bahwa bekerja keras di usia muda agar kamu dapat menuai hasilnya di masa tua. Secara habit, orang-orang yang telah sukses pada umumnya sangat produktif di masa muda, terutama dari segi finansial mereka telah menyiapkan berbagai perencanaan keuangan agar masa tuanya terjamin.

  1. Memiliki peluang mendapatkan koneksi yang luas

Koneksi dan juga jaringan pertemanan yang luas biasanya banyak dijumpai pada orang-orang yang telah mapan sebelum usia 30 atau mungkin usia pensiun. Semakin sukses seseorang biasanya akan semakin luas juga jaringan pertemanannya maka sangat besar peluang mendapatkan koneksi yang luas.

  1. Memiliki peluang lebih banyak untuk bersantai dengan keluarga di usia senja

Produktif dan sukses diusia muda akan sangat memperbesar peluang kamu untuk lebih banyak menikmati waktu luang di usia pensiun karena kamu telah mapan dan juga mapan atas buah dari hasil kerja keras kamu di usia muda.

  1. Bisa memiliki apa yang kamu inginkan

Standar sukses umumnya dapat diukur atas kecukupan terhadap finansial. Umumnya orang-orang sukses memiliki manfaat dapat menikmati hasil kerja atau jerih payah mereka dengan mampu memiliki apa yang mereka inginkan.

Baca juga: 12 Karakteristik yang Wajib Dimiliki oleh Wirausaha

Beberapa contoh kebiasaan baik sehari-hari orang sukses yang perlu dicontoh

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat dari sebuah kesuksesan, kita akan membahas sebetulnya bagaimana sebuah kesuksesan tersebut dapat diraih. Kita tau orang sukses sebagian besar pasti juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bisa dijadikan sebagai motivasi buat kamu para calon orang sukses. Berikut adalah 10 kebiasaan orang sukses yang mungkin bisa kamu ikuti, diantaranya yaitu:

  1. Komitmen

Langkah atau kiat utama menjadi orang sukses salah satunya adalah dengan memiliki komitmen. Orang yang memiliki komitmen biasanya cenderung tau batasan-batasan dan langkah dalam kehidupannya dari mulai aktivitas sehari-hari hingga dengan berbagai tanggung jawab yang besar sekalipun.

  1. Cobalah untuk disiplin bangun pagi

Kamu mungkin sering mendengar istilah jangan bangun kesiangan nanti rezekimu dipatok ayam, atau mungkin berangkatlah bekerja ketika mentari belum bersinar dan kembalilah ke rumah ketika matahari telah tenggelam. Ini adalah kiat-kiat dimana kebiasaan orang sukses pada umumnya adalah tidak berleha-leha dengan waktu dan sangat produktif dalam menjalani hari-harinya.

  1. Disiplin

Kebiasaan orang sukses selanjutnya juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan setelah kamu memiliki komitmen adalah disiplin. Melakukan sesuatu atau mengerjakan apapun dalam aktivitas harian hendaknya kamu menjadi pribadi yang disiplin. Jangan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah, ibarat ketika kamu disiplin mendayung perahu maka kamu akan sampai cepat atau lambat asalkan disiplin.

  1. Memiliki target harian

Menjadi orang sukses, misalnya kamu memiliki tujuan untuk lulus hafalan, maka hal yang penting yang harus dilakukan adalah menghafal dengan target. Dengan menerapkan target harian, kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan orang sukses yang bisa kamu lakukan dalam berbagai kegiatan dan juga target hidupmu.

  1. Mempunyai keberanian untuk memulai

Kebiasaan orang sukses selanjutnya adalah tidak takut untuk memulai. Misalnya untuk sukses menjadi pebisnis, kamu tidak akan pernah tahu caranya berbisnis sebelum kamu memulainya sendiri. Disinilah kebiasaan orang sukses yang perlu kamu contoh dengan baik.

  1. Memiliki pola hidup yang sehat

Kebiasaan orang sukses selanjutnya yang bisa kamu contoh adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Pribadi yang sehat jiwa dan raga akan membantumu menjalankan aktivitas harian dengan lancar. Dengan mencintai dirimu sendiri dengan cara merawat kesehatan dan tubuh kamu ini bisa menjadi salah satu kebiasaan yang dapat diterapkan oleh orang-orang sukses.

  1. Terus belajar hal baru

Orang yang sukses memiliki kebiasaan yang selalu ingin tahu dan terus belajar banyak tentang hal baru. Kita tahu peluang kesuksesan bisa melewati pintu mana saja. Maka tidak ada salahnya jika kamu melakukan kebiasaan orang sukses yang satu ini untuk terus belajar dan mendapatkan ilmu yang baru.

  1. Memiliki kemampuan cepat beradaptasi dengan lingkungan

Salah satu kebiasaan orang sukses berikutnya adalah memiliki kemampuan cepat beradaptasi dengan lingkungan. Orang yang sukses biasanya pandai bergaul dan memperluas jaringannya, dengan memiliki kemampuan cepat beradaptasi dengan lingkungan ini akan sangat membantu mendukung kamu menjadi orang sukses.

  1. Fokus terhadap proses dan bukan hanya hasil

Segala kesuksesan pasti memiliki usaha, dalam mengusahakan pasti banyak proses yang akan kamu jalani dan juga alami. Tapi orang sukses biasanya akan sangat bersungguh-sungguh dalam proses dan bukan hanya hasil, karena proses yang dilakukan dengan sungguh-sungguh biasanya akan menghasilkan hasil yang baik juga.

  1. Terbuka terhadap kritik, saran dan evaluasi diri

Kunci berikutnya dari kebiasaan orang sukses adalah menjadi orang yang terbuka untuk kritik dan saran yang membangun agar menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan melakukan evaluasi diri, maka kita akan tahu sifat dan sikap mana yang layak kita lakukan dalam berbagai macam situasi agar dapat menghadapi segala keadaan dengan baik.

Demikian tips jadi orang sukses dengan menerapkan kebiasaan baik setiap harinya.

Mungkin Anda juga menyukai