7 Persiapan Penting Saat Ingin Kuliah di Luar Negeri

Persiapan untuk kuliah di luar negeri.
Waktu baca: 4 menit

Saat ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, sudah pasti harus melakukan banyak persiapan. Di mulai dari mencari tempat tinggal sementara hingga bagaimana pendanaan saat kuliah nantinya.

Selain itu, kamu juga harus beradaptasi dengan lingkungan serta budaya yang baru karena kamu akan tinggal di negara yang berbeda. Biaya hidup yang tinggi, sistem belajar yang tidak sama, dan berbagai hal lainnya perlu dijadikan pertimbangan.

Jangan sampai saat sudah sampai di negara tujuan, kamu malah merasa tidak nyaman karena tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Maka dari itu, inilah 7 persiapan penting saat ingin kuliah di luar negeri.

1. Alasan dan motivasi

Punya alasan dan motivasi yang kuat.
Punya alasan dan motivasi yang kuat. Photo by @emmamatthews

Untuk memulai kuliah di luar negeri, sudah tentu kamu butuh alasan dan motivasi yang kuat. Sebab, selain harus beradaptasi dengan budaya serta lingkungan baru, kamu juga akan jauh dari keluargamu yang ada di indonesia. Pastikan kamu benar-benar siap untuk hidup mandiri dan berjuang agar studimu di luar negeri bisa selesai tepat waktu.

2. Buat rencana yang matang

Buat rencana matang.
Buat rencana matang sebelum memutuskan kuliah di luar negeri. Photo by Pixabay

Setelah punya alasan dan motivasi yang kuat untuk kuliah di luar negeri, sudah tentu kamu harus segera menyusun rencana yang matang agar ke depannya bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Jangan pernah merasa bosan untuk mengumpulkan informasi terkait negara tujuan, kampus serta jurusan yang dituju, biaya hidup, serta berbagai hal lain yang perlu diketahui sejak awal. Dengan begitu, kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas dan terkait dengan rencana studi yang akan kamu jalani.

3. Persiapkan dokumen pendukung

Siapkan dokumen pendukung.
Siapkan dokumen pendukung untuk tinggal di luar negeri. Photo by Pexels

Saat ingin berkuliah di luar negeri, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. Kamu bisa mendapatkan informasi terkait dokumen tersebut melalui situs resmi dari universitas.

Selain itu, siapkan juga dokumen seperti visa dan passport. Alangkah baiknya kamu simpan dokumen-dokumen penting tersebut di dalam satu tempat agar lebih aman dan mudah untuk disiapkan.

4. Siapkan biaya

Persiapan kuliah luar negeri? Sudah siapin biaya yang dibutuhkan belum?
Siapkan biaya yang dibutuhkan untuk kuliah. Photo by Pixabay

Tidak bisa dipungkiri untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri akan butuh biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, persiapkan budget lebih jauh-jauh hari. Hal itu agar impianmu kuliah di luar negeri bisa berjalan lancar.

Agar bisa lebih mudah, kamu juga bisa mulai untuk berinvestasi. Dengan investasi, dana untuk kuliah dan hidup di luar negeri bisa dipenuhi.

5. Ikuti kursus bahasa

Ikuti kursus bahasa yang mendukung.
Ikuti kursus bahasa yang mendukung. Photo by Pixabay

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan ialah ikuti kursus bahasa. Oleh karena akan kuliah di luar negeri, maka kamu harus bisa belajar bahasa asing negara tujuanmu. Misalnya, kamu akan kuliah di Korea Selatan, maka kamu harus ikuti kursus bahasa Korea. Hal itu selain agar selama kuliah bisa mengerti, kamu juga bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan tempat tinggalmu nantinya.

Baca juga: Mau Lanjut Kuliah S2? Simak 3 Hal Ini Agar Kamu Tidak Salah Langkah!

6. Pelajari budaya negara tujuan

Salah satu persiapan kuliah luar negeri adalah dengan mempelajari kebudayaannya.
Pelajari kebudayaan dari negara tujuan. Photo by @mnm_all

Setelah mengerti bahasanya, kamu juga mulai cari informasi dan pelajari budaya negara tujuanmu melanjutkan pendidikan. Selain itu, pahami juga cara bertahan hidup di sana. Apalagi jika kamu memilih negara yang memiliki 4 musim. Jangan sampai, kamu menghadapi masalah kesehatan saat kuliah nanti.

7. Bangun koneksi

Bangun koneksi dengan baik.
Bangun koneksi agar berjalan kuliah di luar negeri lancar. Photo by Pixabay

Untuk memulai kehidupan yang baru di negara tujuanmu itu, tentu butuh persiapan yang ekstra dan matang. Maka dari itu, ada baiknya kamu memiliki kenalan yang bisa membantu dan memberi saran saat tinggal di negara tujuan tersebut. Jangan pernah sungkan untuk bertanya terkait bagaimana cara bertahan hidup di sana.

Nah itu tadi 7 persiapan yang harus dilakukan oleh kamu sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Ingat, jangan sampai kamu tidak mempersiapkannya secara matang agar rencanamu ke depannya tidak berantakan.

You may also like...

Leave a Reply