Mengenal Apa Itu Refund dan Syarat Untuk Melakukannya

Perhitungan refund
Mengenal Apa Itu Refund dan Syarat Untuk Melakukannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Hadirnya transaksi berbasis online yang banyak dilakukan belakangan ini, menghadirkan berbagai macam istilah baru. Salah satu yang cukup sering diulas adalah refund dana. Sebenarnya apa itu refund dan apa syaratnya? Berikut ulasannya buat kamu.

Apa itu refund?

Sebenarnya apa arti refund? Secara sederhana artinya adalah pengembalian dana yang akan kamu terima, setelah sebelumnya mengajukan pembatalan atas pembelian barang ata juga jasa dari sebuah perusahaan digital.

Adapun tujuan atau alasan dari pembatalan ini bisa berbagai macam, mulai dari barang yang kamu beli ternyata tidak sesuai kriteria pesanan yang diminta di awal, atau aneka alasan logis lainnya. Atau bisa juga, refund dilakukan ketika kamu tidak jadi menggunakan produk atau jasa tersebut. Misalnya saja kamu membeli tiket pesawat pada hari tertentu, namun ternyata, kamu tidak dapat berangkat pada hari tersebut, lantaran sakit atau ada kepentingan mendadak. Maka dalam kondisi tersebut, kamu juga dapat menggunakan layanan ini.

Umumnya perusahaan dengan basis digital, sudah mempunyai fasilitas refund, lantaran layanan yang satu ini adalah salah satu bentuk layanan serius, dari pihak perusahaan pada konsumen. Lantaran salah satu resiko, ketika seseorang atau ketika kamu berbelanja secara online adalah tidak dapat melihat barang yang ingin dibeli secara langsung. Jadi bisa saja, barang yang kamu terima tidak sesuai dengan yang diinginkan, mengingat saat ini ada cukup banyak toko abal-abal yang pastinya mampu menipu para konsumen.

Selain itu, hadirnya layanan ini juga jadi isolusi menarik, yang akan diberikan oleh pihak perusahaan, dalam menjaga kepercayaan serta loyalitas dari pihak pelanggan, serta mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Jadi buat kamu para konsumen, layanan refund ini pastinya membuat kamu bisa tetap dapat belanja, tanpa harus cemas, karena produk yang diterima tidak sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Mengenal E Wallet, Solusi Transaksi Praktis Menggunakan Aplikasi Smartphone

Perbedaan refund dan retur

Masih banyak sekali orang yang menyangka bahwa refund dan retur itu sama. Tapi pada kenyataanya berbeda, walaupun secara sepintas lalu terlihat sama.

Refund sendiri adalah sebuah layanan pengembalian uang, lantaran terjadinya pembatalan pembelian yang dilakukan oleh pihak konsumen.  

Retur sendiri lebih mengacu pada pengembalian barang yang dilakukan oleh pihak konsumen atau juga pelanggan, lantaran barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Namun dalam hal ini pihak konsumen atau dalam hal ini kamu, dapat mengganti barang tersebut dengan barang yang sama, dengan kondisi yang lebih baik, dan sesuai pesanan.

Yang artinya, refund sendiri adalah pengembalian dalam bentuk dana, sedangkan untuk retur, pengembalian dan penukaran dalam bentuk produk.     

Artikel Lainnya