Mau Lanjut Kuliah S2? Simak 3 Hal Ini Agar Kamu Tidak Salah Langkah!

Yuk lanjut kuliah S2 via pexels.com
Waktu baca: 3 menit

Pendidikan merupakan salah satu investasi paling penting dalam kehidupan. Tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Itulah mengapa kita selalu dimotivasi untuk menempuh pendidikan dengan jenjang setinggi mungkin. Apalagi biasanya lulusan dengan jenjang pendidikan tinggi, seperti kuliah S2 misalnya, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Khusus bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu tidak boleh gegabah dalam memutuskannya. Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar bisa melakukan persiapan matang dan nantinya tidak salah langkah.

Jurusan kuliah yang akan diambil

Salah satu hal paling penting yang harus kamu pertimbangkan adalah jurusan bidang studi. Apakah kamu mau lanjut kuliah S2 dengan jurusan yang sama dengan kuliah S1 kamu? Atau justru kamu ingin mengambil bidang studi lain yang lebih membuatmu tertarik atau penasaran? Jika semata-mata tujuan kuliahmu hanya untuk mencari prestige, sebaiknya kamu menunda dulu niatmu tersebut.

Kebanyakan orang memang biasanya mengambil jurusan kuliah S2 yang linear atau sama dengan jurusan kuliah S1 mereka. Tujuannya untuk memperdalam ilmu yang sudah mereka dapat sebelumnya sehingga nanti saat terjun ke dunia kerja, mereka memiliki kemampuan yang lebih mendalam untuk diterapkan.

Nah, agar tidak salah pilih jurusan, kamu bisa melakukan riset dengan browsing internet atau bertanya kepada banyak mahasiswa yang sedang kuliah S2 di jurusan berbeda. Dengan begini, kamu pun akan mendapat banyak insight dan sudut pandang. Dari berbagai masukan tersebut, coba tulis daftar berisi jurusan mana yang paling membuatmu tertarik, lalu break down satu per satu kelebihan dan kekurangan jurusan tersebut.

Apa yang mau kamu lakukan setelah kuliah S2?

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu apa yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti. Coba renungkan lagi, sebetulnya apa sih yang ingin kamu capai atau apa yang akan kamu lakukan setelah memiliki titel Magister?

Bulatkan tekad kamu untuk S2 via hipwee.com

Bulatkan tekad kamu untuk S2 via hipwee.com

Misalnya, katakanlah kamu merupakan seorang lulusan S1 Ilmu Komunikasi. Namun, setelah kuliah kamu berencana untuk mendirikan bisnis sendiri. Nah, kalau sudah yakin dengan tujuan tersebut, kamu bisa melanjutkan kuliah S2 di jurusan Manajemen Bisnis, misalnya. Tidak ada yang salah dengan berpindah jurusan selama nanti saat kuliah S2 kamu konsisten menekuninya. Jadi, jika masih bingung menentukan jurusan kuliah S2, kamu bisa coba terlebih dulu mencari tahu tentang target setelah kuliah nanti.

Sumber pendanaan kuliah S2

Nah, ini dia hal yang biasanya membuat banyak orang jadi urung melanjutkan kuliah S2, padahal mereka sudah memiliki tujuan dan pilihan bidang studi yang jelas. Kuliah S2 memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya per semesternya bisa mencapai belasan juta, belum lagi harus membayar uang gedung dan berbagai buku. Sebetulnya memang tersedia cukup banyak program beasiswa untuk melanjutkan kuliah S2. Namun, mengingat saingan yang banyak, tentu kamu harus melakukan persiapan ekstra.

Alternatif lain tentu dengan membayar sendiri. Mengingat biaya yang tidak sedikit, mau tak mau kamu harus mengumpulkan uang sejak jauh-jauh hari. Nah, daripada hanya sekadar menabung, akan lebih baik lagi kalau kamu melakukan investasi. Nilai uang kamu bisa bertambah lebih banyak hingga periode waktu yang kamu tentukan sendiri. Artinya, kamu bisa menyesuaikan jumlah investasi dengan kemampuan finansialmu.

Jangan langsung mengerutkan kening mendengar kata investasi. Saat ini sudah banyak kok cara mudah untuk berinvestasi. Salah satunya melalui Klikcair, sebuah online platform peer-to-peer lending. Platform ini mempertemukan kamu dengan UMKM Indonesia yang sedang membutuhkan modal. Jadi, sambil berinvestasi untuk kuliah S2, kamu pun bisa sekaligus membantu UMKM di Indonesia untuk berkembang!

 

Itulah ketiga hal penting yang wajib Teman Klik pertimbangkan sebelum lanjut kuliah S2. Semoga kamu bisa segera menentukan bidang studi dan kampus yang tepat, ya!

You may also like...

Leave a Reply