Mengenal Tabungan Digital, Pilihan Tepat untuk Milenial

Tren Tabungan Digital Bagi Milenial
Waktu baca: 3 menit

Menabung kini tidak hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa mendatang. Lebih dari itu, bagi generasi milenial menabung juga merupakan gaya hidup positif. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi dan informasi pihak bank pun mulai menerapkan tabungan digital. Penerapan tabungan digital di Indonesia juga didukung oleh pemerintah. Hal ini dituangkan dalam Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum yang dikeluarkan pada 8 Agustus 2018 lalu.

Secara umum, tabungan digital dapat diartikan sebagai jenis tabungan yang pelayanannya serba digital. Mulai dari proses pembuatannya hingga melakukan setoran lewat transaksi digital. Untuk fungsinya sendiri, tabungan ini sama dengan tabungan konvensional pada umumnya. Mulai dari transfer uang, membayar tagihan, cicilan, dan transaksi keuangan lainnya. Dengan kemudahan yang ditawarkan tabungan digital lebih dilirik oleh generasi milenial. Mengenai keuntungan menggunakan tabungan digital akan diulas lebih mendalam pada poin berikutnya.

Keuntungan tabungan digital

Keberadaan tabungan digital sangatlah membantu generasi milenial dalam mengelola keuangan. Hal ini dikarenakan tabungan digital memiliki keunggulan yang lebih baik bila dibandingkan tabungan konvensional yang selama ini dikeluarkan oleh pihak bank. Setidaknya secara garis besar ada empat keuntungan tabungan digital yang bisa kamu rasakan manfaatnya.

1. Lebih mudah

Keuntungan pertama yang ditawarkan adalah memberikan kemudahan bagi generasi milenial yang ingin menabung. Bila dahulu kita harus pergi ke bank terlebih dahulu untuk membuat rekening, dengan tabungan digital kamu tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Kamu bisa membuka rekening di mana saja dan kapan saja asalkan memiliki koneksi internet yang baik. Caranya, kamu hanya membuka situs resmi bank yang akan kamu pilih lalu isi formulir yang sudah tersedia dengan baik dan benar.

Kemudahan yang bisa didapatkan oleh milenial bila menggunakan tabungan digital
Tidak hanya memudahkan untuk menabung tapi juga bertransaksi. Designed by fanjianhua / Freepik

2. Bebas menentukan jangka waktu

Kedua, kamu juga bisa bebas menentukan jangka waktu tabungan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Lewat cara ini, kamu masih bisa melakukan penarikan setelah tabungan tersebut dinyatakan jatuh tempo. Selain itu, keunggulan dari fitur bebas menentukan jangka waktu sendiri ini adalah kamu bisa dengan mudah mengelola keuangan. Semisalnya untuk prioritas, kebutuhan sehari-hari, hingga tabungan di masa depan seperti modal menikah dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Prinsip 10 – 20 – 30 – 40

3. Keuntungan dari bunga yang lebih besar

Selanjutnya, bunga yang ditawarkan pada tabungan ini cukup besar sehingga sangat layak untuk diminati oleh generasi milenial. Jika tabungan konvensional menawarkan bunga yang tak lebih dari 3% per tahunnya, maka tabungan digital bisa memberikan bunga hingga 5% setiap tahunnya. Tentu ini akan menggiurkan bagi generasi milenial dengan bunga yang cukup tinggi. Jadi, semakin besar uang yang kamu tabung maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi nantinya.

4. Dapat menghemat waktu

Keuntungan keempat atau yang terakhir adalah kamu bisa menghemat waktu. Seperti dijelaskan dari poin pertama, kamu tidak perlu mengantre untuk membuat rekening baru ke bank yang sudah dituju. Bila menggunakan tabungan konvensional mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengurus administrasinya. Beda halnya bila kamu menggunakan tabungan digital, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, maka waktu yang kamu miliki pun semakin banyak. Tidak perlu mengantre bahkan bisa diselesaikan dalam hitungan menit asalkan koneksi internet lancar. Kamu pun bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk kegiatan positif lainnya yang lebih bermanfaat.

Cara membuatnya yang semakin mudah

Membuat tabungan digital sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat tabungan konvensional. Hanya saja cara pengisian formulir dan kelengkapan dokumennya sedikit berbeda. Kamu cukup melakukan pengisian formulis lewat smartphone atau melalui komputer tanpa harus ke bank. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah website resmi dari bank yang memiliki tabungan digital pilihanmu
  • Setelah kamu membuka website bank tersebut, lalu muncul formulis pengisian. Di sini kamu perlu mengisi formulir dengan teliti dan benar dalam memberikan informasi dan data diri.
  • Jangan lupa untuk melampirkan bukti identitas diri yang masih berlaku dalam pembuatan tabungan agar disetujui oleh pihak bank. Identitas tersebut seperti KTP, SIM, paspor, maupun NPWP.
  • Kemudian, bila kamu selesai mengisi formulir dengan baik dan benar tunggulah beberapa saat sampai mendapatkan kode verifikasi dan nomor akun virtualnya.
  • Lalu masukkan kode verifikasi dan nomor virtual yang sudah dikirim untuk mengisi sejumlah uang setoran awal. Namun, beberapa bank tidak mewajibkan calon nasabahnya mengisi jumlah uang setoran awal ini.
  • Langkah selanjutnya, periksalah email yang kamu gunakan pada proses pengisian. Bila kamu sudah menerima konfirmasi resmi dari bank, itu artinya pembuatan tabunganmu sukses. Kamu pun bisa mengambil buku tabungan dan ATM di rekening terdekat.

Semakin mudah bukan bila kamu menggunakan tabungan digital? Untuk menjaga keuangan selain menggunakan tabungan ini, kamu bisa berinvestasi yang kini juga bisa dilakukan secara digital. Dengan demikian kamu lebih mudah mengelola keuangan dengan baik, mana uang untuk ditabung dan mana sebagian uang yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi.

You may also like...

Leave a Reply