Untung Rugi Bank Digital yang Masyarakat Harus Ketahui Lebih Dulu

Ilustrasi orang sedang menggunakan bank digital melalui handphone
Untung Rugi Bank Digital yang Masyarakat Harus Ketahui Lebih Dulu. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Sekarang ini, kemunculan bank digital semakin marak. Bahkan, bank konvensional yang sudah lebih dulu ada juga menawarkan layanan bank digital. Kamu sebagai pengguna harus bisa menimbang untung rugi bank digital ini sebelum akhirnya kamu menggunakan. Atau bahkan kamu punya rencana untuk meninggalkan bank konvensional dan berganti ke bank digital.

Yang jelas, kamu harus pastikan bahwa bank yang kamu pilih itu sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ini syarat yang tidak boleh ditawar lagi. Karena dengan memenuhi syarat ini, bank tidak akan melakukan kecurangan. Kalaupun melakukan kecurangan, bank akan mendapatkan sanksi dan hak kamu sebagai nasabah terlindungi.

Di sisi lain, kamu juga perlu tahu apa saja untung rugi bank digital. Dengan memahami dua sisi ini, kamu akan lebih obyektif dalam melihat bank masa depan ini.

Keuntungan Menggunakan Bank Digital

Ilustrasi transaksi melalui ATM
Keuntungan bank digital. Photo by @edhuschadesoares

Sebenarnya, tidak perlu penjelasan panjang mengenai yang satu ini. Semua orang bisa menebak kemudahan yang ditawarkan oleh pihak bank. Misalnya saja semua transaksi perbankan bisa dilakukan secara online. Kamu sebagai nasabah ketika ingin melakukan transaksi tidak perlu datang ke bank.

Bahkan, sudah ada layanan pinjaman online. Sebenarnya, ini sama dengan bank digital lainnya yang lebih awal yang tidak memiliki kantor cabang di berbagai kota layaknya bank konvensional yang mulai bertransformasi ke bank digital. Karena kesiapan masyarakat dengan layanan semacam ini, terutama pinjaman secara online, maka bank konvensional pun menawarkan layanan digital. Bukan tidak mungkin di masa depan mereka akan menjadi bank digital.

Beberapa bank konvensional juga sudah menyiapkan infrastruktur digital mereka agar bisa memberikan layanan seperti fintech. Jelas mereka tidak mau kalah. Jadi, hampir semua transaksi perbankan di masa depan akan dilakukan dengan digital. Ini membuat pelayanan jauh lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap Yang Perlu Diketahui

Kekurangan Menggunakan Bank Digital

Ilustrasi bank digital disalahgunakan.
Kekurangan bank digital. Photo by @frostroomhead

Dari sekian banyak kelebihan tersebut, ada juga kekurangan yang patut untuk kamu jadikan bahan pertimbangan. Apa saja itu?

  • Keamanan Data

Seperti yang banyak orang ketahui, dunia digital itu rawan sekali dengan masalah kejahatan atau yang sering disebut dengan cyber crime. Pernah dengar kan ada uang yang tiba-tiba hilang di tabungan? Atau ada kejadian di mana terjadi penipuan online di mana saldo disedot habis oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Hal ini berakar pada data pribadi. Pasalnya, oknum bisa mencuri data lalu menggunakan data tersebut untuk kepentingan yang merugikan pemilik data.

  • Ketergantungan pada Internet

Jika masyarakat sudah menggunakan bank digital, sudah barang tentu mereka mengalami ketergantungan pada internet. Karena layanan bank ini tidak akan bisa diakses tanpa adanya internet.

Yang dikhawatirkan adalah jaringan internet yang tidak stabil. Apalagi jika masyarakat pengguna bank digital berada di daerah terpencil yang mana jaringan internet tidak begitu lancar.

Belum lagi jika ada gangguan jaringan internet secara massal. Ini menjadi problem dan juga kekurangan tersendiri.

  • Belum Jelas Aturan dari Pemerintah

Sampai saat ini, pemerintah masih menggodok peraturan tentang bank digital. Karena belum ada payung hukum yang pasti, jelas ini belum begitu aman layaknya bank konvensional.

Itulah dua sisi dari bank digital yang harus kamu ketahui dan kamu jadikan bahan pertimbangan. Yang pasti, bank ini menawarkan kemudahan yang dibutuhkan oleh masyarakat modern saat ini. Namun, tetap saja ada hal kurang baik yang harus diantisipasi oleh siapa saja yang ingin memanfaatkan fasilitasnya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai