Begini Sovereign Wealth Fund (SWF) Bisa Membuat Investor Semakin Melirik Indonesia

SWF Indonesia Adalah
Begini Sovereign Wealth Fund (SWF) Bisa Membuat Investor Semakin Melirik Indonesia. Photo by Javaistan
Waktu baca: 3 menit

Setiap negara membutuhkan investasi untuk percepatan pembangunan. Begitu juga Indonesia. Untuk merealisasikan hal teresbut, maka pemerintah membuat SWF. SWF Indonesia adalah suatu hal yang membuat para investor lebih bergairah untuk menanamkan uang mereka ke sebuah investasi di Indonesia.

Sebenarnya, ini bukan hal yang baru dan aneh. Beberapa negara sudah melakukan hal yang sama, terutama negara-negara maju. Dan itu terbukti. Negara berkembang begitu cepat. Pembangunan berjalan lebih lancar. Hingga akhirnya masyarakatlah yang mendapatkan keuntungan.

Apa Itu SWF Indonesia?

Riset pasar
Pengertian SWF Indonesia. Photo by Pixabay

Agar kamu lebih tahu bagaimana SWF itu bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, ada baiknya pahami dulu apa itu SWF Indonesia. SWF Indonesia adalah Lembaga investasi yang memiliki satu tugas utama, yaitu mengelola aset yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Pengelolaan aset menjadi PR besar mengingat pemerintah selama kurang begitu memperdulikan pengelolaan aset ini. Banyak aset yang tidak tercatat. Ada juga aset yang tidak digunakan sebaik mungkin hingga akhirnya hanya membebani keuangan negara.

Dengan adanya lembaga tersebut, aset negara dikelola lalu dibuat agar semakin produktif. Karena produktif, maka para investor akan mau berinvestasi. Kenapa? Karena mereka bisa mendapatkan profit dari investasi di aset tersebut.

Baca juga: Apa Itu IHSG? Begini Penjelasan dan Cara Hitungnya

Tujuan Membuat SWF Indonesia

Prinsip kerja
Tujuan SWF Indonesia. Photo by Pixabay

Lalu, apa tujuan dari SWF Indonesia? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, peran utamanya adalah mengelola aset. Tujuannya adalah investor tertarik berinvestasi.

Apakah hanya sekedar mengelola aset membuat investor tertarik? Ini hanya jadi jalan masuk saja. Bayangkan jika kamu seorang investor yang tahu aset negara yang begitu produktif. Apakah kamu tertarik?

Bagaimana jika aset juga digunakan sebagai underlying atau aset turunan? Dengan ini, sudah pasti ada return atau imbal balik dari aset tersebut. Bukankah itu yang kamu inginkan sebagai seorang investor?

Jadi, bagaimana cara lembaga itu menarik lebih banyak investor? Pertama, mereka mengelola aset dengan baik. Kedua, mereka memastikan adanya return yang investor dapatkan.

Untuk meyakinkan hal tersebut, tentu saja harus ada edukasi kepada masyarakat. Dan ini sudah berhasil. Faktanya, sudah banyak investor yang berinvestasi. Bukan hanya investor asing tapi juga lokal. Jadi, salah besar jika ada yang menganggap SWF Indonesia itu hanya untuk menarik investor asing. Lalu aset negara dikuasai oleh orang dari negara lain. Salah besar.

Namanya investasi, tentu saja ada simbiosis mutualisme. Dalam hal ini, simbiosis dilakukan antara negara dan investor, entah itu investor asing maupun investor lokal.

Jenis Investasi yang Bisa Investor Pilih

Jenis-jenis investasi yang bisa dipilih. Photo by @mathieustern

Nah, setelah tahu SWF Indonesia, mungkin kamu tertarik untuk berinvestasi. Tunggu dulu. Kamu harus pahami juga dua jenis investasi yang bisa kamu ambil, yaitu master fund dan thematic fund.

  • Master Fund

Ini jenis investasi di mana uangnya didapatkan dari investor luar negeri. Jadi, uang yang didapatkan dari investor luar negeri tidak langsung masuk SWF Indonesia melainkan masuk dulu ke Master Fund. Baru kemudian dana tersebut akan digunakan misalnya untuk pembangunan jalan, tol, sektor energi, kesehatan, dan lain sebagainya.

  • Thematic Fund

Ini merupakan jenis investasi di mana kamu bisa melakukan investasi di aset tertentu. Mengapa jenis ini ditawarkan? Satu alasannya. Setiap investor pasti mempertimbangkan banyak hal ketika berinvestasi, seperti risiko. Makanya, dengan thematic fund, mereka bisa memilih investasi di aset mana yang mungkin menurut mereka risikonya rendah.

Setelah kamu tahu apa itu SWF Indonesia, sepertinya kamu lebih jelas melihat adanya kaitan antara investasi dan percepatan pembangunan negara. Jadi, ini bukan sekedar teknis meraup dana para investor. Lebih dari itu, ini juga tata Kelola aset. Karena ketika aset dikelola dengan baik agar lebih bermanfaat untuk masyarakat dan produktif, maka sudah pasti investor akan tertarik untuk berinvestasi.

Selama ini, cara ini yang belum dicoba. Bergantung pada hutang untuk pembangunan tidak boleh terus dilakukan. Cara yang paling tepat dan saling menguntungkan adalah dengan model investasi. Negara diuntungkan. Begitu juga masyarakat dan juga para investor.

Nah, sudah jelas kan sekarang mengenai SWF Indonesia?

Mungkin Anda juga menyukai