Mengenal CEO Terbaik Dunia 2019, Jensen Huang

Jensen Huang, CEO terbaik sepanjang 2019
Waktu baca: < 1 menit

Harvard Business Review baru saja merilis data 100 CEO (Chief Operating Executive) dengan performa terbaik di dunia sepanjang 2019. Jensen Huang menempati peringkat pertama menurut data yang dirilis tersebut.

Jensen Huang adalah seorang imigran Taiwan yang belajar teknik listrik di Oregon State dan Stanford. Ia juga merupakan salah satu pendiri perusahaan graphic processor unit, NVIDIA pada 1993. Saat itu, ia berfokus pada satu tujuan yakni membuat chip komputer yang kuat agar grafik dalam video games bisa bergerak cepat.

Ketika perusahaan itu melantai di bursa pada 1999, dan mulai tumbuh pada 2000-an, video game tetap menjadi mesin pertumbuhannya.

Lalu, para data scientist mulai menginginkan komputer untuk melakukan perhitungan yang jauh lebih canggih dan lebih cepat. Dengan begitu, NVIDIA mulai mengucurkan dana miliaran dollar Amerika Serikat untuk melakukan riset dan pengembangan untuk membuat chip yang mendukung artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Baca juga: Telobag, Kantong Berbahan Singkong yang Ramah Lingkungan

Hingga pada pertengahan 2010, chip AI telah mendominasi pasar. Chip itu mulai digunakan untuk mobil tanpa awak, pesawat drone, dan berbagai alat yang memiliki teknologi tinggi lainnya.

Adapun pertumbuhan perusahaan sudah sangat pesat. Hal itu terlihat dari grafik saham NVIDIA. Dari akhir 2015 hingga akhir 2018, saham perusahaan sudah tumbuh 14 kali lipat, sehingga menempatkan Huang yang berusia 56 tahun menjadi posisi teratas daftar CEO berkinerja terbaik di dunia tahun ini.

Menurut Harvard Business Review, peringkat ini tidak hanya didasari pada performa finansial saja. Namun juga pada peringkat lingkungan, sosial, dan kepemimpinan (Enviromental, Social, and Governance / ESG). Tahun ini, skor ESG memiliki bobot sebesar 30 persen dari peringkat final masing-masing CEO.

Sumber: Kompas.com

You may also like...

Leave a Reply