Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Mobil Baru

Membeli Mobil Baru via heineken.com
Waktu baca: 3 menit

Untuk memudahkan mobilitasmu, mungkin kamu mempertimbangkan untuk membeli mobil pribadi. Namun, mendapatkan mobil yang tepat merupakan hal yang cukup tricky untuk seorang pemula. Supaya tidak salah beli, kamu perlu memperhatikan beberapa hal ini sebelum membeli mobil baru untuk pertama kalinya.

Pahami kebutuhanmu

Sebelum membeli mobil baru untuk pertama kalinya, kamu harus memahami dengan baik kebutuhanmu. Apa yang akan kamu lakukan dengan mobilmu? Berapa orang yang kira-kira akan menggunakan mobilmu? Spesifikasi apa yang kamu butuhkan? Buatlah daftar pertanyaan semacam ini sebelum menentukan jenis mobil yang ingin kamu beli.

Dengan mengetahui kebutuhanmu, kamu dapat mengetahui jenis mobil apa yang tepat bagimu. Misalnya, kamu butuh mobil untuk mengangkut barang dagangan, maka mobil jenis pick up akan tepat buatmu. Jangan sampai salah membeli mobil hanya karena kamu tidak mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Kebutuhan mobil bagi keluarga via toyotamotors.ph

Kebutuhan mobil bagi keluarga via toyotamotors.ph

Tentukan budget

Kamu harus menentukan budget yang pasti sebelum membeli mobil baru untuk pertama kalinya. Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu, jangan terlalu ngoyo tapi jangan terlalu pelit juga. Pastikanlah mobil yang kamu inginkan ada dalam kemampuan finansialmu. Mengingat harga mobil yang tidak bisa dikatakan murah, usahakanlah untuk menjadikan pengeluaran tersebut berarti.

Setelah menentukan budget, kamu pun bisa mendapatkan gambaran mobil mana saja yang kira-kira sanggup kamu tebus. Bandingkanlah satu sama lain, apakah harga yang ditawarkan memang sesuai dengan spesifikasi yang ada. Tidak perlu buru-buru karena untuk mendapatkan mobil impian bukan merupakan suatu hal yang instan.

Perhatikan konsumsi bahan bakar

Kamu juga harus berpikir jauh saat pertama kali membeli mobil baru karena pengeluaran untuk mobil tidak berhenti pada saat kamu membeli mobil. Akan ada pengeluaran untuk pajak, pemeliharaan, dan konsumsi bahan bakar. Untuk bahan bakar sendiri, kamu harus memastikan dengan baik konsumsi bahan bakar mobil incaranmu.

Pastikan kamu mengetahui jenis bahan bakar apa yang digunakan oleh mobil, berapa yang harus dikeluarkan untuk mengisi bahan bakarnya, dan berapa kapasitas tangki mobil incaranmu. Hal ini dikarenakan kamu pasti akan selalu menggunakan bahan bakar untuk dapat menjalankan mobil. Jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah jika mobil tersebut ternyata boros bahan bakar.

Keamanan jangan sampai terlewat

Berkendara merupakan suatu aktivitas yang memiliki risiko tinggi, apalagi jika kamu berkendara di jalanan Indonesia yang tidak pernah sepi. Untuk itu, kamu tidak boleh melewatkan segi keamanan mobil yang kamu incar. Kamu tentu tidak ingin mengalami hal-hal yang membahayakan saat mengemudi, bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan secara teliti pada fitur keamanan mobil. Beberapa fitur keamanan yang harus ada pada mobil barumu adalah:

  • Airbag, yang akan melindungi bagian kepalamu saat terjadi benturan keras
  • Seatbelt, yang akan menahanmu saat mobil mengalami goncangan.
  • Auto-lock, yang dapat mengunci pintu-pintu mobil sehingga tidak akan terbuka saat mobil dijalankan.
  • Rem otomatis, yang berfungsi saat mobil kamu meluncur dalam medan  yang berbahaya.

Jika kamu tidak dapat menemukan fitur-fitur tersebut pada mobil incaranmu, jangan ragu untuk mencari mobil lain yang jauh lebih aman. Keselamatan harus menjadi prioritasmu saat berkendara.

 

Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli mobil untuk pertama kali. Mungkin terdengar sulit, namun kamu akan merasakan kepuasan tersendiri saat kamu berhasil mendapatkan mobil yang sesuai. Sekarang yang terpenting kamu menyiapkan budget terlebih dulu untuk membeli mobil impianmu. Agar uang bisa terkumpul cepat, kamu bisa berinvestasi di KlikCair, platform P2P lending yang memungkinkanmu untuk berinvestasi sambil memberdayakan UKM di Indonesia. Semoga tips di atas dapat mengantarkanmu pada mobil impianmu, ya!

You may also like...

Leave a Reply