Mengenal Lebih Dekat dengan Sustainable Investing

sustainbale investing indonesia
Waktu baca: 3 menit

Halo Teman Klik, pada artikel berikut, tim kami akan membagikan informasi yang sedikit serius tentang finansial. Eits, tapi jangan terlalu diambil pusing ya. Kamu hanya butuh konsentrasi untuk memikirkan dan menimbang hal-hal penting berikut ini! Apakah kamu mengenal tentang istilah sustainable investing? Apakah kamu pernah mendengar istilah investasi jangka panjang? Jika belum, atau masih samar-samar tentang informasi tersebut, artikel di bawah ini cocok buatmu nih!

Seberapa Penting sih Sustainable Investing?

sustainable investing yang perlu kamu ketahui ala klikcair via pexels.com
Sustainable Investing yang perlu kamu ketahui ala KlikCair via pexels.com

Tahukah kamu, di luar Indonesia, investasi berkelanjutan telah berkembang sangat pesat? Ternyata investasi berkelanjutan ini menjadi acuan investasi di pasar modal lho! Sementara di Indonesia masih sedikit atau terbilang jarang yang mengenal tentang investasi jenis ini.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), index sustainable mendapatkan respon positif dari pelaku pasar modal. Sayangnya, meskipun telah mendapatkan perkembangan positif, di Indonesia masih sedikit banget nih yang memiliki kesadaran dan pemahaman tentang sustainable finance dan investment. Ya, bisa dibilang melek soal hal tersebut masih relatif kurang.

Sayang banget ya, padahal bila sustainable finance dan investment berkembang pasti bermanfaat banget bagi banyak orang.

Roadmap sustainable finance ini sendiri telah diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Desember 2014. Nah roadmap ini digunakan sebagai panduan pembangunan keuangan dan pasar modal di Indonesia.

Sementara itu Indeks SRI-KEHATI yang merupakan Indeks untuk sustainable investment sejak diluncurkan beberapa tahun lalu. Kinerjanya selalu konsisten dan unggul dibanding indeks lain seperti Indeks Harga Saham Gabungan dan LQ45.

Bahkan telah banyak manager investasi yang menggunakan Indeks SRI-KEHATI sebagai basis portofolio investasi reksadana mereka lho Teman Klik. Kami beri contoh seperti RHB Asset Management Indonesia (RHB SRI-KEHATI Index Fund).

Peningkatan yang cukup tajam juga terjadi pada aset-aset yang menganut prinsip sustainable financing. Seperti PRI ( Principles for Responsible Investment) yang meningkat dari 6,5 Triliun Dollar pada tahun 2006 menjadi 68 Triliun Dollar pada 2017. Wah sebuah kabar baik ya. Semoga sustainable investing semakin berkembang ya Teman Klik. Sehingga investasi tersebut pun akan sangat berguna bagi kebutuhanmu di masa depan.

Baca juga: Mengenal Peluang Investasi Hijau di Indonesia

Oleh karena itu, diperlukannya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pasar modal untuk menghadapi tantangan ini sebagai pedoman investor dalam berinvestasi di berbagai sektor terutama pasar modal.

Oiya, kabar baiknya adalah roadmap keuangan berkelanjutan 2014 yang dikeluarkan oleh OJK dan kaidah-kaidah Sustainable Development Goals (SDG’s) bisa menjadi acuan bagi para pelaku menghadapi perkembangan investasi berkelanjutan di Indonesia. Jadi bagi kamu yang ingin bergabung dalam bidang investasi ini, bisa mengambil acuan tersebut.

Pemahaman yang salah soal investasi berkelanjutan

Selama ini pemahaman masyarakat Indonesia akan investasi berkelanjutan didasari oleh pemikiran sekedar menghindari saham-saham yang bermasalah. Bahkan banyak orang beranggapan instrumen pasar modal terbatas ketika melakukan investasi. Padahal asumsi tersebut tidaklah selamanya benar.

Lalu bagaimana sih investasi itu seharusnya bisa membantu kita untuk menawarkan bisnis dengan prospek yang tinggi? Tepat banget jika kamu tertuju kepada investasi berkelanjutan.

Selain asumsi yang salah seperti penjelasan di atas, penyebab lain faktor investasi berkelanjutan tidak berkembang yaitu anggapan tentang investasi berkelanjutan akan menghambat kinerja investasi itu sendiri.

Padahal faktanya adalah kerangka kebijakan investasi nasional pun sebetulnya sudah disiapkan oleh pemerintah Indonesia lho. Sehingga kamu toh tak perlu khawatir tentang investasi berkelanjutan berdampak buruk terhadap investasimu di masa depan.

Sekilas soal kasus sustainable investing di atas dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia nih, betapa pentingnya sustainable investing. Yuk pelajari lebih lengkap tentang sustainable investing! Serta jangan ragu memilih berbagai metode ataupun produk sustainable investing.

You may also like...

Leave a Reply