Cara Investasi Emas di Bank dan Tipsnya agar Cuan, Apa Saja?

Ilustrasi menabung emas di bank
Cara Investasi Emas di Bank dan Tipsnya agar Cuan, Apa Saja? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang populer dan sering dipilih sebagai instrumen investasi, termasuk oleh masyarakat Indonesia. Popularitasnya yang luar biasa kemudian melahirkan berbagai opsi cara investasi emas yang lebih beragam dan lebih mudah. Salah satu contohnya adalah keberadaan tabungan emas untuk investasi emas di bank.

Terlebih lagi, tabungan emas bisa jadi solusi buat kamu yang ingin investasi emas, namun dengan modal investasi yang minim. Soalnya, kamu bahkan bisa menabung emas dengan besaran 0,01 gram sekalipun. Kemudian, kamu bisa terus menabung – alias “mencicil” emas – sampai akhirnya “cicilan” emasmu lunas. Hanya saja, kamu perlu perhatikan kalau besar tabungan emas berbeda-beda bergantung kebijakan masing-masing bank, ya! 

Investasi Emas di Bank

Kalau begitu, bagaimana ya caranya investasi emas di bank? Meskipun beda bank bisa beda kebijakannya, secara garis besar semua bank menerapkan syarat dan cara investasi yang serupa. Dan buat kamu yang masih pemula dan baru akan mencoba investasi emas lewat tabungan emas, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menabung Emas

Ilustrasi emas batangan.
Cara menabung emas. Photo by Tirto

Secara garis besar, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk investasi emas di bank.

  • Pilih bank yang akan jadi tempat kamu menabung emas.
  • Cek dulu berapa harga emas hari ini. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengecek harga emas terkini adalah website resmi PT Antam di www.antam.com.
  • Cek apa saja persyaratan yang ditentukan bank tempat kamu akan menabung emas.
  • Siapkan semua persyaratan yang diminta. Biasanya, syarat investasi emas di bank adalah:
    • Warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 21 tahun.
      • Usia 21-55 tahun untuk pegawai.
      • Usia maksimal 60 tahun untuk wirausahawan atau profesional.
      • Usia maksimal 70 tahun pada waktu pembiayaan jatuh tempo untuk pensiunan.
    • Mempunyai e-KTP.
    • Mempunyai NPWP untuk pembiayaan dengan nilai tertentu.
    • Menyiapkan DP atau uang muka sebagian dari pembelian emas. Misalnya 20% atau 25% dari pembelian emas, tergantung kebijakan pihak bank.
  • Kunjungi bank penyedia layanan investasi atau tabungan emas dan ajukan pembukaan rekening.
  • Isi formulir pendaftaran yang disediakan oleh pihak bank.
  • Tentukan berapa berat emas (dalam gram) yang ingin kamu beli sesuai dana yang sudah kamu siapkan. Dengan sistem tabungan emas ini, kamu bisa beli emas dalam jumlah kecil, seperti 0,01 gram atau 0,02 gram.
  • Bayarkan biaya transaksi sesuai yang disyaratkan oleh pihak bank.

Kalau kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas, pada dasarnya kamu sudah menyelesaikan tahapan cara membuka tabungan investasi emas di bank. Bagaimana, ternyata gampang, kan?

Baca juga: Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Sama-Sama Menguntungkan

Tips Investasi Emas di Bank yang Cuan Buat Pemula

ilustrasi mengukur hasil investasi emas di bank
Tips investasi emas di bank yang cuan. Photo by Pixabay

Makin tertarik untuk mencoba berinvestasi emas lewat tabungan emas di bank, tapi masih ragu karena kamu masih pemula? Tenang saja, karena ada beberapa tips yang bisa kamu baca dan coba agar kamu bisa berinvestasi dengan tenang dan menguntungkan, kok!

  • Tentukan apa tujuan investasimu.

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan dulu kalau kamu tahu apa yang jadi tujuan investasimu. Intinya, untuk apa kamu investasi emas? Apakah untuk investasi di hari tua, tabungan pendidikan, atau tabungan pernikahan? Dengan begitu, kamu tahu berapa besar emas yang harus kamu investasikan tiap bulan agar tujuan investasimu bisa tercapai.

  • Ikuti perkembangan harga emas.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, meskipun harga emas cenderung meningkat, harganya sendiri bisa mengalami kenaikan maupun penurunan. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan momen saat harga emas turun untuk menambah investasimu agar keuntunganmu makin besar saat harganya kembali naik. Untungnya, sekarang kamu bisa cek harga emas harian dengan mudah lewat HP sekalipun. 

  • Investasi di bank yang terpercaya.

Langkah berikutnya yang juga harus kamu perhatikan agar investasi emasmu menguntungkan adalah memilih bank yang tepat dan terpercaya. Sebaiknya kamu pilih bank-bank besar yang sudah bekerja sama dengan PT Antam untuk jaminan yang lebih tinggi. Meski begitu, kamu juga tetap perlu memastikan kelengkapan dokumen dan sertifikat demi ketenangan hatimu.

  • Fokus investasi untuk jangka panjang.

Salah satu alasan popularitas emas sebagai instrumen investasi adalah harganya yang cenderung stabil. Meski begitu, investasi emas paling cocok dilakukan untuk investasi jangka panjang, alias di atas 5 tahun atau bahkan hingga di atas 10 tahun. Kalau kamu keburu ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat, investasi emas kurang cocok karena perbedaan harga emas biasanya tidak cukup signifikan kalau kurang dari 5 tahun.Itu dia rangkuman penjelasan mengenai tabungan emas sebagai solusi investasi emas yang mudah dan praktis. Jadi bagaimana, apakah kamu jadi semakin minat untuk mencoba investasi emas di bank?

Artikel Lainnya