Scarcity Adalah: Arti, Jenis-Jenis, dan Faktor Penyebabnya 

Scarcity adalah
Scarcity Adalah: Arti, Jenis-Jenis, dan Faktor Penyebabnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Pernahkah kamu mendengar istilah scarcity? Scarcity adalah suatu fenomena terjadinya kelangkaan, yang bisa saja terjadi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tentunya, scarcity memiliki dampak bagi semua orang.

Lalu, bagaimana sebenarnya penjelasan dari apa itu konsep scarcity? Apakah scarcity menimbulkan kerugian berkepanjangan? Berikut pembahasan mengenai apa itu scarcity dalam ekonomi.

Pengertian Scarcity

Pengertian scarcity adalah terbatasnya sumber daya yang merupakan kebutuhan bagi manusia. Scarcity terjadi karena permintaan dan penawaran tidak seimbang, sehingga permintaan terus naik, sedangkan penawaran atas kebutuhan tersebut sangat terbatas.

Contoh scarcity misal, seperti fenomena kelangkaan BBM yang sering terjadi. Atau fenomena kelangkaan masker dan hand sanitizer di kala pandemi COVID-19 dua tahun lalu. Keduanya merupakan contoh fenomena scarcity.

Jenis-jenis Kelangkaan

Sumber daya yang mengalami kelangkaan (scarcity) bukan hanya berupa produk saja, namun bisa sumber daya alam, atau bahkan jasa. Beberapa jenis scarcity adalah sebagai berikut :

1. Scarcity yang Disebabkan Oleh Permintaan

Jenis scarcity ini terjadi akibat permintaan dari masyarakat atas suatu produk atau sumber daya jauh lebih besar dibandingkan ketersediaan produk atau sumber daya tersebut. Dengan keterbatasan ketersediaan tersebut, permintaan dari masyarakat tidak dapat dipenuhi.

2. Scarcity yang Disebabkan Oleh Keterbatasan Sumber Daya

Scarcity jenis berikut terjadi akibat keterbatasan ketersedian sumber daya, namun permintaan dari masyarakat atas sumber daya tersebut normal (tidak mengalami kenaikan). Scarcity jenis ini biasanya dikarenakan oleh pencurian, kerusakan alam, dan lain sebagainya.

3. Scarcity yang Disebabkan Oleh Keterbatasan Struktural

Scarcity jenis yang terakhir diakibatkan pendistribusian sumber daya yang tidak merata di seluruh daerah. Sehingga aksesnya tidak merata dan terjadilah kesenjangan. Ini juga yang menyebabkan suatu daerah bisa lebih maju dibandingkan daerah lainnya.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Contoh Barang Komplementer

Faktor Penyebab Kelangkaan

Dari jenis scarcity yang telah dibahas, tentu terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan atas suatu sumber daya terjadi. Kenapa bisa terjadi scarcity? 3 faktor penyebab scarcity adalah sebagai berikut :

1. Sumber Daya atau Pasokan Berkurang

Sumber daya merupakan bahan dasar dari terbentuknya bahan baku. Jika pasokan sumber daya berkurang, maka scarcity menimbulkan kelangkaan pada bahan baku tersebut, karena bahan dasarnya tidak ada.

Faktor ini bisa disebabkan oleh diberlakukannya embargo, masalah politik, konflik dan perang, bencana alam, atau pasokan sumber daya tersebut berkurang karena memang tidak bisa diperbaharui sehingga harus digunakan secara efisien. 

2. Permintaan yang Mengalami Peningkatan

Faktor berikutnya adalah permintaan dari masyarakat yang meningkat, utamanya secara drastis. Permintaan yang meningkat tentu saja dikarenakan sumber daya yang kurang. 

Namun, bisa juga karena sumber daya tersebut ditimbun. Seperti saat tragedi kelangkaan masker saat COVID-19.

Dibutuhkan strategi tertentu untuk mengantisipasi dan memenuhi permintaan suatu barang yang mengalami peningkatan.

3. Adanya Faktor Perubahan Alam

Faktor terakhir terjadinya scarcity adalah adanya perubahan alam, yang tidak hanya terjadi karena ulah tangan manusia, namun juga karena bencana alam.

Kerusakan alam akibat manusia tentunya akan membuat sumber daya alam akan mengalami kekurangan dan menjadi langka. Itulah mengapa masyarakat harus mementingkan kesehatan alam sekitar. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan.

Adanya kebijakan reboisasi dan penebangan liar juga diharapkan mampu untuk menjaga keadaan alam. Berbeda dengan bencana alam yang bisa terjadi di luar dugaan manusia.

Dengan teknologi yang ada, tentunya ada beberapa bencana alam yang bisa diprediksi waktu terjadinya serta bisa dicari lebih cepat solusinya. Namun, bencana alam seperti gempa bumi akan sedikit sulit untuk dideteksi.

Bencana alam juga bisa menjadi faktor terjadinya scarcity, karena akses pendistribusian sumber daya menjadi terhambat.

Pentingnya Kelangkaan

Ternyata di sisi lain, ada hal penting dari terjadinya scarcity ini. Dalam ilmu bidang ekonomi, scarcity adalah salah satu strategi promosi marketing yang sangat bagus. 

Scarcity marketing adalah kegiatan promosi yang menggunakan konsep keterbatasan atas suatu produk. Dengan item yang dibuat secara terbatas, maka konsumen akan berpikir bahwa ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Jadi, konsumen akan berusaha untuk membeli dan memperoleh item tersebut meskipun harganya mahal. 

Selain itu, fenomena scarcity juga dapat memberikan kita pelajaran sebagai pengingat bahwa sumber daya, terutama alam, dapat dengan mudah habis. Kita sebagai manusia yang bijaksana harus memperhatikan hal tersebut dengan sangat concern.

Dengan adanya scarcity menimbulkan kepedulian masyarakat atas lingkungan alam bumi, tempat kita semua tinggal.

Mulailah melakukan kebiasaan hidup yang ramah lingkungan, seperti tidak banyak menggunakan barang berbahan plastik, menghemat listrik, dan juga menghemat bahan bakar kendaraan.

Hubungan Kelangkaan dengan Bisnis

Jika diperhatikan lebih dalam lagi, ada hubungan antara scarcity dalam ekonomi dan dunia bisnis. Dengan terjadinya kelangkaan, akan membuat para pebisnis untuk berpikir lebih kreatif dalam mengantisipasi kelangkaan tersebut.

Jika suatu sumber daya mengalami fenomena scarcity, maka pebisnis harus pandai memutar otak untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Sehingga pebisnis akan berpikir bahwa tidak cukup untuk mengandalkan satu sumber daya saja.

Diperlukan adanya sumber daya alternatif sehingga produksi suatu barang tetap berjalan dengan lancar, dan permintaan dari masyarakat selalu bisa terpenuhi.

Scarcity adalah fenomena yang cukup menjadi momok masyarakat secara umum. Namun dari terjadinya fenomena tersebut, kita juga bisa mengambil hikmah untuk dijadikan pembelajaran.

Sekian pembahasan mengenai apakah yang dimaksud kelangkaan (scarcity) dan hubungannya dengan perekonomian. Scarcity adalah konsep kelangkaan yang menjadi fokus dan tanggung jawab semua pihak. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya