Mengenal Pengertian dan Contoh Barang Komplementer

Ilustrasi contoh barang komplementer
Mengenal Pengertian dan Contoh Barang Komplementer. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Mungkin bagi banyak orang untuk bisa menyebutkan apa saja yang termasuk ke dalam jenis dari contoh barang komplementer cukup mudah untuk dilakukan. Namun pemahaman yang kamu miliki mengenai jenis barang ini secara pengertian mungkin masih belum cukup banyak. 

Apalagi jika memahami apa saja perbedaan barang komplementer dengan jenis barang substitusi lainnya. Maka dari itu, simak dahulu mengenai penjelasan dari jenis barang komplementer dengan lebih jelas dan mudah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Barang Komplementer

Ilustrasi contoh barang komplementer
Mengenal barang komplementer. Photo by @nickelinanoel

Pada bagian kali ini, akan diberikan penjelasan mengenai apa itu barang komplementer agar lebih mudah mengenalinya dan membedakan dengan barang substitusi yang ada.

Jika dilihat secara singkat, barang komplementer merupakan salah satu bentuk dari barang yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan penggunaan barang atau produk lainnya. 

Barang komplementer dapat dimaknai juga sebagai bentuk dua barang yang berpasangan antara satu dengan yang lainnya dan kedua barang tersebut bisa saling melengkapi satu sama lain.

Setelah membaca mengenai penjelasan yang telah diberikan pada paragraf sebelumnya, sudah jelas bahwa produk atau barang komplementer sebenarnya produk yang ada di antara kedua jenis produk yang lainnya dan memiliki ketergantungan di antara berbagai produk yang ada tersebut.

Ketergantungan ini terjadi bisa dari bentuk kebutuhan yang dimiliki oleh keduanya karena memang penggunaan yang ada sendiri membuat keduanya menjadi sama-sama dibutuhkan dan perlu untuk digunakan antara satu dengan yang lainnya. 

Tanpa adanya salah satu produk atau barang komplementer tersebut, maka fungsi yang dimiliki oleh barang lainnya tidak bisa didapatkan atau penggunaannya tidak maksimal.

Apabila pengertian dari barang komplementer ini sendiri dilihat berdasarkan segi permintaan  yang ada, tentunya produk untuk komplementer sendiri memiliki pengaruh yang cukup kuat antara satu dengan yang lainnya dan berdampak pada bentuk permintaan dari produk yang berada di pasaran itu sendiri.

Tidak mungkin bahwa konsumen  yang membutuhkan atau membeli barang tersebut hanya akan mendapatkan satu jenis saja dan meninggalkan pasangan dari barang yang digunakan tersebut. 

Dalam pengertian yang lebih singkat, barang komplementer memiliki nilai permintaan tinggi dan hal ini juga berhubungan dengan fungsi penggunaan dari barang lainnya yang terbilang cukup tinggi pula agar bisa digunakan dengan cara yang bersamaan.

Baca juga: 4 Barang yang Wajib Dimiliki Saat Musim Hujan

Mengenali Ciri Barang Komplementer

Ilustrasi contoh barang komplementer
Mengenal ciri barang komplementer. Photo by Pexels

Tidak hanya mengenai barang komplementer saja, saat kamu membaca mengenai materi ini tentunya pasti akan menemukan juga istilah atau setidaknya sedikit mendengar dengan yang dinamakan barang substitusi. Kedua barang pasti dibahas pula secara bersamaan atau berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu, agar bisa membedakan kedua jenis barang yang ada tersebut perlu untuk memahami apa ciri-ciri yang dimiliki oleh barang komplementer. Cara ini merupakan salah satu yang cukup mudah untuk dilakukan karena hal ini mampu untuk memperdalam pemahamanmu.

Berikut ini ciri-ciri barang komplementer yang dapat menjadi pembeda dengan barang subtitusi:

  • Barang komplementer dan barang lainnya saling bergantung atau berkaitan

Ciri pertama yaitu terletak pada bahwa barang komplementer dipastikan akan selalu saling bergantung fungsinya dengan barang lainnya. Agar keduanya bisa digunakan dengan maksimal, perlu untuk menggunakan pasangannya juga.

  • Nilai barang komplementer lebih kecil

Ciri kedua yaitu bahwa barang komplementer memiliki nilai barang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis barang yang lainnya. Namun meningkat setelah ada pasangannya.

Nilai dari barang komplementer menjadi naik dan meningkat ketika bersama dengan pasangan  yang ada. Hal ini seperti fungsi yang dimiliki oleh barang dapat tercapai dan terpenuhi dengan lebih baik lagi seperti tujuan awal yang dimiliki saat pembuatannya.

Hal ini pula yang menjadi faktor bahwa barang komplementer akan memberikan pengaruh terhadap permintaan yang dimiliki oleh para konsumen saat mereka berada di pasar itu sendiri. 

Selain itu, masih ada keterkaitan dengan penjelasan yang ada sebelumnya, barang yang dimiliki tersebut tidak bisa untuk berdiri sendiri dan fungsinya tidak didapatkan dengan maksimal sehingga perlu untuk memiliki pasangannya agar bisa berfungsi dengan lebih baik.

Kumpulan Contoh Barang Komplementer

Ilustrasi contoh barang komplementer
Contoh barang komplementer. Photo by Pixabay

Setelah sebelumnya dibahas secara panjang lebar mengenai pengertian serta ciri-ciri yang dimiliki oleh barang komplementer sendiri, kali ini akan mulai memasuki pembahasan mengenai beberapa contoh benda komplementer. Contoh ini bisa membuat kamu menjadi lebih paham dalam mendalami materi yang ada.

Contoh yang pertama yaitu terletak pada TV dan remote yang tentunya tidak bisa untuk dipisahkan satu sama lainnya karena nantinya fungsi yang dimiliki oleh TV itu sendiri tidak bisa didapatkan dengan maksimal. 

Remote control ada untuk membantumu sebagai pengguna TV agar bisa memindahkan channel dan menontonnya sesuai dengan selera tanpa perlu untuk merasakan kesulitan  tertentu.

Contoh yang kedua yaitu terdapat smartphone dengan kepemilikan paket data yang tentunya sekarang ini sudah seperti kebutuhan utama yang kamu miliki agar bisa menggunakannya dengan lebih maksimal. Kamu tanpa perlu untuk kerepotan dalam menggunakan perangkat yang lainnya.

Adanya paket data ini sendiri membuka akses untuk kamu bisa menggunakan internet dan melakukan browsing maupun memanfaatkan fitur yang ada di dalam smartphone itu sendiri dengan cara yang lebih mudah. Tentunya caranya efektif tanpa perlu untuk kebingungan dalam membuka laptop terlebih dahulu. 

Mungkin saja wifi memang ada, akan tetapi jaringannya sendiri tidak mudah untuk bisa ditemukan di mana saja sesuai keinginan yang kamu miliki.

Contoh dari barang komplementer selanjutnya yaitu dengan kompor dan gas yang tentunya sekarang ini di setiap rumah warga sudah memilikinya karena menjadi bahan utama untuk. Memasak apapun bisa menjadi lebih mudah dan tentunya sampai matang sehingga mampu menghindari diri dari konsumsi bakteri yang masih menempel pada makanan itu sendiri.

Keberadaan dari kompor gas ini sendiri tentunya tidak akan bisa memberikan fungsi yang dimilikinya dengan lebih baik apabila tidak dipasangi gas sebagai bahan bakar yang digunakan dalam menghidupkannya. Jika kedua barang tersebut dimiliki dengan lengkap, maka memasak di dapur bisa dilakukan dengan mudah untuk berbagai jenis makanan yang kamu sukai.

Artikel Lainnya