Cara Orang Kaya Belanja Cerdas Tanpa Bikin Bangkrut

Cerdas belanja seperti orang kaya
Waktu baca: 3 menit

Banyak yang tidak memedulikan cara belanja dengan cerdas. Mereka beranggapan bahwa saat belanja tidak perlu ribet memikirkan cara dan tips berbelanja. Belanja ya belanja aja. Padahal pemikiran seperti itu salah besar TemanKlik. Justru dengan mengikuti tips dan cara belanja dengan cerdas, kamu bisa berbelanja tanpa menghabiskan biaya yang banyak.

Biasanya, tips dan cara belanja cerdas ini lebih banyak diterapkan oleh orang kaya. Mereka selalu memperhitungkan semua pengeluarannya dengan matang agar tidak membuang uang dengan cuma-cuma. Apalagi mereka juga sadar untuk mencari dan mengumpulkan uang tidaklah mudah. Butuh kerja keras dan cucuran keringat yang tidak terhitung jumlahnya. Sehingga, saat sudah sukses mereka akan menghargai setiap rupiah yang dibelanjakan.

Lalu apa saja cara dan tips belanja cerdas yang biasa dilakukan orang kaya? Berikut lima di antaranya.

1. Buat daftar belanja

Buat daftar belanja
Buat daftar belanja agar membeli barang yang dibutuhkan. Photo by Pixabay

Sebelum berangkat menuju ke pusat perbelanjaan, sebaiknya kamu membuat daftar barang-barang apa saja yang akan dibeli. Jangan lupa, pastikan barang-barang itu adalah hal yang benar-benar dibutuhkan. Buat daftar belanjaan mulai dari barang yang paling penting dan yang sangat dibutuhkan terlebih dahulu hingga yang sifatnya tidak terlalu penting atau bisa dibeli nanti. Dengan membuat daftar belanja, maka kamu akan terhindar dari menghambur-hamburkan uang dan belanjamu akan lebih terarah.

2. Luangkan waktu lebih saat berbelanja

Luangkan waktu saat belanja.
Luangkan waktu saat akan berbelanja. Photo by Pexels

Saat berbelanja, kamu harus memiliki waktu yang luang. Hal itu dilakukan agar kamu tidak berbelanja dengan terburu-buru. Selain berisiko mendapatkan harga yang mahal, belanja terburu-buru malah membuatmu membeli barang yang tidak tepat. Maka dari itu, luangkanlah waktumu untuk berbelanja dan jangan lupa melakukan perbandingan harga antara toko yang satu dengan toko lainnya sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membeli barang tersebut. Hal itu dilakukan agar mendapatkan harga yang terbaik dan menguntungkan.

3. Manfaatkan promo dan diskon

Promo dan diskon
Manfaatkan promo dan diskon saat belanja. Photo by @Justinlim

Tidak ada salahnya saat berbelanja manfaatkan promo dan diskon yang ada. Apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini, semakin banyak aplikasi yang menawarkan promo dan diskon. Misalnya saja seperti OVO, Dana, GoPay yang memberikan cashback belanja. Maka dari itu, kamu tidak perlu malu untuk bertanya terkait promo atau diskon yang tersedia di suatu toko atau pusat perbelanjaan.

4. Belanja barang yang dibutuhkan

Belanja barang yang dibutuhkan
Utamakan belanja barang-barang yang memang kamu butuhkan. Photo by Rawpixel

Ini sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Memang membeli barang yang diinginkan tidak salah, tapi alangkah lebih baik jika kamu membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai uangmu habis untuk membeli barang yang diinginkan tapi lupa dengan kebutuhan yang harus jadi prioritasmu.

5. Jangan bawa uang banyak

Jangan bawa uang kebanyakan
Jangan bawa uang terlalu banyak saat akan berbelanja. Photo by @neonbrand

Dalam pengelolaan uang agar mencapai kondisi kebebasan finansial, disarankan menggunakan metode 50-20-30. Maksudnya ialah 50 persen dari gajimu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk menabung dan investasi, dan 30 persennya untuk gaya hidupmu termasuk belanja bulanan. Kamu juga harus membagi lagi dari 30 persen itu seberapa besar untuk nongkrong bareng teman, seberapa besar untuk belanja. Hal itu dilakukan agar kamu tidak mengambil uang dari pos pengeluaran lain yang sudah kamu bagi tadi. Maka dari itu saat belanja kamu harus membawa uang secukupnya agar tidak belanja dengan berlebihan.

Itulah lima cara dan tips belanja cerdas yang diterapkan orang kaya. Kelima hal itu bisa kamu tiru agar kamu tetap bisa menyalurkan hobi belanjamu tanpa perlu takut bangkrut atau dompet kosong nantinya. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan 6 hal ini saat belanja online agar tidak zonk.

You may also like...

Leave a Reply