Apa itu PAD dan Sumber-Sumbernya Lengkap

Apa itu PAD
Apa itu PAD dan Sumber-Sumbernya Lengkap. Photo by @towfiqu999999
Waktu baca: 4 menit

PAD merupakan kata yang familiar didengar tapi apa itu PAD belum tentu kamu memahaminya secara detail. PAD merupakan pendapatan daerah dari berbagai faktor yang saling mendukung.

Meskipun diketahui jika daerah mendapatkan dana dari pusat akan tetapi daerah sendiri memiliki sektor pendapatannya sendiri. Sektor ini menghasilkan dana yang dapat digunakan oleh daerah tersebut untuk pembangunan dan kemakmuran warga setempat.

Apa Itu PAD?

PAD singkatan dari Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari pengembangan kreativitas daerah itu sendiri untuk mendapatkan income. Dengan kekuatan ekonomi pada masing-masing daerah maka optimalisasi kekayaan alam sangat penting dilakukan.

Pendapatan daerah adalah aturan daerah dengan jumlah pungutan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Hal penting yang ada sangkut pautnya dengan PAD dan perlu kamu ketahui antara lain:

1. Mengurangi Desentralisasi

Adanya PAD akan mengurangi dampak desentralisasi yang bagus untuk pengembangan daerah itu sendiri. 

2. Didukung Penuh Pusat

Adanya PAD mendapat dukungan sepenuhnya dari pusat guna memaksimalkan apa yang ada di daerah yang bersangkutan. Dengan adanya pendapatan daerah dan pemahaman apa itu PAD maka lebih banyak dana didapat untuk kepentingan masyarakat luas.

3. Pusat Tidak Lepas Tangan

Meskipun pusat memberikan kewenangan penuh pada PAD tapi tidak akan lepas tangan begitu saja. Ada aturan dan ketentuan yang berlaku dengan adanya peraturan daerah dan tetap mengacu pada aturan pemerintahan pusat.

Dengan begitu ada kesinambungan dan tidak bebas begitu saja. Adanya keterikatan untuk lebih terencana lebih baik lagi sesuai aturan yang telah ada.

4. Sesuai Undang-Undang 

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang perimbangan pusat dan daerah. PAD merupakan penghasilan daerah yang ketentuannya tetap mengacu pada ketentuan perundangan Indonesia.

5. Boleh Mencari Pendapatan Sendiri

Setiap daerah berhak memperoleh pendapatan sendiri dari potensi daerah dan potensi lain sebagai sumber penghasilan. Lebih mendalami pengertian apa itu PAD tetap sesuai aturan yang telah disepakati berdasarkan acuan pemerintahan pusat.

6. Sebagai Sumber Keuangan Lain

Bisa dikatakan desa adalah tempat yang memiliki potensi untuk pengembangan dalam berbagai hal untuk peningkatan perekonomian. Dapat pula dijadikan pendapatan daerah sebagai sumber keuangan lain dan tidak hanya dana dari pusat saja.

7. Dari Daerah untuk Daerah

Dengan mengacu pada aturan yang telah ada dan tidak menyalahi ketentuan pusat maka pendapatan daerah digunakan untuk daerah yang bersangkutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Apa itu PAD mencakup banyak pengertian secara luas. Bagaimana PAD ini memiliki sumber untuk perolehan dananya dapat dilakukan dalam berbagai sektor. Baik dari daerah itu sendiri atau berbagai retribusi yang dikenakan sesuai aturan.

Baca juga: Penjelasan Sistem Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah

Sumber-sumber yang Mempengaruhi PAD

Dari mana pendapatan asli daerah diperoleh bisa dilihat dari kondisi dan wilayahnya. Masing-masing daerah memiliki kondisi yang berbeda dengan sumber pendapatan yang berbeda pula. Jenis-jenis pendapatan asli daerah dapat kamu lihat di bawah ini, yaitu:

1. Pajak Daerah

Pajak daerah merupakan iuran wajib yang dilakukan perorangan atau pribadi, sebuah badan usaha tanpa imbalan langsung guna membiayai penyelenggaraan pembangunan daerah. 

Jika tidak dibayarkan maka akan dilakukan penagihan agar kewajibannya terselesaikan dengan baik. Jenis-jenis pajak daerah ini antara lain:

  • Pajak hiburan
  • Pajak parkir
  • Pajak restoran
  • dan sebagainya

2. Retribusi Daerah

Pengertian daripada retribusi daerah sebagai pungutan terhadap orang, individu atau badan usaha kepada pemerintah daerah supaya pemerintah daerah memberikan izin. Izin sebagai pelayanan jasa tertentu yang dapat dirasakan langsung oleh pembayar retribusi.

Dari sinilah sebuah daerah, kota atau kabupaten mendapatkan peluang jenis retribusi selain hal lain yang telah ditetapkan. Tentunya dengan kriteria yang telah disesuaikan kebutuhan dan aspirasi warga setempat.

Sumber PAD retribusi daerah terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Jasa Umum

Retribusi jasa umum untuk keperluan masyarakat pada umumnya. Antara lain untuk pengadaan KTP dan akta kelahiran dan retribusi layanan untuk pemakaman.

Selain itu untuk pelayanan kesehatan, retribusi pelayanan jasa kebersihan, pengelolaan limbah dan yang lainnya.

Jasa Usaha

Pada umumnya retribusi jasa usaha berhubungan erat dengan fungsi komersial pemerintah daerah. Contoh yang utama adalah retribusi di area wisata, lokasi pelelangan, terminal, pasar, rumah hingga pemotongan hewan.

Perizinan Tertentu

Retribusi diperuntukkan oleh pribadi atau individu dan badan usaha setelah pemerintah daerah menyetujui izinnya. Praktik yang dilakukan akan terus diawasi dan tetap harus disesuaikan dengan aturan perundangan yang berlaku.

Apa itu PAD berhubungan erat khusus sektor pariwisata. Sektor ini memiliki dampak positif yang dapat dioptimalkan hasilnya. Dengan menggeliatkan sektor pariwisata ada keuntungan yang didapatkan, yaitu:

  • Tujuan utama sebagai pemasukan baik bagi daerah dan warga setempat. Tentunya karena wisata hubungannya dengan kuliner, hotel, rumah makan, biro perjalanan dan penyediaan cinderamata yang merupakan usaha masyarakat.
  • Membuka peluang kerja untuk masyarakat setempat. Sektor wisata merupakan pegembangan jangka panjang yang dapat dijadikan peluang kerja warga terdekat. Dengan demikian perekonomian warga akan terbantu dengan lebih maksimal.
  • Merangsang seni pertumbuhan budaya asli untuk kelancaran seni kreatif suatu daerah. Budaya lokal akan terjaga dengan baik seiring meningkatnya sektor pariwisata
  • Dengan sendirinya devisa negara akan bertambah seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Apalagi promosi yang dilancarkan gencar-gencaran dan ditunjang kemandirian kepariwisataan daerah.

3. Pendapatan Daerah Lain-Lain

Sumber pendapatan daerah berikutnya dari yang lain-lain dan tentunya sah. Kamu dapat melihatnya dari berbagai hal yang ada sangkut pautnya dengan jasa selain yang telah tersebut di atas. Contoh PAD yang sah ini di antaranya:

  • Pengelolaan kekayaan alam.
  • Jasa giro. 
  • Keuntungan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing dan komisi yang disediakan.
  • Berbagai potongan tertentu dari pendapatan daerah itu sendiri.

4. Hasil Pengelolaan Daerah yang Dipisahkan

Hasil ini berasal dari pengelolaan daerah yang dipisahkan. Adapun perusahaan daerah merupakan semua perusahaan yang didirikan dengan modal dari daerah. Baik modal secara keseluruhan atau sebagian.

Perusahaan dimaksudkan untuk menciptakan ruang kerja bagi warga setempat dan bermanfaat mengoptimalkan perekonomian warga. Rincian obyek pendapatan untuk:

  • Laba penyertaan modal milik daerah atau BUMD.
  • Laba penyertaan modal milik negara atau BUMN.
  • Laba penyertaan modal pada perusahaan swasta atau usaha masyarakat.

Dengan mengetahui sumber dari PAD ini kamu dapat melihat betapa optimalisasi potensi daerah serta sumber daya manusia menjadi hal penting. Mengetahui apa itu PAD secara rinci akan memberi wawasan baru buat kamu bagaimana daerah dapat memiliki dana dari kantong sendiri. Tentunya sesuai aturan dan perundangan yang berlaku dan mengacu pada aturan pemerintahan pusat.

Artikel Lainnya