Praktikkan, Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Bantuan Orang Dalam!

Praktikkan, Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Bantuan Orang Dalam!
Praktikkan, Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Bantuan Orang Dalam! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Begitu banyak cara mendapatkan pekerjaan meskipun tidak memiliki orang dalam. Menariknya, pekerjaan ini sesuai dengan impian. Mau?

Tidak dipungkiri lagi, peran orang dalam cukup besar dalam menemukan pekerjaan. Perannya akan membawa seseorang masuk ke dunia kerja dengan lebih cepat.

Meskipun begitu, masih ada kesempatan bagi seseorang untuk bekerja walaupun tidak memiliki koneksi orang dalam. Karena kenyataannya, sebuah perusahaan membutuhkan karyawan yang memang memiliki kompetensi di bidang pekerjaan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, mari pelajari bagaimana cara mendapatkan pekerjaan secara mandiri. Tentunya, pekerjaan yang diperoleh ini memang sesuai passion.

Baca juga: Sertifikasi Data Scientist Sangat Penting, Ini Program dan Kelas untuk Mendapatkannya!

Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Bantuan Orang Dalam

Mendapat pekerjaan tanpa bantuan orang dalam
Mendapat pekerjaan tanpa bantuan orang dalam. Photo by Pexels

Tidak ada salahnya untuk mengesampingkan jalur orang dalam ketika melamar pekerjaan. Karena, keberhasilan dalam melamar pekerjaan secara mandiri seakan membuktikan kualitas kamu sendiri.

Artinya, kamu memang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, kinerja di dunia kerja jauh lebih baik.

Bagi kamu yang hendak melamar pekerjaan secara mandiri, berikut ini tips bermanfaat yang dapat dimaksimalkan.

  1. Asah Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Salah satu hal yang diperhatikan dari calon pelamar kerja adalah skill/keterampilannya. Skill ini menandakan bahwa calon pelamar kompeten ketika ditempatkan di posisi yang dibuka.

Keterampilan ini pun akan sangat diutamakan. Ini mengingat perusahaan juga butuh seseorang yang benar-benar bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan.

Ketika ada dua pelamar yang melamar di posisi yang sama, maka seseorang dengan keterampilan yang baik tentunya akan diutamakan. Apalagi jika skill ini memang dikuasai sepenuhnya.

Mengingat keterampilan itu dibutuhkan dalam dunia kerja, kamu sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Latihlah keterampilan yang bisa mendukung jenis pekerjaan yang diimpikan.

Caranya bisa dengan mengikuti pelatihan di program-program online atau semacamnya. Ketika sudah selesai, kamu bisa melampirkan keterampilan tersebut dalam CV. Bahkan, bisa mendemonstrasikannya ketika interview.

  1. Manfaatkan Media Sosial untuk Mencari Pekerjaan

Cara mencari kerja yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan melihat berita lowongan pekerjaan. Informasi lowongan ini bisa didapatkan dari sumber apa saja.

Salah satu sumbernya adalah media sosial. Khususnya media sosial LinkedIn. Media sosial ini biasanya diisi oleh para pengusaha, direksi atau direktur mau pun HRD sebuah perusahaan.

Biasanya, para rekruter juga memiliki akun tersebut. Sebagian rekruter akan mencari tenaga kerja melalui media sosial tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai bagian dari cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan. Tentunya, lengkapi profil dengan informasi yang lengkap.

Sembari itu, temukan beberapa jenis pekerjaan yang dibagikan di media sosial tersebut. Pelajari kualifikasinya serta bagaimana cara melamarnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan kerja dalam waktu singkat.

  1. Perbaiki CV (Curriculum Vitae)

Kemampuan menyajikan informasi penting dalam Curriculum Vitae ini juga sangat diperlukan. Terlebih jika hendak melamar suatu posisi pekerjaan.

CV harus dibuat jelas dan menarik. Informasikan data diri dengan jelas. Kemudian, sertakan beberapa keterampilan yang dikuasai.

Ingat, pembuatannya harus singkat dan jelas. Karena, informasi inilah yang akan dicermati oleh rekruter atau HRD.

  1. Lamar Pekerjaan sesuai Skill

Kerja pakai orang dalam memang lebih cepat. Tetapi, terkadang kualifikasinya tidak sesuai yang diharapkan perusahaan.

Bisa saja, keterampilan dari seseorang ini masih kurang. Pada akhirnya, perusahaan akan mencari karyawan lain untuk menggantikannya.

Ketika kamu sudah memiliki keterampilan, beranikan diri untuk melamar pekerjaan tersebut. Tetapi, pastikan bahwa posisi pekerjaan ini memang sesuai dengan keterampilan.

Idealnya, perusahaan sudah menginformasikan tentang syarat bagi calon pelamar kerja. Kamu hanya perlu memenuhi persyaratannya. Kemudian, sertakan skill yang sebenarnya sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Apabila pekerjaan ini membutuhkan keterampilan tersebut, lamaran yang dikirim akan diperhatikan. Tidak menutup kemungkinan jika kamu akan segera dipanggil untuk interview.

  1. Riset Terkait Perusahaan

Apa yang perlu diketahui mengenai perusahaan? Ternyata, cukup banyak informasi yang harusnya dipelajari oleh calon pelamar pekerjaan.

Mencari tahu tentang CEO, HRD hingga bentuk management ternyata sangat penting. Setidaknya, informasi ini bisa menjadi gambaran sederhana ketika kamu sedang interview.

Contohnya ketika ditanya tentang perusahaan tersebut, kamu bisa menjawab secara lugas. Semakin memahami tentang perusahaan, pihak rekruter akan lebih tertarik. Karena, kamu dinilai mengenal budayanya dan seluk beluk dari perusahaan tersebut.

Di samping itu, mengenali tentang hal sederhana dari HR yang mewawancarai juga cukup baik. Setidaknya, ini bisa menjadi patokan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengannya.

  1. Jangan Pantang Menyerah sebelum Berhasil

Cara mendapatkan pekerjaan yang selanjutnya adalah tetap semangat. Berpikirlah positif dan tunjukkan semangatmu dalam memperoleh pekerjaan impian.

Ketika melewatkan satu kesempatan di perusahaan lain, segera cari tempat lain yang membuka lowongan pekerjaan di posisi yang sama. Beranikan diri untuk mengambil posisi tersebut.

Lakukan sampai berhasil. Karena, jerih payah dalam memperolehnya akan menjadi kebahagiaan tersendiri.

Ketika sudah berhasil, kamu dapat menjalani pekerjaan ini dengan lebih giat. Bahkan, ada komitmen untuk bekerja secara maksimal. Karena, kamu paham tentang effort yang dilakukan sebelum mendapatkannya.

Itulah beberapa cara mendapatkan pekerjaan meskipun tidak memiliki orang dalam. Intinya, kembangkan skill terlebih dahulu. Kemudian, riset lowongan pekerjaan di media yang tepat dan beranikan diri untuk mengambil kesempatan tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai