Sertifikasi Data Scientist Sangat Penting, Ini Program dan Kelas untuk Mendapatkannya!

Sertifikasi Data Scientist Sangat Penting, Ini Program dan Kelas untuk Mendapatkannya!
Sertifikasi Data Scientist Sangat Penting, Ini Program dan Kelas untuk Mendapatkannya! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sertifikasi data scientist merupakan sebuah bukti bahwa kamu memiliki semua keahlian yang diperlukan untuk mengelola data. Sertifikasi ini akan meyakinkan recruiter untuk menerima kamu sebagai karyawan di perusahaannya.

Data scientist sendiri merupakan profesi pekerjaan yang banyak diminati belakangan ini. Pekerjaan ini dilakukan oleh seorang expert. Dengan kemampuan mengumpulkan dan mengolah data, informasi penting untuk kemajuan bisnis bisa dihasilkan.

Karir di profesi ini pun sangat menjanjikan. Tidak mengherankan jika sebagian besar orang tertarik untuk menjalani profesi tersebut. Lantas, adakah program atau kelas untuk memperoleh sertifikasi data scientist?

Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi

Sertifikat dan sertifikasi ini terlihat mirip. Tetapi, kenyataannya istilah tersebut berbeda dalam hal makna.

Sertifikat sendiri merupakan sebuah bukti atas keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan pembelajaran. Artinya, kamu menjalani serangkaian pembelajaran yang sudah disediakan oleh instansi pendidikan atau semacamnya dalam kurun waktu tertentu.

Ketika kamu sudah menyelesaikan semuanya, kamu berhak mendapatkan sertifikat tersebut. Artinya, kamu sudah pernah mempelajari materi tersebut.

Berbeda dengan sertifikasi. Sertifikasi ini menjadi bukti bahwa kamu telah menyelesaikan serangkaian pelatihan, kemudian berhasil menyelesaikan ujian dengan hasil yang bagus. Setidaknya, kamu sudah mencapai nilai minimum.

Sederhananya, sertifikasi ini menunjukkan bahwa kamu memang kompeten di bidang tersebut. Dengan pencapaian tersebut, gelar akan diberikan sekaligus bisa disematkan pada namamu.

Tentunya, sertifikasi ini tingkatannya lebih tinggi dibandingkan sertifikat. Ketika kamu memilikinya, kamu bisa diperhitungkan sebagai tenaga profesional.

Baca juga: 7 Profesi dengan Prospek yang Menjanjikan di Masa Depan

Pentingnya Sertifikasi di Industri Data

Hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan orang yang berkompeten. Apalagi jika pekerjaannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data.

Hanya orang-orang berkompeten yang akan diprioritaskan untuk menjalankan tugas tersebut. Ketika recruiter menemukan orang tersebut dalam resumenya, maka orang tersebut akan diutamakan lantaran pengetahuannya lebih baik.

Tentunya, salah satu kepentingan dari sertifikasi di Industri data yang paling awal adalah diprioritaskan saat melamar pekerjaan. Karena, ini menjadi kriteria wajib dari suatu pekerjaan.

Ini bisa dicontohkan dengan adanya dua pelamar pekerjaan yang melamar pekerjaan di posisi yang sama. Seseorang yang memiliki sertifikasi di posisi tersebut tentunya lebih diuntungkan. Karena, recruiter akan menaruh perhatian lebih padanya.

Di samping itu, seseorang yang memiliki sertifikasi tersebut juga lebih baik dalam memperoleh penghasilan. Karirnya terus mengalami peningkatan. Pada akhirnya, penghasilan yang diperoleh akan semakin tinggi.

Jika kamu memang menginginkan untuk menjalani karir pekerjaan yang terus meningkat, maka tingkatkanlah kemampuan. Kemudian, kantongi sertifikasi sesuai bidang pekerjaan yang hendak digeluti.

Rekomendasi Program dan Kelas untuk Sertifikasi Data Scientist

Rekomendasi sertifikasi data scientist
Rekomendasi sertifikasi data scientist. Photo by Pexels

Hampir setiap orang ingin memiliki karir yang cemerlang. Skillnya dibutuhkan di sebuah perusahaan. Jika kamu menginginkannya, usahakan untuk memperoleh sertifikasi di bidang pekerjaan yang ingin digeluti.

Jika masih bingung terkait skill yang dibutuhkan di dunia pekerjaan, berikut ini rekomendasi sertifikasi yang dapat kamu pertimbangkan.

  1. Google Data Analytics Profesional

Salah satu rekomendasi terkait sertifikasi data scientist yang bernilai adalah Google Data Analytics Profesional. Ini menjadi program pembelajaran yang mana dibutuhkan di era teknologi.

Pembelajaran ini lebih fleksibel. Bisa dilakukan secara online sehingga membuat siapa saja dapat mengikutinya. Tepatnya, berpartisipasi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenali sebuah data.

Program ini sengaja disediakan untuk mengenalkan tentang analisis data secara komprehensif. Siapa saja dapat mengikutinya. Baik seseorang yang masih awam/pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Dalam program pembelajaran ini, pengajarannya berkaitan dengan cara membersihkan, memvisualisasikan hingga menganalisis data.

Begitu pula, belajar tentang bagaimana menggunakan SQL, Spreadsheet hingga pemrograman R. Pembelajaran seperti ini akan membuat seseorang lebih mahir sehingga siap terjun di dunia pekerjaan.

  1. Data Science on Google Cloud

Wawasan tentang data bisa didapatkan dengan mengikuti program pembelajaran Data Science on Google Cloud. Program ini juga telah berhasil menarik minat dari masyarakat. Karena, skill ini diperlukan dalam sebuah industri data.

Materi yang diajarkan berkaitan dengan manajemen data, analitik hingga machine learning. Nantinya, materi ini akan menghasilkan sebuah wawasan hingga memungkinkan seseorang dapat membuka value dari data yang ditampilkan.

Tentunya, data ini didapatkan dari pemanfaatan teknologi Google Cloud. Dengan begitu, hasilnya bisa didapatkan dengan cepat.

  1. John Hopkins Data Science Specialization

Program selanjutnya yang bisa kamu ikuti untuk memperoleh sertifikasi data scientist adalah program John Hopkins Data Science Specialization. Program ini sangat kompetitif. Ditenagai oleh pengajar dari profesional yang sudah terpercaya.

Program pembelajaran ini bisa mengajarkan tentang bagaimana mengajukan pertanyaan secara tepat. Kemudian, mengajarkan tentang bagaimana membuat sebuah kesimpulan sekaligus mempublikasikan analisis datanya.

Semakin menarik, kamu akan diuji dalam menerapkan keterampilan tersebut. Contohnya dengan membuat sebuah produk data melalui data yang diperoleh dari dunia nyata.

Banyak sekali yang bisa dipelajari di sini. Kamu bisa mengikuti program ini melalui platform Coursera. Kemudian, pembelajaran yang dilakukan berupa belajar mandiri.

Untuk mengikutinya, siapkan biayanya terlebih dahulu. Kemudian, tentukan lama dari kegiatan pembelajarannya.

Itulah beberapa program yang bisa kamu ikuti untuk memperoleh sertifikasi data scientist. Sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ingin digeluti. Dengan berbekal skill tersebut, kamu bisa diprioritaskan oleh recruiter saat melamar pekerjaan sekaligus diberi kesempatan untuk meningkat penghasilannya.

Mungkin Anda juga menyukai