Meal Plan Adalah: Pengertian dan Manfaatnya 

Meal Plan Adalah: Pengertian dan Manfaatnya 
Waktu baca: 4 menit

Meal plan adalah panduan pola makan yang dilihat berdasarkan kebutuhan energi dan zat gizi tiap orangnya. Kamu perlu menerapkan meal plan ini karena memiliki manfaat yang besar bagi tubuh dan bahkan bisa mencegah dari obesitas atau kegemukan. 

Lalu, bagaimana cara menerapkan meal plan ini? Untuk membuatnya, kamu harus memperhatikan apa yang dimaksud dengan makanan penukar. Makanan penukar merupakan bahan makanan yang ditukar dengan bahan lainnya yang memiliki zat gizi dan kalori yang sama.  

Mengenal Meal Planning 

Meal plan adalah rencana dari menu makan suatu keluarga dalam satu hari. Rencana dari makan ini dibuat dalam jangka waktu tertentu ada yang tiga hari, meal plan seminggu diet, sampai dengan sebulan. Namun, seringnya meal plan diet ini dilakukan per minggu. 

Dalam merencanakannya, kamu perlu membuat menu planning apa yang terbaik. 

Selain itu, penting juga untuk membuat daftar kebutuhan bahan apa saja yang diperlukan untuk meal plan. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan harga dari setiap kebutuhan bahan makanan yang hendak dibeli. 

Berikut ini adalah beberapa tips membuat perencanaan makanan dengan baik: 

1. Buatlah Perencanaan Apa yang Dikonsumsi  Selama Sepekan 

Tips pertama yaitu membuat jadwal menu makanan selama seminggu sekali. Hal ini dilakukan dengan berbelanja di akhir pekan. Setelah itu, cuci dan potong buah serta sayuran sehingga lebih sehat dan dibutuhkan jika diperlukan. 

2. Masak dalam Jumlah Besar 

Tips berikutnya dalam meal plan yaitu memasak dalam jumlah besar karena untuk beberapa hari kedepan. Kamu perlu menyiapkan makanan tersebut sebelumnya kemudian bekukan atau dinginkan. 

Lalu, tinggal dihangatkan kembali jika ingin memakannya. 

3. Libatkan Anggota Keluarga Lainnya 

Tips berikutnya yang perlu dilakukan yaitu melibatkan anggota keluarga lainnya agar penerapan meal plan menjadi lebih mudah dilakukan. 

Contohnya minta bantuan anak untuk mengatur meja, mengisi gelas, dan memasak bersama. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan bounding anak dan ibu. 

4. Beri Label Wadah Penyimpanan Makanan 

Tips terakhir yaitu memberi label pada setiap wadah penyimpanan. Tujuannya agar makanan yang kamu simpan dapat diketahui dengan mudah mana yang perlu segera dikonsumsi dan mana yang dapat disimpan dalam jangka waktu lebih lama. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Menu Point Coffee yang Enak

Manfaat Menerapkan Meal Planning untuk Gaya Hidup Sehari-hari 

Saat ini, sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya hidup sehat sehingga mereka menerapkan meal plan ini untuk perencanaan gaya hidup yang sehat. Meal plan adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan keluarga. 

Simak manfaat dari meal plan adalah sebagai berikut: 

1. Menghemat Waktu 

Apakah kamu sering terlambat makan atau tidak sarapan karena bekerja atau makan siang dengan makanan tidak sehat? Jika melakukannya, maka berhentilah sekarang juga. 

Banyak orang yang makan makanan tidak sehat karena sibuk bekerja dan tidak dapat mengelola waktu dengan baik. 

Namun, hadirnya meal plan adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu perlu melakukan perencanaan makan ini di akhir pekan, kemudian masak untuk beberapa hari kedepan. Lalu, bisa tinggal dihangatkan di microwave jika ingin memakannya. 

Dengan memasak sebelumnya ini akan menghemat waktu lebih banyak dibandingkan tidak melakukan perencanaan sama sekali. 

2. Menjaga Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi 

Manfaat meal plan adalah berguna untuk tubuh. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas dan berkembang. Nutrisi ini bisa terpenuhi dalam makanan yang biasa kita makan. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika meal plan ini bisa menjaga pemenuhan nutrisi pada makanan. Di dalam makanan memang terdiri dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, nutrisi tersebut bisa berkurang atau hilang jika cara masaknya tidak baik. 

Hadirnya meal plan ini membuatnya lebih terencana. Kamu bisa menentukan asupan apa yang diperlukan untuk tubuh dan bagaimana cara mengolahnya dengan baik untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tertentu yang kamu butuhkan. 

3. Lebih Hemat Dari Segi Pengeluaran 

Manfaat membuat meal plan berikutnya yaitu menghemat biaya pengeluaran harian untuk makan. Hal ini karena pengeluaran bulanan untuk dapur bisa berkurang jika membuat perencanaan menu makan tersebut dengan baik. 

Jika kamu sedang belanja bahan makanan, seringkali membeli bahan yang tidak diperlukan karena tidak ada perencanaan dalam belanja makanan. Dengan melakukannya, kamu tidak bisa mengontrol pengeluaran dan akhirnya lebih boros membelanjakan uang yang kamu miliki. 

Namun, dengan adanya meal plan membuat kamu mudah mengontrol belanjaan karena sudah ada daftar belanja yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Dengan demikian, kamu hanya akan membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. 

Itulah yang pada akhirnya bisa menghemat belanja bulanan lebih baik lagi. 

4. Mendukung Program Menurunkan Berat Badan 

Jika kamu sering gagal dalam menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan metode meal plan ini. Meal plan adalah perencanaan pola makan yang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Hal ini karena menu yang ada di meal plan ini adalah bahan makanan yang sehat dan mengandung nutrisi. Oleh sebab itu, makanan yang masuk bisa bermanfaat dan diserap oleh tubuh dengan baik sehingga mengurangi makanan berlebih dan tidak sehat yang masuk ke tubuh. 

Dengan menerapkan meal plan, kamu juga lebih mudah dalam menurunkan berat badan dengan baik karena tersedia perencanaan porsi makan yang harus diterapkan sehingga tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan. 

5. Mengurangi Makanan Terbuang 

Selanjutnya, manfaat meal plan adalah mengurangi risiko makanan terbuang sia-sia. Ketika menu makan dari suatu keluarga sudah diatur maka akan mengurangi makanan terbuang sia-sia. Bahan yang dibeli juga sudah diatur dengan baik sehingga akan sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, menerapkan meal plan juga membuat kamu lebih bisa mengendalikan produk apa yang akan dibeli. Berapa banyaknya orang yang tidak bisa mengatur makanannya dengan baik. Padahal, asupan makanan ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan. 

6. Memiliki Semangat Untuk Membuat Menu Makanan yang Baru 

Manfaat lainnya dari meal plan adalah membuatmu menjadi lebih termotivasi dalam mencoba menu makanan lainnya. Adanya meal plan ini akan membuat kamu lebih kreatif karena mencoba resep dengan bahan sehat dan bumbu yang belum pernah dicoba sebelumnya. 

Jadi, kamu bisa mencoba mendapatkan cita rasa yang baru sehingga keluarga tidak akan bosan dalam memakannya. Sudah banyak orang yang menjalankan meal plan untuk menu makanan keluarga sehari-hari. 

Hal ini justru bermanfaat untuk meringankan beban pekerjaan dapur karena umumnya cara masak meal plan terbilang sederhana dengan porsi yang sudah diatur. 

Dengan demikian, ini menjadikan kamu mengurus makanan dengan baik dan terjaga kesehatannya. 

Demikian penjelasan tentang meal plan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Meal plan adalah perencanaan makanan dalam beberapa waktu kedepan untuk pola hidup sehat.

Mungkin Anda juga menyukai