Daftar Menu Buka Puasa untuk 1 Bulan yang Mudah Dibuat dan Bergizi Tinggi

Daftar menu buka puasa untuk 1 bulan
Daftar Menu Buka Puasa untuk 1 Bulan yang Mudah Dibuat dan Bergizi Tinggi. Photo by KliKCair
Waktu baca: 3 menit

Pada bulan Ramadhan, biasanya umat Islam akan mulai mencari daftar menu buka puasa untuk 1 bulan. Dengan memiliki daftar menu, mereka akan lebih dipermudah ketika ingin menyajikan menu berbuka puasa. Mereka sudah punya list sehingga mereka tidak perlu bingung mau bikin apa saat berbuka puasa.

Apakah kamu sudah membuat daftar menu buka puasa tahun ini? Mungkin kamu akan sangat merindukan momen-momen buka puasa seperti 2 atau 3 tahun yang lalu. Ada banyak sekali tempat yang menyajikan menu takjil berbuka puasa. Ada juga yang bukber di luar. Namun, untuk tahun ini, sepertinya kamu tidak bisa melakukannya. Selama pandemi, sepertinya terlalu riskan jika harus sering keluar, apalagi berbuka di luar rumah.

Jadi, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan diri untuk bisa membuat menu buka puasa sendiri. Sudah siap?

Baca juga: Cari Tahu Tips-Tips Sehat Menjalani Puasa

10 Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat 

Saat puasa, ada banyak sekali keinginan. Ada yang ingin menu ini dan menu itu. Padahal, setelah berbuka, biasanya perut sudah kenyang. Dan akhirnya tidak semua makanan yang disiapkan dilahap. 

Akan lebih bijak jika kamu cukup menyiapkan menu makanan yang bergizi dan memberikan asupan energi lagi untuk tubuh. Selain itu, menu yang kamu buat sendiri di rumah juga termasuk menu makanan yang mudah dibuat.

Jika kamu mencari menu makanan dengan kriteria tersebut, berikut ini daftar menu buka puasa untuk 1 bulan yang bisa kamu buat untuk Ramadhan tahun ini:

  1. Semur Telur Puyuh

Membuat semur telur puyuh tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membeli telur puyuh yang bisa dengan mudah didapatkan di pasar. 

Lalu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuahnya apa saja? Bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih, bawang merah, gula, kaldu ayam, dan sedikit merica bubuk. Siapkan daun salam untuk menambah aroma dan juga kecap manis.

Menu semur telur puyuh ini tidak hanya lezat tapi juga bergizi. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur puyuh akan mengembalikan energi yang sudah terkuras habis selama 1 hari penuh berpuasa.

  1. Sayur Urap 

Suka dengan menu sayuran? Kamu bisa membuat sayur urap. Jenis sayur yang digunakan bisa seperti kacang panjang yang dipotong kecil-kecil,kol, wortel, dan lain sebagainya. 

Biasanya, sayur urap ini cocok sekali disandingkan dengan tempe atau tahu goreng. Kamu tidak perlu membuat sayur yang berkuah lagi. Cukup makan sayur urap dengan tempe atau tahu goreng.

  1. Tumis Buncis

Tumis buncis bisa kamu jadikan salah satu daftar menu buka puasa untuk 1 bulan Ramadhan di tahun ini. Apalagi cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan buncis yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil sesuai dengan keinginan. Bumbu yang harus disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan kecap manis.

Menu ini juga bisa kamu jadikan bisnis lho TemanKlik! Kamu bisa mengkombinasikannya dengan menu lain seperti telur dadar, ayam goreng, atau tempe goreng untuk dijadikan menu katering buka puasa. Nah, kalau kamu tertarik mengembangkan bisnis katering namun belum memiliki modal, yuk ajukan pinjaman modal bisnis ke KlikCair.

KlikCair merupakan Peer to Peer Lending PRODUKTIF yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Tertarik mendapatkan informasi lebih lanjut? Yuk hubungi kami dengan klik link ini.

  1. Sup Ayam

Kemungkinan besar, bulan puasa tahun ini masih dalam kondisi hujan. Jika cuaca dingin, akan lebih baik jika kamu buat sup ayam. Selain bisa menghangatkan tubuh, sup ayam juga mengandung protein yang tinggi.

Tambahkan juga ke dalam sup ayam beberapa sayuran agar vitamin dalam tubuh terpenuhi, seperti brokoli atau wortel. Jadi, kamu akan semakin siap menjalani siang hari untuk berpuasa selama 1 hari penuh dengan penuh semangat.

  1. Ayam Teriyaki

Selain dibuat menjadi sup ayam, ayam juga bisa dimasak menjadi ayam teriyaki. Ini jauh lebih mudah. Pasalnya, sudah ada bumbu instan yang bisa dipakai untuk membuat ayam teriyaki. Kamu hanya perlu menyiapkan ayam. Potong menjadi kecil sesuai dengan keinginan. Lalu masak dengan menggunakan bumbu instan teriyaki.

  1. Kolak Pisang

Tidak semua orang suka berbuka puasa dengan menu makanan berat. Ada yang lebih suka berbuka dengan menu yang relatif lebih ringan. Misalnya saja kolak pisang. Menu ini tetap saja mengenyangkan karena kandungan kalori dalam pisang sangat tinggi.

  1. Sayur Sop Bakso

Selain sup ayam, kamu juga bisa membuat sup bakso. Beli bakso di minimarket terdekat beserta bumbu baksonya. Siapkan juga sayuran yang kamu favoritkan, seperti wortel, kol, ataupun brokoli. Masak dan hidangkan saat berbuka puasa.

  1. Soto Ayam

Ingin menu buka puasa sehat tapi super lezat? Buat saja soto ayam. Kamu bisa membuat bumbunya sendiri. Namun, jika tidak ada cukup waktu, kamu bisa menggunakan bumbu instan untuk soto. Siapkan saja ayamnya. Masak ayam hingga matang lalu suwir kecil-kecil.

  1. Ca Kangkung

Ada yang bilang kangkung ini bisa bikin mengantuk. Memang ada fakta ilmiahnya. Namun, bukan berarti ini menu buka puasa yang salah. Asal tidak kebanyakan, kamu tidak akan mengantuk.

Membuat ca kangkung sangatlah mudah. Kamu hanya perlu siapkan kangkung dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai merah yang dipotong kecil-kecil. Tambahkan sedikit gula, garam, dan juga penyedap rasa. Itu saja yang kamu butuhkan. Sederhana sekali, bukan?

  1. Tumis Kacang Panjang

Selain tumis buncis, kamu juga bisa ganti menu lain, yaitu tumis kacang panjang. Bumbu yang dibutuhkan sama. Hanya bahan utamanya saja yang beda, yaitu kacang panjang.

Kamu harus tahu bahwa kacang panjang itu mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Ini akan membantu memulihkan tenaga yang habis karena selama 1 hari penuh kamu tidak makan.

Daftar menu buka puasa untuk 1 bulan tersebut bisa kamu buat secara bergantian. Jadi, kamu dan keluarga tidak merasa bosan dengan menu yang sama terus menerus. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya