Karakteristik dan Daftar Negara Maju 2022 Lengkap

Daftar negara maju
Karakteristik dan Daftar Negara Maju 2022 Lengkap. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Tentunya kamu masih ingat tentang daftar negara maju dan berkembang ketika masih di bangku sekolah. Masih ingatkah kamu akan daftar masing-masing negara yang masuk dalam kategori tersebut?

Perkembangan pesat membuat daftar dapat berubah sewaktu-waktu, meskipun tidak begitu banyak perbedaannya. Jika ingin mengetahui secara lengkap, ada dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Negara Maju

Penentuan negara maju dan berkembang ditentukan oleh Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita yang tinggi. Perlu diingat pula untuk mengetahui daftar negara maju ini harus memiliki pertumbuhan penduduk yang rendah.

Negara maju merupakan sebuah negara berdaulat dengan infrastruktur, teknologi dan ekonomi maju. Kemajuan dalam banyak sektor ini menyebabkan kualitas hidup masyarakatnya tinggi.

Negara-negara maju pada umumnya memahami bahwa bekerja sama akan menguntungkan banyak sektor. 

Kamu dapat melihatnya dari terbentuknya organisasi internasional. Di organisasi tersebut banyak anggotanya merupakan negara maju baik di Asia maupun di dunia. Negara maju bisa disebut juga dengan negara industri (industrialized country).

Negara semakin maju dengan industri canggih hasil meningkatnya produk ekonomi. Otomatis kehidupan masyarakat negara maju dapat dibilang lebih nyaman.

Daftar negara maju 2022 dengan tingkat perekonomian tinggi biasanya terbuka dengan kerjasama menguntungkan. Baik itu di tingkat ekonomi, industri hingga perdamaian dunia.

Negara maju atau berkembang di dunia dilihat dari tingkat ekonomi. Dari kualitas hidup penduduk dan tingkat pendapatannya. Dalam hal ini Indonesia termasuk negara berkembang, artinya akan terus tumbuh untuk lebih baik dari sebelumnya.

Karakteristik Negara Maju

Sebelum mengetahui daftar negara maju ada baiknya mengenal karakteristik dari negara industri ini. Negara maju (developed country) merupakan sebuah negara yang berdaulat dan memiliki karakteristik tertentu.

Secara lengkap karakteristik negara maju adalah sebagai berikut:

1.  Kualitas dan Standar Hidup Tinggi

Karakteristik pertama untuk negara maju di dunia dengan kualitas dan standar hidup tinggi. Standar hidup yang tinggi di dunia dilihat dari pendapatan per kapita yaitu US$9.000 hingga lebih dari US$20.000.

Begitu tinggi standar hidup warga negara maju terlihat dari tingkat kesejahteraan mereka. Baik untuk kesehatan, keamanan dan hal lain yang tentu membuat hidup lebih nyaman.

2. Ekonomi Maju

Perputaran ekonomi negara maju sangat tinggi dengan banyak pembaharuan dalam berbagai bidang. Semakin tinggi produktivitas membuat perekonomian sukses berkembang dengan cepat.

3. Infrastruktur Canggih

Hal ketiga dari karakteristik negara maju adalah memiliki infrastruktur canggih. Kecanggihan ini diikuti oleh kualitas baik material atau desainnya.

4. Teknologi Tinggi

Teknologi tinggi untuk memaksimalkan produktivitas secara maksimal. Produktivitas yang berkembang pesat meningkatkan perputaran ekonomi lebih optimal. Perekonomian dengan laju cepat seperti ini akan menghasilkan output tinggi dan penghasilan otomatis meningkat.

5. Tingkat Pendidikan Tinggi

Perlu kamu ketahui di negara-negara maju tingkat pendidikan tinggi sehingga sumber daya  manusia semakin meningkat. Penerapan dari hasil ilmu dan pengetahuan serta teknologi terhadap sumber daya alam akan memenuhi kebutuhannya sendiri.

6. Pertumbuhan Penduduk Rendah

Negara maju dan berkembang berbeda sekali dalam hal pertumbuhan penduduk. Kamu bisa mengetahuinya jika di negara berkembang peningkatan penduduk sangat pesat.

Berbeda dengan negara maju dengan pertumbuhan penduduk rendah. Bahkan ada yang minus karena usia muda lebih sedikit dari usia tua dan dewasa.

Hubungan HDI dengan Negara Maju

Kemajuan suatu negara tidak hanya dilihat dari tingkat perekonomian. Ada standar lain juga yang perlu kamu tahu yaitu pengembangan manusia. Hal ini penting diketahui sebelum mengetahui daftar negara maju secara lengkap.

Pengembangan manusia dengan tingkat keberhasilan diukur menggunakan HDI (Human Development Index). HDI bisa pula disebut dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Indikator yang digunakan mengukur suatu keberhasilan manusia pada tingkat standar hidup yang digunakan. Dari acuan tersebut maka dapat ditetapkan sebagai upaya untuk  mengkategorikan dari angka harapan hidup, standar harapan hidup dan angka buta huruf.

Tingkat kesejahteraan yang dihasilkan digunakan dalam kategori:

  • Less developed country atau negara miskin.
  • Developing country atau negara berkembang.
  • Developed country atau negara maju.

HDI yang digunakan untuk penentuan jenis negara miskin, maju atau berkembang juga digunakan sebagai alat ukur dalam melihat dampak kebijakan ekonomi dilihat dari kualitas hidup penduduk dalam suatu negara.

Pengukuran dengan HDI memiliki tiga dimensi dalam pendekatannya, yaitu:

1. Life Expectancy

Angka harapan hidup diukur dari sistem hidup sehat dan umur panjang.

2. Literacy

Literacy berhubungan erat dengan pengetahuan diukur melalui angka buta huruf.

3. Gross Domestic Bruto

Gross Domestic Bruto disingkat dengan GDP adalah standar kehidupan berupa daya beli masyarakat dalam dolar Amerika Serikat.

Tiga dimensi dasar di atas digunakan untuk perhitungan rata-rata kemajuan dalam sebuah negara. Urutan negara maju di dunia dapat kamu lihat pada kelanjutan tulisan ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Suatu Negara?

Daftar Negara Maju Berdasarkan PDB

Baik daftar negara berkembang atau maju memiliki tingkatan tersendiri. Dari sinilah daftar negara maju dan berkembang dapat dilihat sesuai hitungan dengan ketentuan yang diberlakukan. Menurut IMF (Dana Moneter Internasional) ada 3 kriteria yaitu:

  • PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita, berguna untuk menghitung barang yang diproduksi selama satu tahun kemudian dibagikan jumlah penduduk.
  • Diversifikasi ekspor, untuk menentukan dapat klaim negara maju atau tidak jika tingkat komoditas ekspor sangat minim.
  • Terintegrasi sistem keuangan secara global yang berhubungan dengan sistem lembaga keuangan secara luas.

Bagaimana dengan daftar negara berkembang menurut PDB? Terbagi dalam 5 Benua, antara lain adalah Albania, Indonesia, India, Argentina, Federasi Mikronesia, Afrika Selatan dan masih banyak lagi. 

Adapun daftar negara maju berdasarkan PDB menurut IMF adalah sebagai berikut:

1. Di Benua Eropa

  • Austria
  • Belanda
  • Belgia
  • Ceko
  • Denmark
  • Estonia

2. Di Benua Asia

  • Jepang
  • Hongkong
  • Israel
  • Korea Selatan
  • Makau
  • Taiwan
  • Singapura

3. Di Benua Amerika

  • Amerika Serikat
  • Kanada
  • Puerto Rico

4. Di Benua Australia dan Oceania

  • Australia
  • Selandia Baru

5. Di Benua Afrika

Khusus untuk benua Afrika, belum ada yang dapat dikategorikan sebagai negara maju.

Salah satu contoh negara maju di Asia adalah Jepang. Seperti diketahui Jepang terkenal canggih dalam hal teknologi. Sistem kerja dan karakter tepat waktu membuat negara tersebut melaju sebagai negara maju yang berkembang pesat.

Selain itu pada tahun 2022 ini Korea Selatan juga telah masuk dalam urutan negara maju. Teknologi di negara tersebut memang berkembang cepat. Tentu kamu tahu juga jika di bidang seni sangat populer seperti drama Korea, karyanya dikenal di seluruh dunia.Baik negara maju atau berkembang tetap  memiliki kriteria sendiri. Daftar negara maju dapat jadi acuan dan dijadikan contoh untuk lebih baik lagi.

Artikel Lainnya