Pentingnya Tingkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Meningkatkan kecerdasan emosional
Waktu baca: 3 menit

Peran kecerdasaan emosional menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang di bidang pekerjaan yang digelutinya dan memiliki posisi yang sangat krusial. Pasalnya, hal itu menjadi sebuah batu loncatan untuk memiliki hasil kerja yang bagus dan berkualitas. Baik atau tidaknya hasil suatu pekerjaan terpengaruh dari bagaimana cara seorang karyawan mengatur kecerdasaan emosinya.

Bagi yang belum tahu, kecerdasan emosional atau emotional intelligence (EI) adalah kemampuan seseorang untuk memahami tingkat emosi, baik emosi diri sendiri maupun orang lain dengan tujuan menjaga kesehatan mental dan fisik. Seseorang dengan EI yang tinggi cenderung bisa mengontrol emosi baik saat marah, sedih, dan lebih peka dengan perasaan orang lain. Dengan begitu, biasanya mereka akan lebih cermat dalam mengambil keputusan.

Umumnya, tiap-tiap orang memiliki tingkatan emotional intelligence yang berbeda. EI yang bisa dikelola dengan baik akan menghasilkan kemampuan akademik yang baik juga. Hal itu senada dengan hasil riset yang menjelaskan emotional intelligence jika bisa dikelola dengan baik selama bekerja akan membuatmu jadi lebih produktif dan kesehatan fisik serta mentalmu meningkat.

Cara tingkatkan emotional intelligence

Dengan membaca penjelasan di atas, sudah dapat diketahui seberapa pentingnya emotional intelligence di dunia kerja. Maka dari itu, kamu harus bisa meningkatkan hal itu, dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Perhatian dan kepedulian

Perhatian dan kepedulian kepada rekan kerja merupakan bentuk kecerdasan emosional
Perhatian dan kepedulian terhadap rekan kerja meningkatkan emotional intelligence. Photo by @josealjovin

Seiring dengan kemajuan teknologi, sering kali kita tidak memikirkan orang lain bahkan tak memahami kondisi lawan bicara. Bahkan, kini semua dinilai hanya berdasarkan apa yang ditulis di media sosial yang dimiliki oleh masing-masing orang. Maka dari itu, perhatian dan kepedulian sangat penting dimiliki. Dengan kedua hal itulah yang membedakan antara satu orang dengan lainnya.

Kepekaan

Peka dengan membantu rekan kerja
Membantu rekan kerja yang sedang kesusahan dengan pekerjaannya. Photo by Pexels

Kepekaan seseorang dengan orang disekitarnya sering kali berkurang saat sedang terlalu fokus dengan pekerjaannya. Maka dari itu, mulai sekarang coba untuk lebih peka dengan orang di sekitarmu, apalagi saat di kantor. Kamu bisa menawarkan bantuan jika rekan kerjamu sedang mengalami kesulitan mengerjakan suatu hal.

Manfaat emotional intelligence

Setelah mengetahui cara meningkatkan IE, inilah ada beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan.

Lebih produktif

Lebih produktif
Bekerja lebih produktif karena bisa mengendalikan kecerdasan emosional. Photo by Rawpixel

Manfaat pertama yang kamu dapatkan ialah bisa bekerja dengan lebih produktif. Misalnya saat kamu sedang mengerjakan pekerjaan dan merasa kewalahan, lalu mendapat bantuan orang lain maka hal itu jadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa jadi lebih produktif lagi karena tidak terlalu dibebani tugas yang diberikan.

Tepat dalam mengambil keputusan

Ambil keputusan dengan tepat
Bisa mengambil keputusan dengan tepat. Photo by Rawpixels

Dalam mengambil keputusan, kamu jadi lebih peka dengan kondisi psikologis seseorang. Selain itu, kamu juga tidak serta merta mengambil keputusan yang merugikan orang lain.

Itulah hal yang bisa kamu ketahui terkait kecerdasan emosional di tempatmu bekerja. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan prinsip kerja agar lebih bahagia dan sukses. Dengan begitu, kamu tidak akan salah mengambil keputusan dan bisa bekerja lebih produktif.

You may also like...

Leave a Reply