Prinsip Kerja yang Diterapkan Agar Lebih Bahagia & Sukses

Prinsip kerja yang bisa diterapkan agar sukses dan lebih bahagia.
Waktu baca: 3 menit

Adaptasi di lingkungan kerja bagi para fresh graduate bisa dikatakan agak sulit. Salah satu alasannya karena kurang kuatnya prinsip kerja yang dimiliki. Sebenarnya, untuk membentuk prinsip kerja yang kuat membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Kamu harus melewati banyak halangan, rintangan, dan pengalaman sebelum mendapatkannya.

Jadi jangan terlalu minder kalau kamu belum memiliki prinsip kerja yang kuat pasalnya hal tersebut juga banyak dialami oleh banyak pekerja di luar sana. Tapi, kalau kamu sudah melewati banyak pengalaman niscaya hal itu bisa dengan mudah tercapai.

Jika kamu ingin lebih cepat untuk mendapatkan prinsip tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa hal di bawah ini agar bisa lebih bahagia dan sukses.

Punya tujuan hidup

tujuan hidup
Menetapkan tujuan hidup agar prinsip kerja makin kuat. Photo by Pixabay

Dengan bekerja kamu tidak hanya mencari kekayaan, namun kamu juga harus bisa mengejar tujuan hidup yang diimpikan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi dampak yang negatif saat menjalani kariermu seperti galau, produktivitas berkurang, bahkan sampai ingin resign dari kantor.

Untuk mencegahnya, kamu harus tahu tujuan yang ingin dikejar seperti apa. Setelah itu, kamu bisa mencatat tujuan apa yang mau diraih dan waktu yang dibutuhkan untuk meraih hal itu.

Fokus dalam mengejar tujuan

Fokus dalam pekerjaan
Dalam menjalani kehidupan kamu harus fokus. Photo by @chaseelliottclark

Kamu harus bisa fokus dalam mengejar tujuan yang sudah kamu miliki. Jangan mudah goyah walaupun banyak godaan yang menghadang. Dengan fokus, kamu bisa menjalani rencana hidup yang sudah disusun dengan mulus.

Tentukan standar diri

Standar hidup
Menentukan standar diri agar tidak mudah terbawa arus trend kekinian. Photo by Pixabay

Kamu harus memiliki standar tersendiri di bidang karier maupun dalam kehidup pribadi dan jangan mudah terbawa tren kekinian. Sebagai contoh, jika pekerjaanmu mengharuskan meraih target, maka kamu harus setidaknya bisa sesuai dengan target atau bahkan bisa melebihi target yang ada. Selain itu, kamu juga bisa mulai menyelesaikan suatu proyek yang ada erat kaitannya dengan usaha pribadi milikmu.

Berusaha mengatakan tidak

berusaha berkata tidak.
Berusaha mengatakan tidak saat ditawari suatu hal yang diluar kemampuanmu. Photo by @zanilic

Kamu harus menyadari, setiap orang pasti punya keterbatasan dalam melakukan suatu hal. Maka adalah suatu hal yang lumrah jika kamu menolak sesuatu. jangan lah jadi “yes man” yang mana hal itu justru akan merugikanmu. Jadi, beranikanlah dirimu untuk mengatakan tidak pada suatu hal yang kamu kurang yakin untuk dijalani.

Jaga kesehatan

Jaga kesehatan agar prinsip kerja yang kamu miliki kuat
Menjaga kesehatan sangat penting untuk menunjang kesuksesan dan kebahagiaanmu. Photo by Pixabay

Menjaga kesehatan menjadi hal penting untuk dipertimbangkan sejak awal. Kondisi yang badan yang sehat pasti akan mendukung jalannya aktivitas harianmu. Namun, jika kamu sakit malah bisa menjadi penghalangmu. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan saat kamu harus dirawat di rumah sakit. Maka dari itu, alangkah baiknya menjaga kesehatan dengan rajin olahraga serta makan-makanan yang sehat.

Ambil cuti untuk liburan

Ambil cuti
Ambil cuti untuk liburan agar kamu bisa melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Photo by Pexels

Cuti merupakan hak bagi karyawan yang diberikan oleh setiap perusahaan di Indonesia. Sebagai karyawan, kamu bisa mengambil hal itu kapan saja. Agar jatah cutimu efektif, kamu bisa gunakan untuk liburan entah sama keluarga atau teman atau bahkan sendirian. Dengan liburan, setidaknya bisa melepas penat dan membuat hati semakin bahagia.

Baca juga: Cara Seimbangkan Hidup dan Karier Agar Tidak Alami Burn Out

Dengan menjalankan prinsip seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa merasa lebih bahagia dan cepat dalam meraih kesuksesan kedepannya. Hal itu tidak perlu dilakukan secara bersamaan. Kamu bisa melakukannya satu persatu dari yang paling mudah terlebih dahulu. Yang penting, kamu konsisten sehingga hasil yang diraih bisa memuaskan. Terus semangat TemanKlik!

You may also like...

Leave a Reply