Cara Menyusun Contoh Rencana Masa Depan Sesuai Tujuan, Percaya Itu Kuncinya!

Contoh rencana masa depan
Cara Menyusun Contoh Rencana Masa Depan Sesuai Tujuan, Percaya Itu Kuncinya!. Photo by @glenncarstenspeters
Waktu baca: 3 menit

Seperti apa contoh rencana masa depan impianmu? Saat membicarakan masa depan, tidak sedikit orang dibuat khawatir dan kebingungan. Hal tersebut cukup wajar karena memang banyak hal harus dipikirkan dan dipertimbangkan. Lantas, sudahkah kamu menyusun rencana masa depan?

Cara Menyusun Rencana Masa Depan

Buat rencana matang.
Cara menyusun rencana masa depan. Photo by Pixabay

Adanya kemungkinan rencana tidak terealisasi seringkali membuat seseorang malas memikirkan masa depan, jadi asal mengalir saja. Meski benar ada risiko kegagalan rencana tetap harus dibuat agar kamu bisa berjalan terarah. Tidak perlu bingung atau merasa terintimidasi, berikut langkah-langkah menyusun rencana masa depan yang sebaiknya kamu coba:

  • Menentukan Tujuan

Dalam cara menyusun contoh rencana masa depan pertama-tama kamu perlu menentukan tujuan. Tujuan diperlukan agar kamu memiliki arah yang ingin ditempuh. Sebagai contoh, kamu mengendarai sepeda motor tapi tidak memiliki tempat tujuan. Adapun yang akan kamu lakukan hanya berputar-putar berkeliling menghabiskan tenaga, waktu, dan bahan bakar percuma. Demikian pula dengan hidup yang tidak memiliki tujuan.

Mulai sekarang tetapkan apa yang menjadi tujuanmu. Kamu bisa membuat tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Sebagai contoh sekarang kamu baru saja diterima masuk universitas, maka tujuan jangka pendek yang bisa dibuat adalah mendapat IPK baik setiap semesternya dan bisa lulus cumlaude dalam waktu 4 tahun atau malah 3,5 tahun.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Malas Belajar

  • Motivasi dan Mindset Positif

Dibutuhkan tekad dan mindset positif untuk bisa merencanakan masa depan yang sukses. Tekad ini harus kamu imbangi dengan motivasi tiada henti. Kamu bisa terus memberi suntikan motivasi dengan banyak hal, mulai dari mempelajari kisah inspiratif tokoh-tokoh sukses, mempelajari pola pikir mereka, dan motivasi paling dekat adalah keluarga. 

Motivasi sangat dibutuhkan dalam menyusun rencana-rencanamu yang luar biasa. Motivasi adalah pendorong yang akan membuatmu tidak mudah puas meski sudah mencapai sesuatu, tapi di sisi lain tetap membuatmu yakin dan percaya karena itu kuncinya.

Jadikan keluarga sebagai tujuan utama yang ingin kamu buat bangga dan bahagia. Jika kamu selalu ingat akan hal ini rasa lelah atau malas pasti akan terkalahkan dengan rasa semangat. Niatan jahil untuk menjadi anak nakal pun akan sirna dan membantumu kembali fokus dengan tujuan utama.

  • Mengetahui Bakat Diri dan Mengembangkannya

Sampai langkah ini sudah seharusnya kamu mengetahui bakat diri dan berupaya mengembangkannya. Karena hal ini cukup menentukan dengan pekerjaan apa yang bisa kamu miliki di kemudian hari. Pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan akan membuatmu merasa lebih enjoy dalam melakukannya. Risiko stress pun bisa ditekan.

Contoh rencana masa depan yang sudah dipersiapkan sejak dini misalnya, kamu memiliki bakat menulis dan kini tengah menempuh studi di jurusan sastra atau bahasa artinya sudah berada di jalur yang tepat. Kamu bisa melanjutkan profesi menjadi dosen sastra ataupun penulis di kemudian hari disesuaikan dengan minatmu.

Bagaimana jika kamu sudah terlanjur kuliah atau bekerja yang tidak sesuai dengan minat? Tidak ada kata terlambat untuk merencanakan masa depan. Kamu bisa tetap bisa melanjutkan kuliah atau bekerja seperti yang dilakukan sekarang. Jika sampai waktunya kamu memiliki modal untuk mandiri bisa mulai bekerja sesuai passion yang akan membuatmu begitu produktif. Akan tetapi, pada langkah ini kamu harus bisa membedakan antara passion dan hobi.

  • Sensitif Terhadap Perkembangan Tren

Menyusun rencana masa depan juga harus disertai dengan sensitifitas tinggi akan perkembangan tren. Apalagi perkembangan teknologi begitu memberi perubahan besar dalam kehidupan. Tidak dipungkiri sejumlah pekerjaan yang semula bisa dilakukan manusia mulai tergantikan dengan mesin, dan kini mulai hilang.

Karenanya miliki cita-cita yang fleksibel dengan perkembangan jaman. Selalu ingat dan upayakan dengan kerja keras agar cita-cita tersebut tercapai. Susun daftar hasil pemikiran tentang cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk mencapai cita-cita. Pertimbangkan kendala yang mungkin dan solusi yang bisa diambil. Pertimbangkan pula plan B jika kenyataan masa depan jauh meleset dari contoh rencana masa depan yang kamu inginkan.

  • Pelaksanaan dan Pemantauan Masa Depan

Perlahan tapi pasti lanjutkan langkahmu menuju tujuanmu. Semua rencana yang sudah kamu susun membutuhkan aksi nyata agar impian menjadi kenyataan. Tahap pelaksanaan termasuk tahap menyenangkan karena menunjukkan kamu berhasil melangkah sesuai rencana. Meski memang kamu harus tetap waspada akan kemungkinan lain di luar rencana. Selalu bersyukur atas kemudahan yang didapat, yakini itu semua berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dalam hal ini kamu bisa melakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu untuk mengetahui sejauh mana progress yang sudah dicapai. Pencapaian apa saja yang sudah diraih? Pencapaian apa yang masih harus diupayakan? Apa impian-impianmu untuk tahun berikutnya? Masa depan seperti apa yang kamu ingin raih setelah tercapai contoh rencana masa depan sebelumnya.

Artikel Lainnya