Pentingnya Memahami Arti Segmen Pasar dalam Bisnis

arti segmen pasar
Pentingnya memahami arti segmen pasar untuk bisnis. Photo by @austindistel
Waktu baca: 3 menit

Dalam menjalankan bisnis kamu perlu tau segmen pasar yang jadi target. Jika tidak, bisnismu bisa saja tidak berkembang atau di situ-situ saja bahkan bisa juga bisnismu itu gulung tikar. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami arti segmen pasar dalam bisnis.

Segmen pasar merupakan sekelompok orang yang memiliki satu atau beberapa karakteristik yang sama. Pengelompokan ini akan memudahkanmu dalam melakukan pemasaran suatu produk. Hal itu dapat dilakukan karena adanya kesamaan karakter di dalam suatu kelompok yang mempermudah para tim marketing atau pemasaran untuk menjalankan tugasnya.

Prakteknya, segmen pasar bisa terdiri dari beberapa macam. Di antaranya ialah satu individu, organisasi, keluarga, dan yang lainnya. Agar pemasaran yang dilakukan bisa lebih mudah, seorang marketer bisa saja melakukan pendekatan dengan berbagai cara, seperti menyesuaikan kepribadian target, melihat gaya hidup, mencermati kebutuhan dasar, dan yang lainnya.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Omset Usaha Kecil di 2021

Manfaat memahami segmen pasar

Ciri-ciri
Keuntungan melimpah jadi manfaat pahami segmen pasar. Photo by Pixabay

Sebagai salah satu perencanaan pemasaran, memahami segmen pasar tentu perlu dilakukan guna mencapai tujuan tertentu. Dengan memahami segmen pasar dengan baik, maka dapat memudahkanmu dalam memaksimalkan penjualan dan tentu dapat mengarahkan fokus penjualanmu pada target yang tepat sejak awal. Sehingga, peluang kesuksesan produk yang kamu pasarkan lebih besar dan meningkat.

Dengan target penjualan produk tercapai dengan maksimal, maka potensi keuntungan yang didapatkan tentu akan besar dan bisa sesuai dengan harapan. Semua ini bisa dicapai berkat segmen pasar yang sudah disasar sejak awal.

Cara menentukan segmen pasar

Salah satu kunci sukses menurut Jack Ma
Cara menentukan segmen pasar. Photo by Pexels

Arti segmen pasar untuk bisnis bisa dikatakan sangat penting. Sebab, hal itu mendukung capaian keuntungan yang diperoleh. Maka dari itu, agar bisnismu meraih keuntungan yang diinginkan kamu perlu menentukan segmen pasar. Untuk menentukannya, kamu perlu melakukan analisa yang tepat sejak awal.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menentukan segmen pasar.

Pahami semua kondisi pasar

Langkah dasar untuk menentukan segmen pasar ialah melihat dan memahami kondisi pasar dengan menyeluruh. Pasar yang tepat merupakan sekelompok orang yang membutuhkan dan bisa menikmati manfaat dari layanan atau produk yang ingin kamu jual.

Penentuan kelompok ini masih terbilang luas dan tidak fokus, sehingga kamu perlu melakukan pengerucutan yang lebih detail lagi di dalamnya.

Baca juga: Kiat-kiat Bangun Bisnis saat Resesi untuk Milenial

Tentukan pasar mikro atau micro market

Micro target merupakan target pasar dari segmen yang sudah ditentukan pada tahap awal. Segmen pasar ini sudah lebih spesifik dan lebih kecil dari apa yang sudah ditentukan sebelumnya.

Kamu bisa membaginya ke dalam beberapa micro market yang berbeda. Sebab, setiap segmen bisa saja membutuhkan pola pendekatan yang berbeda. Dalam tahap ini, kamu harus paham dengan kebutuhan dan karakter tiap segmen. Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk menentukan sistem pemasaran yang tepat.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan mudah untuk dapat mengerucutkan segmen pasar.

  • Menentukan kemampuan keuangan konsumen.
  • Mencari tahu alasan calon konsumen beli produkmu.
  • Produk yang kamu tawarkan bisa menjadi solusi untuk calon konsumen.
  • Mampu menghadapi persaingan yang ketat dari kompetitor.
  • Memahami peluang penjualan tercipta.

Melakukan segmentasi pasar

Dalam menemukan segmen pasar yang lebih terarah, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa variabel atau kategori yang berbeda. Berikut ini beberapa kategori umum yang paling sering digunakan.

  • Geografis, pengelompokan pasar yang dilakukan berdasarkan letak geografis seperti wilayah, kota, dan lainnya.
  • Demografis, pengelompokan yang dilakukan berdasarkan pada usia, karakteristik populasi, status pernikahan, dan yang lainnya.
  • Psikografis, pengelompokan yang dilakukan berdasarkan gaya hidup, minat target, opini, dan lainnya.
  • Benefit sought, pengelompokan berdasarkan keuntungan tertentu yang dicari konsumen dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Behavioral, pengelompokan pasar berdasarkan keterikatan konsumen dengan sebuah produk.

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam segmentasi ialah menentukan kategori yang paling tepat dan sesuai dengan produk/layanan jasa yang ditawarkan. Untuk melakukan hal itu, harus diawali dengan riset yang dapat memvalidasi opini calon konsumen terhadap produkmu.

Selanjutnya, kamu juga harus melakukan evaluasi dalam menentukan segmen pasar. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar menemukan segmen pasar yang paling tepat dan sesuai dengan produkmu.

Demikian pentingnya memahami arti segmen pasar untuk bisnis. Dengan memahami segmen pasar yang sesuai dengan produkmu, maka kamu bisa mencapai target yang maksimal. Tentukan segmen pasarmu dengan tepat sejak awal, sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa sukses sesuai dengan tujuan awalmu.

Mungkin Anda juga menyukai