Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Omset Usaha Kecil di 2021

Meningkatkan Omset Usaha Kecil
Strategi Bisnis Paling Tepat untuk Meningkatkan Omset Usaha Kecil di 2021. Photo by @kaleidico
Waktu baca: 3 menit

Kira-kira seperti apa strategi bisnis untuk meningkatkan omset usaha kecil di tahun 2021 ini? Tidak bisa di pungkiri jika periode 2020 adalah periode yang cukup buruk untuk usaha kecil. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Bisa dibilang seluruh sektor usaha kecil di dunia mengalaminya. 

Dampak pandemi COVID-19 memang sangat terasa. Atau bisa dikatakan seluruh sektor terkena imbasnya. Tidak terkecuali sektor ekonomi. Utamanya usaha UMKM. Lebih khususnya usaha kecil. 

Meskipun demikian, kamu jangan sampai menyerah dengan keadaan. Tetaplah optimis untuk menatap tahun 2021 ini. Meskipun dirimu tergolong pengusaha kecil sekalipun. Caranya adalah mencari strategi yang tepat untuk menghadapi ketidak pastian ekonomi ini. 

Fungsi Strategi Bisnis 

Strategi mengatur keuangan
Fungsi strategi bisnis. Photo by Rawpixel

Strategi bisnis bisa diartikan sebagai rencana dan tindakan jangka panjang yang sengaja dirancang agar tujuan bisnis bisa tercapai. Untuk meningkatkan omzet usaha, maka perlu dibarengi dengan pemilihan strategi bisnis yang tepat. 

Secara fungsi, paling tidak ada 4 fungsi dari strategi bisnis. Keempat fungsi strategi bisnis tersebut adalah: 

Perencanaan

Fungsi pertama strategi bisnis adalah perencanaan. Itulah kenapa strategi bisnis berisi tentang langkah-langkah penting yang akan dilaksanakan agar tujuan bisnis bisa tercapai secara maksimal. 

Menilai Kekuatan dan Kelemahan 

Saat membuat strategi bisnis, akan jelas terlihat apa saja kekuatan dan kelemahan bisnismu. Dengan kata lain kamu memanfaatkan kekuatan dan kelemahan dari bisnismu untuk membuat strategi yang paling tepat. 

Efisiensi 

Dengan adanya strategi yang tepat, kamu bisa mengalokasikan sumber daya secara lebih efektif. Pada akhirnya akan membuat manajemen usaha menjadi lebih efisien. 

Kontrol 

Agar tujuan bisnis bisa tercapai dengan maksimal, sudah pasti prosesnya harus selalu dikontrol dengan baik. Nah, itulah kenapa keberadaan strategi bisnis ini menjadi sangat penting. Meskipun usaha kecil sekalipun. 

Baca Juga: Kiat-kiat Bangun Bisnis saat Resesi untuk Milenial

Strategi Bisnis Paling Tepat untuk Usaha Kecil 

bisnis ikan cupang
Strategi bisnis untuk usaha kecil Photo by Tribunnews

Ada banyak sekali faktor pertimbangan saat menentukan strategi bisnis. Itulah pentingnya melakukan berbagai analisis terhadap semua hal. Salah satunya adalah situasi dan kondisi. 

Nah, jika berbicara mengenai strategi bisnis yang mampu tingkatkan omset usaha kecil di 2021 ini, strategi paling tepat adalah dengan memanfaatkan penjualan online. Baik itu melalui medis sosial maupun platform lainnya. 

Alasannya pun sudah sangat jelas. Kini pemanfaatkan teknologi di sektor bisnis sudah tidak bisa terhindarkan lagi. Baik itu usaha kecil maupun besar sekalipun. Artinya digital marketing adalah strategi bisnis paling cocok untuk saat ini. Utamanya dalam upaya meningkatkan omset usaha kecil. 

Digital marketing sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan melakukan promosi produk maupun brand lewat media digital. Strategi ini dianggap yang paling efektif untuk saat ini. Apalagi dalam usahamu untuk meningkatkan omset. Meskipun skala bisnismu tergolong kecil sekalipun.

Digital Marketing untuk Tingkatkan Omset Usaha Mikro  

Digital marketing.
Digital marketing. Photo by Pixabay

Kenapa digital marketing dikatakan efektif dalam meningkatkan omset usaha mikro? Sebelum menjawabnya coba sekarang cari tahu terlebih dahulu berapa jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia. 

Dari jawaban tersebut bisa terlihat alasan kenapa digital marketing merupakan strategi paling tepat untuk meningkatkan omset usaha. Misalnya saja kamu memasang iklan atau mengunggah produk usaha di website atau media sosial. 

Pastinya produk tersebut akan mampu menjangkau pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat. Dengan demikian, target pasar pun menjadi lebih luas lagi. Artinya tidak hanya berada di lingkungan sekitar tempat usahamu. Itulah kenapa digital marketing dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan omset usaha kecil. 

Mungkin Anda juga menyukai