Mengenal Pengertian Bonus Demografi dan Manfaatnya

sekumpulan orang
Mengenal Pengertian Bonus Demografi dan Manfaatnya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Apa perbedaan antara demografi dengan bonus demografi? Demografi merupakan sebutan untuk ilmu kependudukan. Kamu mungkin sudah tahu apa saja yang termasuk dalam demografi seperti distribusi penduduk atau struktur. Sementara itu, dibandingkan dengan demografi, bonus demografi mungkin bukanlah istilah yang sudah familiar bagi semua orang. Padahal bonus demografi cukup penting untuk dipahami terutama oleh generasi muda. Oleh karena itu, yuk kenali pengertian bonus demografi dan dampaknya di sini. 

Apa Pengertian dari Bonus Demografi?

Pengertian bonus demografi adalah kondisi dimana penduduk usia produktif jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk usia tidak produktif. Penduduk yang termasuk dalam kategori penduduk usia produktif adalah mereka yang berusia 15 sampai 64 tahun.

Fakta menarik dari bonus demografi ini adalah peristiwa ini dianggap hanya akan terjadi sekali di semua negara, sehingga perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Apa Manfaat Bonus Demografi?

Beberapa dari kamu mungkin berpikir kenapa situasi bonus demografi perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya? Jawabannya adalah karena kondisi ini membawa beberapa manfaat untuk negara yang tengah mengalaminya. Berikut ini akan kita bahas apa saja manfaat dari situasi bonus demografi.

  • Membantu Menaikkan Produk Domestik Bruto 

Ketika jumlah penduduk yang berada dalam usia produktif lebih banyak jumlahnya daripada penduduk dengan usia non produktif, maka hal tersebut bisa memberi dampak baik bagi sebuah negara.

Salah satunya adalah membantu menaikkan jumlah produk domestik bruto. Sebab, dengan lebih banyaknya jumlah penduduk dengan usia produktif akan lebih banyak orang yang memiliki kesempatan untuk bekerja.

  • Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 

Efek yang timbul dari banyaknya penduduk dengan usia produktif yang memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi dengan bekerja adalah membantu terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena banyaknya jumlah penduduk yang bekerja akan membantu meningkatkan jumlah tabungan sosial dan masyarakat sehingga pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia bisa makin terbantu.

  • Membantu Membentuk Generasi Emas

Negara yang sedang mengalami bonus demografi juga akan membantu membentuk generasi emas. Generasi emas merupakan sebutan untuk generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus masa depan serta integritas bangsa Indonesia.

Nantinya generasi emas ini akan ikut membangun negara dari berbagai sektor.

  • Membuat Beban Hidup Masyarakat Lebih Ringan

Karena jumlah penduduk yang berusia produktif lebih banyak, penduduk ini akan membantu mendukung kehidupan penduduk yang usianya sudah tidak produktif.

Hal tersebut berarti, beban hidup dari penduduk dengan usia non produktif akan menjadi lebih ringan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Wawasan akan Millenium Development Goals

Apakah Dampak Terjadinya Bonus Demografi ?

Selanjutnya kamu mungkin ingin tahu apakah terjadinya bonus demografi pada suatu negara bisa membawa dampak tertentu? Tentu ada, berikut adalah beberapa dampak bonus demografi yang perlu kamu ketahui baik positif maupun negatif.

Dampak Positif Bonus Demografi

  • Membantu Terjadinya Kemajuan Ekonomi Negara

Telah disebutkan sebelumnya, kalau kondisi bonus demografi bisa membantu meningkatkan produk domestik bruto serta meringankan beban masyarakat. Hal tersebut juga akan memberi efek pada ekonomi negara yang akan ikut mengalami kemajuan.

  • Membuat Peluang Tenaga Kerja Meningkat

Karena banyaknya penduduk dengan usia produktif, artinya adalah semakin meningkatnya peluang ketersediaan tenaga kerja.

Dengan begitu perusahaan maupun pemilik bisnis yang tengah membutuhkan tenaga kerja tidak perlu khawatir untuk mencari tenaga kerja sampai ke luar negeri karena tersedia banyak di dalam negeri.

Bagi penduduk dengan usia produktif pun hal ini membawa dampak baik karena artinya kesempatan untuk memiliki pekerjaan pun terbuka lebar.

  • Membantu Perkembangan di Sektor Selain Ekonomi

Meskipun sektor ekonomi terlihat sebagai sektor yang paling diuntungkan dari kondisi bonus demografi, sebenarnya berbagai sektor lainnya juga akan ikut mengalami kemajuan.

Misalnya saja sektor pendidikan, yang perlu ikut berkembang supaya bisa menyediakan generasi muda yang siap bersaing dan  yang sesuai dengan kebutuhan di masa bonus demografi.

Artikel Lainnya