Mengenal Pengertian Bonus Demografi dan Manfaatnya

sekumpulan orang
Mengenal Pengertian Bonus Demografi dan Manfaatnya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Dampak Negatif Bonus Demografi 

Selain dampak positif, kondisi bonus demografi juga bisa menimbulkan dampak negatif seperti berikut.

  • Meningkatkan Jumlah Pengangguran

Salah satu dampak negatif dari kondisi bonus demografi adalah meningkatnya jumlah pengangguran.

Hal tersebut dapat terjadi karena meski jumlah penduduk berusia produktif banyak, tidak semuanya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh penyedia lapangan kerja. 

Meningkatnya jumlah pengangguran ini dapat membawa dampak buruk ke berbagai sektor misalnya meningkatnya jumlah kemiskinan yang akan berdampak juga pada berbagai macam bidang seperti pendidikan, ekonomi bahkan kesehatan.

Untuk mencegahnya, sejumlah bidang yang krusial perlu melakukan persiapan secara khusus supaya bisa mempersiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan.

  • Bertambahnya Jumlah Aging Population

Dampak lain yang timbul dari kondisi bonus demografi adalah bertambahnya jumlah aging population. Aging population merupakan istilah yang dipakai untuk menyebutkan populasi orang lanjut usia atau lansia.

Jika datangnya bonus demografi tidak dipersiapkan dengan baik, penduduk negara hanya akan didominasi oleh lansia.

Hal tersebut otomatis akan mengurangi laju pertumbuhan negara yang seharusnya dijalankan oleh penduduk dengan usia produktif.

  • Kualitas Sumber Daya Manusia yang Rendah

Bonus demografi bisa dikatakan sebagai pedang bermata dua bagi sebuah negara. Selain menjadi peluang untuk maju dan berkembang, kehadirannya bisa menjadi tantangan yang jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa membawa dampak negatif.

Misalnya adalah rendahnya kualitas dari sumber daya manusia yang umumnya muncul karena kurangnya perbaikan serta perluasan sistem pendidikan. 

Karena itulah dibutuhkan pengembangan pada sistem pendidikan supaya bisa lebih merata agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Bagaimana Strategi untuk Menghadapi Bonus Demografi?

Sudah dijelaskan kalau bonus demografi memiliki dampak positif dan negatif serta bisa menjadi peluang maupun tantangan bagi negara yang tengah mengalaminya. Selanjutnya, kamu tentu penasaran strategi seperti apa yang perlu dilakukan untuk menghadapinya?

  • Pemerintah 

Dari sisi pemerintah, strategi yang perlu dilakukan adalah memiliki sikap serta program yang inovatif namun tetap solutif untuk membantu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan juga siap bersaing.

Hal tersebut bisa dimulai dari meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan. Misalnya memperluas akses pendidikan, pemantauan kondisi ibu hamil dan lainnya.

  • Pengusaha

Pengusaha pun memiliki peran dalam menyambut datangnya masa bonus demografi ini. Salah satu contoh hal yang bisa dilakukan pengusaha adalah membuka peluang lapangan pekerjaan.

Hal ini penting supaya penduduk usia produktif bisa memiliki pekerjaan sehingga tidak akan terjadi penambahan pada jumlah pengangguran.

  • Individu

Individu, terutama yang berada pada usia produktif juga memiliki peran yang tidak boleh diremehkan. Penduduk usia produktif merupakan tokoh penting yang menjalankan peran di masa bonus demografi, karena itulah individu memiliki peran untuk terus mengasah skill yang dimilikinya.

Karena telah disebutkan kalau salah satu masalah yang mungkin timbul adalah tingginya angka pengangguran yang diakibatkan tidak sesuainya kualitas manusia dengan kebutuhan. Maka suka tidak suka setiap individu perlu mengembangkan skill yang dimilikinya supaya bisa bersaing.

Itulah pengertian bonus demografi untuk kamu yang belum familiar dengannya. Apa strategi kamu untuk menghadapinya?

Mungkin Anda juga menyukai