Pentingnya Memiliki Wawasan akan Millenium Development Goals

Ilustrasi investor
Pentingnya Memiliki Wawasan akan Millenium Development Goals. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Bagi orang yang bergerak dalam bidang finansial, memiliki wawasan akan perkembangan perekonomian dan juga keadaan sosial dunia sudah menjadi dasar yang harus dimiliki. Tentunya setiap langkah yang diambil, akan ada risikonya. Sama halnya saat melakukan investasi dan juga menjalankan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai investor ataupun seorang pengusaha wajib memilki wawasan akan Millenium Development Goals.

Apa sebenarnya Millenium Development Goals? Apa pentingnya mengetahui hal ini?

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif dan Perkembangannya di Indonesia

Apa Itu Millenium Development Goals (MDGs)

Istilah MDGs bagi seorang investor ataupun pengusaha tentunya sudah terdengar sangat familiar. Sebagai seorang investor ataupun pengusaha penting untuk memantau mengenai permasalahan ekonomi, bisnis, bagaimana perkembangan pasar dan lainnya. Hal ini agar kegiatan perekonomian dapat berjalan dengan lancar.

Lalu, apa sebenarnya MDGs? Millenium Development Goals atau biasa disingkat dengan MDGs merupakan sebuah deklarasi milenium. Isi deklarasi ini adalah hasil kesepakatan dari para kepala negara serta 189 negara anggota PBB. Deklarasi ini dimulai pada september 2000. Dalam deklarasi MDGs memiliki 8 butir tujuan utama yang akan dicapai pada tahun 2015. Isi dari deklarasi ini mencakup berbagai macam tantangan dunia seperti, kesejahteraan pembangunan masyarakat.

8 Butir Tujuan Millenium Development Goals

Berikut ini 8 butir tujuan dari Millennium Development Goals, yaitu;

  • Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan

Kemiskinan dan kelaparan masih menjadi permasalahan yang banyak terjadi di dunia. Oleh karena itu, MDGs memiliki tujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan kelaparan. Hal ini dilakukan dengan target meningkatkan pendapatan populasi dunia senilai $10000 per hari.

  • Pencapaian pendidikan dasar bagi semua

Mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan nanti, merupakan hak bagi setiap penduduk di dunia. Maka dari itu,  MDGs memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan dasar bagi seluruh penduduk dunia.

  • Mendukung kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan

Target tahun 2005 dan juga tahun 2015 adalah dengan mendukung kesetaraan gender. Pada tahun 2005 memilik tujuan dengan mengurangi angka perbedaan serta diskriminasi gender pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Pada tahun 2015 diberlakukan menjadi semua tingkatan.

  • Menurunkan jumlah kematian anak

Pada tahun 2015 memiliki target untuk mengurangi angka kematian anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun hingga 2/3 dari total anak yang ada di dunia.

  • Meningkatkan kesehatan para ibu

Meningkatkan kesehatan para ibu menjadi target dari MDGs. Targetnya adalah mengurangi rasio kematian ibu saat proses melahirkan sebanyak 2/3 dari total ibu yang berada pada proses melahirkan.

  • Menanggulangi HIV/AIDs, Malaria dan penyakit menular lainnya

Pada tahun 2015 diharapkan agar dapat menghentikan dan juga mencegah virus HIV/AIDS dan juga Malaria.

  • Menjaga kelestarian lingkungan hidup

Dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, ditargetkan untuk mengintegrasikan semua prinsip pembangunan yang bersifat terus menerus dalam setiap kebijakan dan program negara serta mengurangi jumlah hilang atau menurunnya sumber daya lingkungan.

Pada tahun 2015 juga diharapkan untuk mengurangi setengah dari seluruh jumlah penduduk yang tidak memiliki minum air sehat. Dan pada tahun 2020, diharapkan untuk mencapai pengembangan signifikan untuk kehidupan paling tidak 100 juta orang yang masih tinggal di lingkungan kumuh.

Artikel Lainnya