Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Cuma Pakai HP 

Ilustrasi cek saldo BPJS ketenagakerjaan pakai HP
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Cuma Pakai HP. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kamu sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan? Jika sudah, apakah kamu tahu berapa saldo kamu sekarang? Kamu harus tahu bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Kamu tidak perlu datang ke kantor BPJS. Cukup cek saja berapa saldo yang kamu sudah miliki melalui hp.

Saldo BPJS BPJS Ketenagakerjaan merupakan jumlah uang yang sudah terakumulasi dari iuran yang kamu setorkan setiap bulannya. Inilah jumlah uang yang bisa kamu cairkan ketika kamu sudah tidak bekerja lagi atau sudah pensiun.

Mungkin kamu baru beberapa bulan atau tahun bekerja. Namun, bagaimana dengan orang tua kamu? Jika orang tua kamu mau pensiun, kamu perlu bantu orang tua kamu untuk mengecek berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Yang pasti, semakin banyak orang yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mereka sudah tahu banyak sekali manfaat yang bisa mereka dapatkan. Dengan menjadi peserta, kamu akan mendapatkan berbagai perlindungan, mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua.

Ketika masih muda dan produktif, ini saat yang tepat untuk menyisihkan uang yang kamu dapatkan untuk mendapatkan jaminan hari tua. Caranya dengan ikut serta menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jika kamu seorang karyawan di sebuah perusahaan, ini sudah menjadi kewajiban bagi pihak yang mempekerjakan kamu untuk mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Namun, bukan berarti ini hanya untuk mereka yang menjadi karyawan. Siapa pun bisa ikut BPJS Ketenagakerjaan, seperti pengusaha, guru, freelancer, dan lain sebagainya. Semuanya bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Setelah jadi peserta, kamu pasti ingin tahu, kan berapa saldo yang sudah kamu dapatkan. Kamu bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan cukup melalui hp.

Baca juga: Cara Melanjutkan BPJS Ketenagakerjaan Setelah Resign

3 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Bisa Kamu Pilih

Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Photo by Tirto

Sekarang ini, pemerintah tidak mau ketinggalan dalam hal penggunaan teknologi. Ini bisa dilihat dari layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan secara online. 

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu pilih untuk cek BPJS Ketenagakerjaan. Apa saja itu? 

Menggunakan Aplikasi JMO

Apa itu JMO? Ini singkatan dari Jamsostek Mobile. Ini sebuah aplikasi dari Jamsostek yang digunakan untuk mempermudah memberikan pelayanan. Jika aplikasi JMO belum terinstal, cek saja di PlayStore atau di AppStore. Ketikkan JMO lalu unduh dan install.

Lalu, bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan JMO? Mudah sekali.

  • Buka Aplikasi JMO yang sudah kamu install
  • Klik Buat Akun 
  • Isi data yang diperlukan seperti jenis kepesertaan apakah penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia
  • Klik di bagian menu “Jaminan Hari Tua”
  • Klik Cek Saldo

Mudah, bukan?

Melalui Website Resmi

Selain melalui Aplikasi JMO, kamu juga bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi milik BPJS Ketenagakerjaan. Buka saja browser di hp kamu. Ketik alamat sss.bpjsketenagakerjaan.go.id. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login

Jika kamu belum pernah mendaftar sebelumnya, lakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah berhasil, login.

  • Klik Lihat Saldo JHT 

Di sinilah kamu akan melihat berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Melalui SMS 

Kamu juga bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS lho. Jadi, kamu tidak perlu download aplikasi apa pun dan tak perlu juga membuka website resmi.

Cukup ketik format cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS 

SALDO(spasi) nomor peserta

Lalu kirim ke 2757

Namun, sebelum kamu bisa menggunakan layanan ini, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Ketik SMS registrasi dengan format 

Daftar(Spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Kirim ke 2757.

Dari tiga cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut di atas, mana yang menurut kamu paling mudah?

Sebenarnya, tidak ada salahnya juga jika kamu cek saldo secara offline. Apalagi jika rumah kamu tidak terlalu jauh kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cukup bawa KTP dan juga kartu peserta anggota BPJS Ketenagakerjaan. Tunjukkan pada petugas. Petugas akan menunjukkan berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, pilih mana? Pilih cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online atau offline?

Artikel Lainnya