Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa yang Bisa Dicoba

Peluang usaha modal kecil
Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa. Photo by Pexels
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 5 menit

Menjadi mahasiswa memang membutuhkan biaya yang cukup besar dan banyak. Tidak hanya sekedar untuk membayar administrasi namun juga untuk hal lainnya yang berkaitan dengan perkuliahan. Bagi kamu yang mampu dalam hal finansial, bukanlah hal yang sulit untuk memenuhi semua biaya di masa menjadi mahasiswa. Namun, bagi kamu yang keuangannya pas-pasan tentu akan cukup berat untuk mencukupi semua biaya tersebut. Tidak heran jika sekarang cukup banyak mahasiswa yang memutuskan untuk berbisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah. Tidak harus menggunakan modal yang besar, karena saat ini banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan.

Membuka usaha kecil atau berbisnis sampingan memang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan, baik penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan. Selain itu, kini banyak bisnis sampingan modal kecil yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja. Untuk mengetahui secara lebih lanjut, di artikel ini akan membahas mengenai peluang-peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa yang juga dapat menjadi peluang usaha sampingan karyawan. Berikut pembahasannya.

Alasan Memilih Peluang Usaha Modal Kecil

strategi umkm new normal
Peluang usaha modal kecil. Photo by Pixabay

Mempunyai bisnis dengan modal yang kecil bukanlah hal yang sulit sekali untuk masa sekarang ini. Hal itu karena perkembangan teknologi dan internet yang pesat ternyata cukup berpengaruh pada perkembangan dunia bisnis. Misalnya bisnis dengan modal kecil yang cukup marak saat ini adalah bisnis online. Kamu tidak perlu untuk menunggu memiliki modal yang banyak dan besar untuk memulai bisnis saat ini, apalagi jika kamu adalah mahasiswa yang belum tentu sudah mempunyai penghasilan sendiri untuk dijadikan sebagai modal.

Ada cukup banyak alasan yang bisa kamu pertimbangkan mengapa harus bisnis atau usaha dengan modal kecil. Apa saja? Di bawah ini ulasannya.

Bisa Belajar Mengenai Bagaimana Melakukan Pengaturan dalam Keuangan dengan Lebih Bijak

Berbisnis meski dengan modal kecil dapat mengajarkan kamu mengenai bagaimana cara mengatur keuangan dengan benar. Memulai bisnis itu berarti kamu sudah memutuskan untuk membuat atau membangun perusahaan untuk diri sendiri dimana awalnya keuangan adalah hal yang cukup krusial dan membutuhkan pengaturan yang lebih bijak. Maka dari itu, dikatakan jika belajar berbisnis modal kecil sama saja dengan kamu belajar bagaimana cara pengaturan keuangan secara bijaksana.

Bisa Inovasi dan Ikut Tren

Menjadi seorang pebisnis atau pengusaha, dapat berinovasi adalah hal yang penting. Perkembangan dari teknologi yang cepat saat ini mengharuskan kamu untuk bisa mengikuti tren yang sedang berlaku. Tapi meskipun kamu mengikuti tren, melakukan pembaruan dalam bisnis yang dijalankan itu sangat perlu supaya pelanggan tidak beralih ke produk yang lain atau membeli ke penjual lain yang produk atau jasa yang ditawarkan sama dengan bisnismu. Maka dari itu, dapat dikatakan dengan kamu membuka usaha atau bisnis, kamu sekaligus belajar berinovasi dan menciptakan hal-hal kreatif baru.

Dapat Membuka Lapangan Kerja yang Baru untuk Orang Lain

Hal penting lainnya sekaligus keuntungan dari membuka bisnis modal kecil adalah kamu dapat membuka lapangan kerja atau menciptakan peluang usaha modal kecil lainnya untuk orang lain. Dengan begitu kamu ikut berkontribusi dalam mengurangi jumlah pengangguran saat ini. Apalagi jika bisnismu mempunyai prospek yang bagus dan bisa berkelanjutan ke depannya sehingga membutuhkan SDM yang semakin banyak.

Baca juga: 7 Keuntungan Jalankan Bisnis Franchise saat Resesi

Beberapa Contoh Usaha Modal Kecil

Toko Online

Uji coba platform baru.
Toko online. Photo by Pixabay

Membuka toko online adalah salah satu ide bisnis modal kecil yang dilakukan oleh banyak orang saat ini. Hal itu karena bisnis ini dinilai fleksibel yang mana dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, bila kamu membuka toko online dengan menjadi dropship, kamu tidak perlu untuk menyetok produk untuk dipajang di toko dan dipromosikan. Kamu hanya perlu memposting ulang gambar produk serta deskripsinya dari distributor untuk mempromosikan produk tersebut. Jadi, dapat dikatakan jika bisnis toko online dengan menjadi dropshipper bisa menjadi bisnis tanpa modal untuk mahasiswa seperti kamu.

Jual Pulsa Elektrik

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Pulsa elektrik. Photo by Info Perbankan

Di era digital seperti sekarang ini, ponsel pintar sudah seperti barang yang wajib untuk dimiliki. Kegunaan ponsel yang saat ini tidak hanya untuk sekedar berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dari kamu, menjadi salah satu alasan maraknya penggunaan barang tersebut. Nah, hal itu sebenarnya bisa kamu manfaatkan dengan dijadikan sebagai sebuah bisnis. Kamu bisa berbisnis jual pulsa elektrik. Bisnis jual pulsa tersebut tidak membutuhkan modal yang besar atau banyak. Bahkan sama seperti bisnis toko online, bisnis ini cukup fleksibel karena kamu tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk berbisnis. Kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Cara promosi bisnis ini pun cukup mudah, awalnya saja kamu bisa menawarkan ke orang-orang sekitarmu seperti pada teman, keluarga atau tetangga.

Membuka Jasa Desain Grafis

Editor mengerjakan tugas menggunakan laptop
Membuka jasa desain grafis. Photo by Pexels

Jika kamu mempunyai keahlian dalam bidang desain grafis, sebenarnya kamu bisa memanfaatkannya dengan dijadikan sebagai bisnis modal kecil untung besar. Keterampilan adalah modal utamamu. Bisnis ini sistemnya hampir sama dengan pekerja lepas. Kamu bisa mencari klien untuk dibuatkan desain yang menarik. Tidak perlu bingung mencari klien-nya dimana, kamu bisa mencarinya pada website-website desain di Indonesia ataupun kamu bisa mencari di website Inggris untuk mendapatkan pasar internasional.

Membuka Jasa Les Privat

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Membuka les privat. Photo by @element5digital

Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapatkan di perkuliahan untuk berbisnis. Apalagi jika jurusan kuliah kamu adalah keguruan. Kamu bisa membuka jasa les privat pada siswa-siswa SD, SMP ataupun SMA yang membutuhkan belajar lebih. Dalam usaha yang satu ini, kamu hanya perlu pintar-pintar untuk membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Jangan sampai jika usaha kamu ini menghasilkan uang yang banyak, kamu menjadi keteteran dalam kuliah.

Membuka Jasa Penerjemah

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Buka jasa penerjemah. Photo by Pixabay

Jika kamu adalah mahasiswa jurusan Bahasa asing, kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu berbahasa asing tersebut untuk menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa menjadi penerjemah Bahasa dalam makalah, artikel, skripsi dan lainnya. Nah salah satu keuntungan dari menjadi penerjemah Bahasa adalah kamu dapat menentukan sendiri tarif jasamu, tapi biasanya adalah Rp50 / kata.

Membuat Blog

Penghasilan tambahan dari blog.
Membuat blog. Photo by Pixabay

Bisnis yang satu ini dapat dikatakan sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan sekali. Kenapa? Itu karena kamu tidak memerlukan modal sama sekali. Memulai blogging bisa dibilang sebagai cara yang paling mudah untuk kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu dapat memulai blogging dengan menggunakan blog gratisan yang ada di internet. Lalu kamu isi blog kamu dengan konten-konten yang menarik seperti artikel-artikel yang informatif atau menceritakan tentang pengalaman-pengalaman kamu yang seru dan menyenangkan. Meskipun awalnya cukup sulit dalam mencari pengunjung blog, kamu bisa mencoba mempromosikannya lewat media sosial milikmu atau mempromosikannya ke orang-orang terdekat.

Nah demikian pembahasan mengenai peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan mahasiswa ataupun karyawan yang membutuhkan uang tambahan. Masih ada berbagai bisnis modal kecil lain yang bisa kamu jalankan. Kamu bisa menyesuaikan dengan passion atau disesuaikan juga dengan modal yang dimiliki.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...