3 Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa yang Bisa Dicoba

bisnis tanpa modal untuk mahasiswa
Bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang bisa dicoba. Photo by @kyledevaras
Waktu baca: 3 menit

Uang memang menjadi hal yang penting untuk saat ini karena semua hal yang kita butuhkan harus kita beli dengan uang. Menjadi mahasiswa memang salah satu tahapan yang cukup membuat kita pusing, banyak kebutuhan yang ingin dibeli akan tetapi menunggu kiriman orang tua yang kadang tak tentu. Selain itu pada beberapa kasus banyak mahasiswa yang cukup sungkan untuk menyusahkan orang tuanya. Jika kamu mahasiswa dan ingin memiliki penghasilan tambahan, kamu tidak perlu bingung. Saat ini ada banyak sekali peluang usaha modal kecil berupa bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Menjadi Guru Les Privat

bisnis tanpa modal untuk mahasiswa
Buka les privat. Photo by Pexels

Bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang cukup diminati yakni menjadi pengajar  les privat. Banyak orang tua yang menuntut anak mereka memiliki nilai akademik yang cukup tinggi sehingga bisnis les privat menjadi jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa yang ahli dalam bidang tertentu, tentu saja hal ini menjadi salah satu nilai plus di mata klien atau orang tua murid agar memilih kamu menjadi guru privat untuk anak mereka.

Baca juga: 3 Jenis Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Sebagai mahasiswa tentu saja kamu juga memiliki kesibukan, jenis bisnis yang menyita waktu tentu tidak cocok untukmu. Berbeda dengan jenis bisnis yang lain, dengan menjadi pengajar privat kamu bisa memiliki banyak waktu luang tanpa mengganggu waktu perkuliahanmu. Sebagai seorang pengajar privat yang sukses kamu harus memiliki beberapa kelebihan diantaranya menguasai bahan yang akan kamu ajarkan. Seperti yang kita tahu bahwa modal dari pengajar privat yakni menguasai bahan agar lebih mudah menyampaikan ke anak didik. 

Komunikatif juga menjadi hal lain yang bisa kamu tawarkan. Bidang pelayanan contohnya jasa les privat tidak bisa berjalan dengan baik jika kamu tidak memiliki sikap komunikatif dalam mengajar. Selain itu untuk menjadi pengajar privat yang sukses kamu juga harus sabar dan tekun. Seorang pengajar sangat dilarang untuk emosional karena nantinya anak tidak bisa menyerap ilmu dengan maksimal.

Blogger

Penghasilan tambahan dari blog.
Membuat konten di salah satu platform online, yaitu blog. Photo by Pixabay

Jika kamu ingin mencoba peruntungan Bisnis tanpa modal untuk mahasiswa kamu bisa mencoba menjadi blogger. Bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan sebagai blogger? Ada dua konsep pertama yakni tentang iklan dan yang kedua tentang review produk. Kamu bisa memutuskan kamu ingin menjadi blogger yang seperti apa? Misalnya, kamu ingin menjadi beauty blogger maka kamu bisa membuat konten tentang make up dan skincare. Nantinya kamu bisa menempatkan iklan di blog kamu, bagi pengunjung yang melakukan klik terhadap produk kamu nanti kamu akan mendapatkan uang. Selain dari iklan, kamu juga bisa melakukan review produk dan bekerja dengan sponsor. Biasanya jika kamu bisa mengarahkan konsumen ke marketplace kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. 

Freelance Writer

bisnis tanpa modal untuk mahasiswa
Freelance writer. Photo by Pixabay

Jika kamu cukup sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengajar privat, kamu bisa mencoba Bisnis tanpa modal untuk mahasiswa menjadi seorang freelance writer atau sering juga disebut sebagai penulis lepas. Bagaimana kamu mendapatkan job pertamamu? Kamu bisa bergabung di perusahaan outsourcing yang bergerak di bidang kepenulisan. Jika kamu merupakan orang yang suka menulis, jenis pekerjaan ini cukup menyenangkan karena kamu bisa menyalurkan hobi dan bonusnya kamu mendapatkan penghasilan. Selain itu, kamu juga bisa menyalurkan ilmu yang kamu miliki. Saat ini ada cukup banyak jenis pekerjaan untuk penulis lepas, kadang ada beberapa yang dibayar berdasarkan jumlah kata namun ada juga yang berdasarkan jumlah naskah. 

Mungkin Anda juga menyukai