5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil

Peluang bisnis sampingan karyawan.
Peluang bisnis sampingan karyawan. Photo by @brookecagle
Waktu baca: 3 menit

Peluang usaha sampingan karyawan saat ini sedang banyak dicari, terutama ketika sedang masa pandemi seperti sekarang ini. Karyawan menjadi tidak bisa masuk kerja dengan penuh dan berdampak pada penghasilan yang menjadi minim. Saat ini, pemerintah sudah memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia agar setidaknya bisa terbantu ketika sedang masa pandemi. Bantuan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membangun usaha sampingan.

Berikut ini adalah berbagai peluang usaha sampingan karyawan dengan modal kecil:

Bisnis Makanan

usaha kecil yang menjanjikan
Bisnis makanan. Photo by de-snack

Bisnis makanan ringan merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini sedang banyak digeluti. Walaupun banyak orang yang melakukannya, namun kamu tidak perlu khawatir akan kegagalan bisnis ini. Hal ini dikarenakan setiap manusia tentunya akan selalu membutuhkan makan, maka bisnis makanan akan selalu sukses dan mempunyai pelanggannya tersendiri.

Adapun bisnis makanan yang bisa kamu coba misalnya dengan membuka catering, berjualan makanan pada warung, membuka penjualan makanan ringan dan menjualnya melalui media sosial. Untuk melakukan bisnis tersebut, gunakanlah modal dengan bijak. Apabila nantinya pelangganmu sudah banyak, maka kamu bisa meningkatkan produk yang akan kamu jual.

Bisnis Dropshipper

bisnis ibu rumah tangga
Jadi dropshipper. Photo by Pixabay

Bisnis dropshipper juga bisa menjadi pilihan untuk kamu para karyawan yang ingin mempunyai usaha sampingan. Dropshipper berarti orang yang berperan dalam menjual barang, namun barang tersebut didapatkan dari pihak lain. Untuk menjadi seorang dropshipper, kamu perlu mencari supplier yang bisa melakukan kerjasama tersebut.

Apabila kamu merasa kesulitan mencari supplier, maka kamu bisa mencoba menemukannya secara online. Saat ini, sudah banyak toko-toko online yang membuka peluang untuk para dropshipper. Untuk menjadi seorang dropshipper, biasanya hanya memerlukan modal kecil atau bahkan tidak mengeluarkan modal sama sekali, karna sifatnya disini kamu sebagai perantara yang menjajakan barang supplier. Peluang usaha modal kecil ini kini sedang banyak dilakukan.

Menawarkan Jasa

Fotografer bisa bekerja sambil jalan-jalan.
Bisnis jasa fotografer. Photo by Pixabay

Apakah kamu mempunyai keahlian tertentu? Tentunya semua orang mempunyai keahliannya masing-masing. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan sebagai peluang usaha dengan modal yang kecil. Jasa tersebut bisa kamu tawarkan pada pelanggan dengan cara mulut ke mulut atau melalui promosi diri dengan menggunakan media sosial. Kini, jasa juga sudah banyak ditawarkan via marketplace.

Menjual Produk Pada Marketplace

Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Jual produk pada marketplace. Photo by Pixabay

Modal dari bantuan yang kamu dapatkan, bisa kamu gunakan untuk membeli produk yang banyak dibutuhkan dan digunakan untuk dijual pada marketplace. Barang-barang tersebut bisa kamu dapatkan dari supplier agar harganya menjadi lebih murah. Peluang usaha sampingan untuk karyawan dengan memanfaatkan marketplace kini dianggap menguntungkan.

Ketika berjualan produk pada marketplace, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari pelanggan karena pelanggan yang akan datang ke toko virtual milikmu. Untuk menentukan produk apa yang dijual, sebaiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui produk apa saja yang banyak disukai, dibutuhkan, dan digunakan oleh orang-orang.

Baca juga: 3 Tips Dapatkan Pelanggan Baru Agar Bisnis Online Makin Laris

Bisnis Pulsa

Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Konter pulsa. Photo by Info Perbankan

Saat ini, semuanya sudah serba digital. Bahkan, untuk berkomunikasi pun sudah bisa dilakukan secara digital. Untuk bisa terus berkomunikasi atau melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan internet misalnya, maka dibutuhkan pulsa untuk bisa melakukannya. Oleh sebab itu, kebutuhan manusia akan pulsa akan selalu ada.

Hal ini bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk bisnis sampingan yang bisa dilakukan saat ini. Bisnis pulsa ternyata memiliki modal yang kecil, namun bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Kamu hanya perlu mencari agen untuk mendaftar sekaligus membeli pulsa yang nantinya akan dijual kembali. Membeli pulsa pada agen akan membuatnya menjadi lebih murah. Dengan begitu, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang sekiranya bisa memberi keuntungan. Peluang usaha sampingan untuk karyawan ini sudah terbukti membuat sukses banyak orang.

Mungkin Anda juga menyukai