Market Orientation adalah: Komponen dan Tahapan Lengkap

Market Orientation
Market Orientation adalah: Komponen dan Tahapan Lengkap. Photo by @jcmu
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu masih bingung mau mulai merintis bisnis dari mana? Jika demikian adanya lebih baik menggunakan metode market orientation untuk memulai. Market orientation adalah melihat perkembangan kondisi pasar untuk menentukan kebutuhkan konsumen.

Apa itu Market Orientation?

Apa yang dimaksud dengan orientasi pasar? Orientasi pasar adalah strategi sebuah bisnis yang melihat sejauh mana target konsumen dengan mengidentifikasikan kebutuhan.

Contoh market orientation dapat dijumpai di beberapa produk terkenal yang melegenda. Misalnya saja:

  • Produk Coca Cola, merupakan produk yang mengeluarkan dana besar guna riset rasa yang dibutuhkan konsumen. 

Hasilnya, ada beberapa rasa yang sesuai keinginan konsumen. Selain itu muncul produk lain yang memanjakan lidah konsumen.

  • Produk Intel juga menggunakan strategi jitu yang peduli dengan kebutuhan konsumen. Antara lain produk yang dibuat lebih tahan akan virus dan crash yang sempat membuat jengah para pengguna internet.

Melihat contoh orientasi pasar tersebut akan membuatmu memahami lebih detail bahwa sebuah bisnis dapat dimulai dari apa yang dibutuhkan pasar. Strategi ini memungkinkan produk yang dijual jelas akan memiliki konsumen tersendiri.

Pentingnya Market Orientation

Market orientation adalah strategi guna meningkatkan kemampuan adaptasi suatu perusahaan. Perlu dibidik untuk menentukan jenis bisnis yang akan dikembangkan.

Business sukses atau tidak tergantung bagaimana memilih strategi praktis dalam menilai kebutuhan konsumen. Kamu dapat melihat betapa pentingnya market orientation ini untuk lebih mudah dalam menggaet konsumen.

Dengan menggunakan falsafah apa yang dibutuhkan konsumen, dipastikan produk yang dibuat memang sangat dibutuhkan. Dibandingkan harus memaksakan produk baru ke konsumen, mengikuti kebutuhan konsumen tentunya akan lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Cara Memilih Nama Brand yang Unik dan Eye Catching

Komponen-komponen Market Orientation

Terdapat 3 komponen perilaku dalam membidik pangsa pasar. Adapun komponen market orientation yang dimaksud adalah:

1. Orientasi Pelanggan

Komponen pertama adalah orientasi pelanggan, artinya apa yang dibutuhkan pelanggan itulah yang akan diproduksi. Produsen akan memaksimalkan produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumennya.

Dari sini kamu dapat melihat sejauh mana produsen merancang produk dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Ukuran dilihat dari beberapa indikator orientasi pasar, antara lain:

  • Mengkaji secara rutin dampak bisnis terhadap pelanggan.
  • Memiliki komitmen untuk terus melihat sejauh mana pelanggan membutuhkan produk dan jasa yang diproduksi.
  • Tetap peduli dengan kemauan pelanggan untuk pengembangan produk lebih lanjut.
  • Tidak abai dengan perubahan kebutuhan produk atau jasa konsumen sesuai dengan peraturan pemerintah.

2. Orientasi Pesaing

Poin kedua adalah pesaing yang harus kamu pahami seluk beluknya dengan baik. Market orientation adalah bagaimana cara cerdas untuk melihat sejauh mana kompetitor menggaet konsumen.

Bukan hanya pelanggan atau konsumen saja yang diperhatikan tapi sepak terjang pesaing dalam sebuah bisnis. Hal yang  perlu kamu diperhatikan akan pesaing di antaranya:

  • Mengetahui kelemahan dan kelebihan pesaing untuk menentukan taktik jitu dalam memaksimalkan pemasaran.
  • Mengetahui strategi jangka pendek dan panjang dari pesaing untuk melakukan manuver balik agar konsumen tetap memilih produk yang kamu buat.
  • Pastikan dengan baik berapa pesaing yang berbisnis di tema yang sama dan atur strategi terbaik.
  • Cek keunggulan teknologi yang digunakan pesaing untuk optimalisasi produk.

3. Koordinasi Antar Fungsi

Perusahaan memiliki beberapa divisi untuk melancarkan segala produktivitasnya. Diperlukan koordinasi terbaik agar masing-masing memiliki tanggung jawab terbaik untuk hasil maksimal. Beberapa hal yang penting dalam koordinasi ini antara lain:

  • Mampu merespon perubahan dalam sebuah persaingan bisnis dengan cepat.
  • Dapat menggunakan utilitas perusahaan untuk strategi terbaik.
  • Perlunya manajemen yang baik agar semua divisi dapat berjalan sesuai fungsinya. 
  • Perlunya evaluasi secara rutin untuk mendiskusikan strategi terbaik dalam perusahaan.

Tahapan Market Orientation

Market orientation adalah urutan kegiatan yang perlu dilakukan dengan rapi. Dengan begitu diperlukan tahapan yang jelas agar hasilnya sesuai rencana. Adapun tahapan yang dimaksud adalah:

1. Tentukan Target

Berorientasi pada pasar tetap tidak mengabaikan contoh orientasi produk agar perencanaan lebih matang dengan tujuan jelas. Adanya tujuan akan mempermudah bagaimana SDM perusahaan lebih dimaksimalkan keterampilannya dan rencana dijalankan dengan baik.

2. Riset

Riset konsumen bermanfaat untuk melihat sejauh mana  konsumen menyukai produk yang diproduksi. Hasil riset akan menunjukkan:

  • Adanya data konkret apa yang dibutuhkan konsumen.
  • Apakah sudah bosan atau membutuhkan kreasi produk dan jasa baru yang lebih kekinian. 
  • Perusahaan akan tahu apa kebutuhan konsumen yang paling baru.
  • Meskipun membutuhkan dana tak sedikit, riset akan mempengaruhi jatuh bangunnya perusahaan untuk melihat perkembangan pasar secara menyeluruh.

Biasanya ada tim khusus untuk melancarkan riset ini.

3. Pembentukan Tim

Dibentuk tim khusus untuk oriented proyek yang akan dikerjakan. Tim diambil dari beberapa divisi dan dipilih orang yang mampu bekerja dalam tim secara maksimal. Dengan demikian hasilnya akan maksimal untuk perkembangan perusahaan lebih pesat dari sebelumnya.

4. Interaksi Pelanggan dengan Produk

Jangan sepelekan jika sebuah produk telah meluncur ke pasaran. Perlu pendampingan penuh apakah konsumen telah puas dengan  produk tersebut.

Perhatikan adakah kendala pada produknya atau tidak. Konsumen akan merasa dipedulikan produsen dan tetap menjaga komunikasi dengan konsumen.

Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Market Orientation

Orientasi pasar tentunya berbeda dengan oriented industry karena dalam lebih mengedepankan kebutuhan konsumen. Ada beberapa faktor yang perlu kamu ketahui untuk market orientation yaitu:

1. Pengetahuan

Marketing membutuhkan sebuah pengetahuan yang dapat diaplikasikan langsung dalam proses industri. Pentingnya pengetahuan adalah:

  • Untuk perkembangan teknologi dalam sebuah produksi.
  • Pengetahuan akan terus berlanjut dan berkembang searah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

2. Kepemimpinan

Market orientation adalah kepemimpinan yang tangguh dan kuat dalam sebuah bisnis untuk strategi optimal. Hal terpenting dalam kepemimpinan antara lain:

  • Pimpinan dapat melakukan koordinasi yang baik.
  • Mampu melakukan evaluasi dalam setiap langkah yang telah diputuskan.
  • Memiliki strategi terbaru agar tujuan tercapai.

3. Kepuasan Karyawan

Bukan hanya kepuasan para konsumen, hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah kepuasan karyawan untuk hasil terbaik dalam perusahaan. Banyak hal didapatkan jika kepuasan karyawan terlaksana dengan baik, yaitu:

  • Kesejahteraan karyawan meningkat karena diperhatikan.
  • Kesejahteraan meningkat akan memaksimalkan produktivitas.
  • Karyawan akan merasa lebih memiliki dan bekerja lebih semangat di perusahaan.

Perbedaan Bisnis yang Market Orientation dengan Sales Orientation

Strategi bisnis mencakup banyak hal dan dapat dipilih mana yang akan dijalankan melihat situasi lapangan. Bisnis ala sales orientation artinya memaksimalkan promosi untuk produk yang diciptakan. Bisnis dan perusahaan memiliki pilihan tersendiri untuk strategi ini.Adapun market orientation adalah bisnis dijalankan untuk menuruti kebutuhan jasa dan produk yang dibutuhkan konsumen dan keinginan pasar. Semua strategi dilakukan untuk kepuasan konsumen.

Artikel Lainnya