7 Keuntungan Jalankan Bisnis Franchise saat Resesi

Keuntungan jalankan bisnis franchise saat pandemi.
Keuntungan jalankan bisnis franchise saat pandemi. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Bisnis franchise semakin menjamur di Tanah Air. Hal itu karena banyak keuntungan yang dirasakan jika kamu jalankan bisnis franchise apalagi saat resesi. Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan ialah kamu tinggal menjalankan usaha saja. Tidak perlu pusing memikirkan produk apa yang akan dijual dan bagaiamana sistem usahanya.

Bisnis franchise ini menawarkan konsep kemitraan dengan modal beragam mulai dari jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta. Jenis usahanya juga beragam, ada kuliner, jasa laundry, dan lainnya.

Tidak heran bisnis ini sangat pas untuk pengusaha pemula atau yang punya modal kecil. Berikut ini keuntungan jalankan bisnis franchise terlebih saat resesi.

Mendapat dukungan dan bimbingan

Sukses Bangun Bisnis Bareng Sahabat
Dapat dukungan dan bimbingan. Photo by @officestock

Keutaman menjalankan bisnis franchise ialah kamu akan mendapatkan dukungan dan bimbingan penuh dari pemilik franchise. Kamu akan dibimbing untuk lebih memahami bidang usaha yang digeluti. Dengan begitu kamu jadi punya gambaran mengenai bisnis itu termasuk cara mengatasi kendala yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis tersebut.

Selain itu, kamu akan mendapatkan informasi dari seluruh proses bisnis dari franchise yang dipilih. Contohnya, seperti cara mengelola stok, membuat pembukuan, mengatur keuangan, mengelola sumber daya manusia, dan sebagainya. Nantinya pengetahuan tersebut akan membuatmu lebih mudah dalam mengelola bisnis.

Dibantu cari lokasi tempat usaha

Pilih lokasi
Dibantu cari lokasi tempat usaha. Photo by @priscilladupreez

Memulai suatu bisnis apalagi bisnis franchise offline butuh lokasi atau tempat usaha yang strategis. Penentuan lokasi bukanlah hal yang mudah. Buat yang baru mulai, tenang saja. Pemilik franchise biasanya akan membantu mencari lokasi tempat usaha yang cocok. Namun, jika kamu sudah punya lokasi usaha, nantinya akan disurvei oleh pemberi franchise apakah tempat itu tepat atau tidak.

Baca juga: 6 Tips Merintis Usaha dari Sandiaga Uno

Dapat menggunakan brand terkenal

Teh Poci untuk bisnis minuman
Teh Poci, salah satu brand yang bisa dipilih jika ingin memulai bisnis minuman. Photo by Jitunews

Umumnya orang akan lebih tertarik membeli produk atau jasa yang merknya sudah terkenal. Sebut saja alfamart, indomart, Kopi Janji Jiwa, dan lain sebagainya. Nah, dengan ikut bisnis franchise kamu bisa menggunakan brand atau merk terkenal tersebut. Hal itu karena kamu sudah membayar franchise fee atau biaya pembelian di awal. Selain itu juga wajib membayar royalti fee.

Tidak susah payah membangun manajemen bisnis

Keuntungan Jalankan Bisnis Franchise Resesi
Tidak susah payah bangun manajemen bisnis. Photo by Pexels

Dalam menjalankan suatu bisnis franchise, kamu tidak pelru pusing memikirkan ide bisnis, manajemen, produk, dan hal penting lainnya. Semua hal tersebut sudah siap sehingga kamu cukup fokus pada bisnis yang dipilih. Adapun dalam proses membangun bisnis ini akan diarahkan langsung oleh pemilik franchise. Dengan begitu, tinggal usahamu saja dalam mengeksekusinya agar dapat mengejar target penjualan dan mendapatkan keuntungan.

Networking bisnis kuat

Keuntungan Jalankan Bisnis Franchise Resesi
Networking kuat. Photo by Pexels

Bisnis franchise ini pasti memiliki anggota yang banyak. Dengan adanya itu maka jaringan bisnis akan kuat. Selain itu sesama franchise juga bisa saling bertukar informasi untuk mengembangkan bisnis dalam satu wilayah. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri jika suatu saat kamu menjalankan bisnis secara mandiri.

Beli bahan baku murah

Peluang usaha dan bisnis di masa COVID-19.
Bisnis bahan makanan. Photo by Pixabay

Dalam sebuah bisnis franchise ada aturan mainnya yakni orang yang menjalankan bisnis franchise harus membeli bahan baku dari sang pemilik franchise. Oleh karena itu harga bahan baku yang didapatkan bisa lebih murah. Kamu dapat menghemat biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan sebagai franchisee.

Biaya pemasaran hemat

Keuntungan Jalankan Bisnis Franchise Resesi
Biaya pemasaran hemat. Photo by @campaign_creators

Dalam setiap bisnis pasti butuh adanya promosi atau pemasaran agar produknya dapat dikenal banyak orang. Dengan begitu, produkmu dapat menarik pembeli. Namun, biasanya biaya pemasaran sebuah bisnis itu lumayan besar. Nah bagi yang menjalankan bisnis franchise, biaya untuk pemasaran bisa dikatakan lebih hemat. Sebab, nanti pemasaran akan dibantu oleh si franchisor.

Demikian keuntungan jalankan bisnis franchise apalagi di saat resesi. Menarik bukan?

Mungkin Anda juga menyukai