3 Jenis Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

bisnis sampingan yang menguntungkan.
Developer, salah satu bisnis sampingan yang menguntungkan. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Pernahkah kamu ingin mulai berbisnis namun masih bingung bagaimana cara memulainya? Atau kamu ingin berbisnis akan tetapi tidak punya modal? Tenang saja saat ini cukup banyak peluang usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan. Jika pada jaman dahulu jika ingin berbisnis harus dimulai dengan modal besar bahkan saat ini tanpa modal pun kamu sudah bisa memulai untuk berbisnis. Apa saja jenis bisnis sampingan yang menguntungkan dan mampu memberi cuan lebar untukmu?

Jasa Penerjemah Bahasa Asing

usaha rumahan yang menjanjikan.
Jasa penerjemah. Photo by Pixabay

Jika kebetulan kamu merupakan lulusan bahasa asing, ada banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan. Apalagi saat ini peminat untuk belajar bahasa asing cukup tinggi. Kamu bisa memulai untuk menjadi penerjemah dokumen atau jika kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak, kamu juga bisa mengajar les privat bahasa asing. Jenis pekerjaan yang satu ini malah tidak membutuhkan modal sama sekali akan tetapi bisa memberi keuntungan yang cukup besar untukmu.

Jika kamu ingin menjadi penerjemah namun bingung bagaimana cara memulainya, kamu bisa mencari pekerjaan di banyak situs online yang ada saat ini. Jangan khawatir akan kekurangan pekerjaan, karena kemajuan teknologi seperti saat ini membuat banyak orang harus bisa menawarkan produknya dalam berbagai bahasa. Kamu juga bisa menawarkan atau mempromosikan jasa dari mulut ke mulut biasanya cara ini cukup ampuh, kamu bisa menawarkan jasa terjemah dokumen, jurnal atau makalah.

Jika kamu masih mahasiswa tentu saja hal ini tidak akan mengganggumu saat kuliah karena kamu bisa mengerjakannya sebagai usaha sampingan.

Baca juga: 6 Strategi Digital Marketing untuk Pebisnis Pemula

Web Developer

Developer aplikasi dan software
Seorang developer sedang mengerjakan suatu proyek. Photo by @trueagency

Salah satu jenis keterampilan yang sedang naik daun untuk saat ini adalah seorang web developer, apabila kamu pernah belajar tentang teknologi informasi dan paham tentang hosting atau domain serta bisa mengerjakan bahasa pemrograman maka kamu bisa melakukan bisnis sampingan dengan menjual jasa sebagai web developer. Kebutuhan web saat ini berkembang cukup pesat apalagi sekarang semua hal bisa dijual di internet. Selain berguna untuk ajang bisnis, web juga bertujuan untuk ajang promosi untuk usaha jasa lain hingga promosi dalam hal pendidikan.

Menjadi jenis bisnis sampingan yang menguntungkan adalah keterampilan yang sangat menguntungkan, kamu tidak membutuhkan modal seperti bahan baku untuk melakukan bisnis ini akan tetapi kamu hanya membutuhkan modal keterampilan dan mengetahui bagaimana cara untuk memindahkan database yang berasal dari satu hosting ke hosting yang lain.

Jika kamu masih bingung bagaimana mendapatkan job pertama, kamu bisa bergabung di komunitas freelancer yang ada di internet. Selain itu kamu juga bisa mencari job dari orang – orang yang kamu kenal secara langsung dan mereka membutuhkan jasa web developer. Bisnis sampingan sebagai web developer merupakan jenis peluang yang menjanjikan karena bisa kamu lakukan dimanapun tanpa mengganggu pekerjaan utamamu.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner sebagai alternatif usaha ibu kota baru
Bisnis kuliner. Photo by Pexels

Jika kamu ingin memiliki bisnis samping akan tetapi tidak memiliki cukup skill untuk melakukan hal yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa memilih bisnis kuliner sebagai jenis bisnis sampingan yang menguntungkan tentu saja hal ini jika kamu memiliki bakat dalam memasak. Kamu bisa mulai untuk menyiapkan sarapan bagi teman–teman kantor. Banyak sekali pekerja kantoran yang jarang sarapan karena tidak punya waktu. Jika kamu ingin memulai bisnis kuliner maka kamu harus bangun lebih pagi untuk melakukan berbagai persiapan seperti memasak.

Mungkin Anda juga menyukai