Peluang Usaha Dessert Box Simple Estetik yang Bisa Hasilkan Cuan

Beberapa jenis dessert box
Peluang Usaha Dessert Box Simple Estetik yang Bisa Hasilkan Cuan. Photo by Pexels
Waktu baca: 5 menit

Kuliner kekinian yang bisa menjadi solusi terbaik karena sangat aman dan cukup menguntungkan yaitu dengan berbisnis dessert box. Mendengar kata dessert box pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta makanan manis, apalagi perkembangan bisnis makanan penutup kini kian meroket, sehingga perlu inovasi baru dengan peluang usaha dessert box yang omsetnya manis semanis rasanya. 

Dessert box merupakan kreasi dan inovasi baru yang berbahan dasar kue, krim dan perpaduan toping pilihan yang dikemas dalam sebuah wadah bening yang biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi dan bulat. Kemasan warna bening lebih banyak digunakan, hal ini bertujuan untuk memberi daya tarik konsumen ketika semua lapisan atau layer yang ada di  dalamnya terlihat dari luar. Dijamin tampilan seperti ini makin banyak konsumen yang tergoda untuk membelinya. 

Peluang bisnis dessert box bagi pemula tidaklah sulit, karena saat ini banyak sekali sumber untuk kita belajar dan menggali ilmu tentang berbisnis macam-macam kuliner. Kamu bisa mengikuti pelatihan bisnis atau workshop khususnya tentang bisnis dessert, seminar bisnis kuliner, kursus bisnis dessert box, cooking class dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan ilmu sekaligus bisa mengupgrade kemampuan diri agar bisa mengelola bisnis menjadi lebih profesional. 

Di Sepanjang tahun 2019 hingga saat ini, dessert box menjadi salah satu kuliner yang sangat diminati oleh para artis, influencer, selebgram, kaum millennial, dewasa, bahkan anak – anak . Sehingga makanan manis ini membuka peluang bisnis dessert yang berpotensi mendatangkan banyak keuntungan. 

Peluang usaha dessert box termasuk ide jualan yang sangat mudah, dengan modal tidak terlalu banyak dan proses pembuatanya juga sangat simple karena bisa dilakukan dengan tidak memerlukan oven, mixer atau alat alat lainnya. Tergantung bagaimana cara kamu berkreasi dan berinovasi dengan berbagai macam bahan dan topping yang dibutuhkan. 

Dessert box termasuk jenis makanan yang awet dan tahan lama. Kamu bisa menyimpannya di kulkas agar tetap awet dan lebih nikmat ketika disantap. Sehingga jenis makanan seperti ini tidak akan mudah basi atau rusak. Semakin dingin dessert box justru akan semakin lezat. Penyimpanan dalam kulkas atau chiller bisa tahan selama 3 hari, jika penyimpanan pada freezer akan lebih tahan selama satu minggu. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya? Sebelumnya kita siapkan dulu bahan atau alat untuk memulainya. 

Persiapan memulai bisnis dessert box, langkah pertama yaitu seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bagi pemula, kamu wajib tau dan belajar tata cara berbisnis terlebih dahulu. Setelah itu kamu wajib menentukan ide jualan dessert box yang pasti laku di pasaran dengan mengikuti tren yang ada. Dengan begitu kamu akan lebih siap dan akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. 

Langkah kedua yaitu mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam proses pembuatan dessert box.

Baca juga: Begini Caranya Membuat Akun Bisnis di WhatsApp untuk Komunikasi Bisnismu

Bahan dan Alat Pembuatan Dessert Box

Coklat
Coklat, salah satu bahan membuat dessert box. Photo by @messyhairandplants

Bahan :

  • Base cake sebagai lapisan pertama, bisa berupa brownies, cake coklat moist, black forest, redvelvet, oreo cake, cheese cake, regal cake atau sesuai selera sesuai dengan varian menu yang bisa kamu tawarkan
  • Whipping cream, sebagai lapisan kedua bisa beraneka rasa seperti milo, oreo, vanila, strawberry, coklat, dan lain sebagainya. 
  • Toping, bagian ini ada di paling atas atau paling terakhir, biasanya bisa menggunakan toping oreo, regal, milo, buah strawberry, taburan coklat, marshmallow, jelly, chocochips dan lain sebagainya. 

Alat : 

  • Wadah atau cup untuk tempat dessert box, bisa berbentuk bulat atau kotak sesuaikan dengan sasaran pasar, sehingga bisa mencari wadah dalam jumlah banyak sekaligus untuk stock sehingga bisa mendapatkan harga tempat dessert box yang lebih murah. 
  • Oven atau mixer bila diperlukan, tetapi ada juga jenis dessert box tanpa menggunakan oven atau mixer 
  • Baskom atau wadah besar 
  • Box mika 
  • Panci loyang 
  • Sendok 
  • Spatula 
  • Pisau
  • Piping bag
  • Kulkas atau chiller

Kemudian untuk cara menata dessert box sangat mudah dan simple, berikut ini cara menata dessert boxnya yaitu: 

  • Potong base cake menjadi 2 bagian, 
  • Potong lagi disesuaikan dengan wadah yang akan digunakan, 
  • Letakkan base cakenya pada bagian dasar wadah,
  • Kemudian tuang whipping cream di atasnya, lalu ratakan.
  • Lakukan hal yang sama secara berulang untuk layernya
  • Tuang bahan yang akan menjadi topping, dan ratakan.
  • Tambahkan milo cube, oreo, buah strawberry, biskuit regal dan lain sebagainya sesuai selera
  • Tutup wadahnya, simpan dalam kulkas minimal selama 3 jam. 

Untuk harga dessert box biasanya dijual mulai dari 20.000 sampai 100.000 an. Yang membuat harga berbeda karena banyak bahan dasar membuat dessert box memiliki kisaran harga yang bermacam – macam. Keutamaan dari dessert box ini yaitu kamu bisa langsung menyantapnya tanpa harus memindahkan ke piring atau wadah lainnya, karena wadah dessert tersebut memang sudah dirancang agar konsumen bisa langsung menyantapnya dengan praktis. Rasanya yang begitu manis, sangat creamy, dan ringan membuat kamu pasti ingin mencobanya terus. 

Tips Jalankan Bisnis Dessert Box

promosi
Berikan promo jadi tips bisnis. Photo by Pexels

Buat pemula agar tidak sampai merugikan, alangkah baiknya kita ketahui dulu tips dan trik dalam berbisnis dessert box, di antaranya:

  1. Menyediakan berbagai varian menu yang sedang tren

pada umumnya dessert box memiliki banyak varian rasa. Kamu bisa menawarkan produk unggulan dengan berbagai pilihan varian rasa yang sedang tren saat ini, sehingga banyak konsumen yang tertarik dan ingin mencobanya. Berbagai pilihan varian rasa dari dessert box adalah : tiramisu, redvelvet, cheese cake, regal, oreo, dan lain sebagainya.

  1. Memiliki menu andalan atau favorit yang menjadi ciri khas

dalam berbisnis apalagi bisnis kuliner, usahakan bisnis kamu ini punya produk dessert box yang menjadi ciri khas di bisnismu, contoh buatlah varian menu yang langka atau inovasi baru yang belum ada di pasaran dengan kreasi toping yang berbeda pula. Sehingga banyak konsumen yang penasaran ingin mencobanya. 

  1. Menyediakan varian ukuran cup

misalnya dengan varian cup mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhannya. 

  1. Promosikan ke sosial media

bagian ini menjadi bagian yang paling penting dalam memasarkan produk, karena saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk sekedar posting foto, berbagi informasi saja tapi bisa digunakan sebagai media promosi yang paling cepat responnya. Mempunyai media sosial yang banyak follower sebaiknya kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk dessert box, sehingga sangat mudah untuk teman – temanmu melihat setiap postingan yang diunggah dan berminat untuk membelinya. 

  1. Diskon

jangan  lupa tips ini juga harus kamu terapkan pada saat memulai bisnis. Dengan menawarkan berbagai banyak diskon, maka akan semakin membuat para konsumen untuk gerak cepat menyerbu dessert box kamu. 

  1. Mempunyai banyak link

sangat penting untuk kamu yang ingin berbisnis memiliki banyak link, tujuannya untuk bisa sharing, tukar pengalaman , dan bahkan bisa juga sangat membantu dalam memasarkan produkmu seperti mengajak kerja sama dalam sebuah event atau kerja sama dengan usaha bisnis yang lainnya.

Jadi gimana TemanKlik? Tertarik menjalankan bisnis ini setelah tau peluang usaha dessert box? Jika tertarik, tentu akan membutuhkan modal dalam membangun bisnis tersebut. KlikCair membantu para pengusaha UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dengan memberikan pinjaman modal. Jika kamu tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp atau instagram kami. 

Mungkin Anda juga menyukai