Tips Singkat Mengenai Bagaimana Cara Menggali Ide dan Peluang Bisnis 

cara menggali ide dan peluang bisnis
Tips Singkat Mengenai Bagaimana Cara Menggali Ide dan Peluang Bisnis. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menggali ide dan peluang bisnis. Pertanyaan terdengar mudah untuk dijawab. Namun, ketika kamu mencoba untuk mencari jawaban yang tepat, kamu akan kesulitan.

Menggali ide dan peluang usaha bukan perkara yang mudah. Pasalnya, hampir semua ide usaha sudah dijalankan oleh orang-orang di sekitar kamu. Coba lihat di sekitar kamu. Sudah ada berbagai ide bisnis yang mereka terapkan, bukan? Meniru bukan hal yang tepat.

Karena dengan meniru, ide bisnis kamu akan sama dengan yang lainnya. Apalagi jika sudah ada banyak sekali tiruan lainnya. Kompetitor semakin banyak membuat peluang kamu sukses di bisnis tersebut semakin sulit.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Akan lebih baik jika kamu menggali ide dan peluang bisnis sendiri. Semakin orisinal bisnis kamu, semakin mudah kamu untuk menarik konsumen. Namun, orisinal saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

3 Langkah Menemukan Ide dan Peluang Usaha 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orisinalitas sebuah bisnis membuat bisnis kamu lebih mudah untuk sukses. Setidaknya, karena orisinal, bisnis kamu berbeda. Karena berbeda, bisnis kamu akan mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Namun, orisinal saja tidak cukup. Kamu harus pastikan juga bisnis yang kamu akan jalankan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu, ada 3 hal penting yang harus kamu lakukan yang terkait dengan bagaimana cara menggali ide dan peluang bisnis.

  1. Jalan-Jalan

Ide bisnis bisa didapatkan dari mana saja. Dalam hal ini, sangat disarankan agar kamu menggali ide peluang usaha dengan cara jalan-jalan. Ambil motor kamu lalu berkelilinglah di kota di mana kamu tinggal. Jika perlu, kamu juga bisa jalan-jalan ke luar kota. Semakin jauh kamu jalan-jalan, semakin luas inspirasi yang kamu dapatkan.

Kamu bisa mengagendakan entah itu satu atau dua kali dalam satu minggu untuk jalan-jalan berkeliling lingkungan. Atau satu kali dalam sebulan, kamu bisa berlibur ke kota-kota yang berbeda. Namun, tujuannya bukan hanya liburan tapi juga untuk mendapatkan inspirasi ide dan peluang bisnis.

Baca juga: Usaha Konveksi Sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan

  1. Sensitif terhadap Isu 

Kenapa kamu sebaiknya jalan-jalan? Karena dengan jalan-jalan, kamu akan melihat banyak perspektif dalam kehidupan. Di sana, kamu akan melihat beberapa isu atau masalah yang dihadapi masyarakat. Dari masalah itulah, diharapkan kamu bisa mendapatkan ide bisnis.

Mengapa demikian? Karena sebenarnya ide bisnis itu didapatkan dari masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Contoh sederhana adalah ojek online. Kenapa ojek online begitu terkenal hingga sekarang? Karena masyarakat memiliki masalah, yaitu kesulitan mencari ojek pada waktu itu.

Belum lagi dengan tarif yang mahal. Nah, aplikasi ojek online menawarkan kemudahan mencari tukang ojek dengan harga yang lebih terjangkau.

Oleh sebab itu, ketika kamu jalan-jalan, jangan hanya sekadar jalan-jalan. Kamu harus sensitif terhadap permasalahan atau isu yang ada di masyarakat. Jika perlu, buat daftar masalah yang mereka hadapi.

  1. Fokus Cari Solusi

Sudah mendapatkan daftar masalah atau isu di masyarakat? Langkah berikutnya adalah mencarikan solusi. Di sinilah kamu berada di tahap yang sangat dekat dengan peluang bisnis baru.

Lalu, bagaimana cara mencari solusi atas permasalahan masyarakat? Ada tiga hal yang bisa kamu lakukan. Yang pertama, cari relasi. Mungkin kamu tidak tahu bagaimana cara memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Maka kamu membutuhkan orang lain untuk berkolaborasi mengatasi masalah tersebut. Mereka lah yang akan menjadi partner kamu dalam bisnis.

Yang kedua, kamu juga bisa mencari solusi dengan cara mengikuti seminar. Ketika ada seminar yang menurut kamu tepat untuk kamu ikuti, jangan ragu untuk ikut. Dan yang ketiga, baca buku. Ini cara yang paling mudah namun efektif untuk memecahkan masalah yang kemudian itu menjadi ide bisnis yang bisa kamu jalankan.

Itulah 3 hal penting yang bisa kamu lakukan untuk menggali ide dan peluang bisnis. Yang pasti, untuk menjadi pebisnis, kamu harus menjadi problem solver atau pemecah masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Dan yang tak kalah penting lagi, ketika kamu sudah menemukannya, fokuslah untuk melakukan action. Karena ide yang bagus saja tidak cukup. Butuh eksekusi, bukan sekedar teori.

Artikel Lainnya